Penting !! Tips aman berbelanja di Online Shop

tips aman memilih obline shop
tips aman memilih obline shop

      Di era global seperti saat ini, semua orang pasti tidak asing dengan kata Online shop. Semakin banyak pula orang menggeluti usaha online shop. Dan banyak pembeli yang percaya dengan system online shop ini. Banyak masyarakat yang tidak ingin repot-repot berbelanja. Hanya dengan kemudahan smart phone dengan akses internet, pembeli bisa langsung memilih barang yang diinginkannya.

    Tetapi pada kenyataanya, pasti tidak seindah yang tertera dalam iklan. Sebagai pembeli diperlukan kejelian untuk memilih online shop mana yang akan dipilihnya. Karena jika salah pilih pasti berakibat fatal. Karena dasar dari system online shop hanya kepercayaan.

    Untuk para pembeli yang sering berlangganan online shop untuk belanja, sebaiknya perhatikan beberapa tips ini, supaya sesuatu yang buruk tidak terjadi. Memang sangat sulit untuk langsung percaya terhadap online shop tertentu tetapi kalian dapat teliti sebelum membeli. Perhatikan beberapa hal berikut :

Website terpercaya

     Mayoritas media dari onlineshop adalah website atau iklan di internet. Website ibarat toko disistem online shop. Pasti pembeli akan lebih percaya dengan toko yang bagus. Jangan mudah percaya dengan online shop yang hanya iklan di sosmed atau BBM kalau anda tidak mengenal langsung pemiliknya.

Baca juga : Tips Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Muda 

Contact person / Telepon jelas

     Pastikan online shop yang anda pilih memiliki contact person yang dapat dihubungi. Yang paling penting adalah nomer Telephone. Akan lebih baik jika nomer telponnya adalah nomer telpon kantor. Jadi bisa dipastikan online shopnya tidak abal-abal.

     ika tidak ada nomer telephone kantor pastikan ada nomer telephone seluler yang dapat dihubungi. Sebelum bertransaksi anda dapat mengechek dahulu apakah nomer telephone aktif atau tidak, dengan cara seolah-olah menanyakan suatu produk. Dari komunikasi secara singkat lewat telephone pastikan anda sudah yakin akan online shop tersebut dan melakukan transaksi dengan aman.

Foto barang meyakinkan

     Apapun barang yang dijual di sistem online shop pasti ditunjukkan dengan foto. Salah satu daya tarik terbesar online shop adalah pada foto yang ditampilkan. Cermati baik-baik foto supaya tidak menyesal apabila sudah melakukan transaksi. Baca dengan teliti detail produknya, misalkan ukurannya jika barang yang akan dibeli berupa pakaian atau sepatu. Serta bahan utama dari produknya. Jangan sampai anda kecewa. Jika barang yang akan dibeli adalah makanan atau produk untuk kulit dan wajah, sebaiknya pastikan dan tanyakan tanggal kadaluarsa dari produk tersebut. Jangan sampai anda membeli produk kadaluarsa.

Bisa COD / Cost on delivery

   Jika anda masih ragu untuk bertransaksi, sekarang banyak online shope yang menawarkan kemudahan untuk bayar setelah barang dating. Dengan system ini, tentunya anda tidak akan ada jaminan bahwa barang pasti akan dating. Dan anda bisa bertransaksi apabila barang yang anda pesan sesuai dengan yang anda inginkan.

Baca jugaBingung Jual Barang Pre-loved Dimana ? Carousell Solusinya.

Menggunakan ekspedisi pengiriman yang terpercaya

     Jangan khawatir jika online shop yang anda pilih tidak menawarkan system COD/ Cost on delivery. Anda masih bisa mempercayainya dengan bantuan ekspedisi  pengiriman yang digunakan. Selain anda bisa mengechek langsung ongkos kirimnya, anda juga dapat melacak keberadaan barang dengan meminta resi pengiriman kepada online shopnya.

     Patikan anda mendapat resi pengirimannya, karena itu sangat berguna. Jika online shop tidak mau mengirikan nomer resi pengiriman, anda harus waspada terhadapnya, bisa jadi barang yang anda pesan tidak dikirimkan.

Jangan mudah tergiur dengan harga diskon

   Terkaang Online shop menawarkan harga yang jauh lebih murah untuk menarik pembelinya. Tetapi anda harus waspada. Pastikan diskon yang diperoleh masih dibatas kewajaran, dan tidak jauh berbeda dengan harga dipasaran.

    Demikian beberapa tips dan item yang harus dipertimbangkan jika anda akan melakukan transaksi online. Teliti sebelum membeli  agar anda tidak kecewa dengan sistem jual beli online shop.

Regards,

Ike yuliasttuti

You may also like