Tips Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Muda

tips-mengatur-keuangan

‘Kadar cukupnya materi untuk setiap keluarga memang berbeda-beda. yang paling penting adalah bersikap sederhana dan selalu bersyukur serta merasa cukup atas semua nikmat yang diberikan Tuhan”

Keluarga baru untuk pasangan baru, biasanya masih sama-sama bersemangat. Akan lebih baik jika keluarga baru sudah memiliki plan tentang kebahagiaan keluarganya dan bagaimana cara melaluinya. Bicara soal kebahagiaan, sebagian besar keluarga baru juga akan merasakan kebahagiaan apabila semua kebutuhan terpenuhi. Namun, adakalanya banyak pasangan baru yang belum bisa menyesuaikan kebiasaan terkait masalah keuangan dan kebutuhan. Wajar saja, dulunya single dengan kebutuhan sedikit sekarang menjadi double yang otomatis meningkat juga kebutuhannya.

Karena saya juga merupakan paangan baru, saya berniat untuk membagikan tips, bagaimana cara mengatur keuangan untuk pasangan muda.

  1. Hemat untuk kebutuhan pokok

Kenutuhan yang paling dasar dan harus dipenuhi keluarga yaitu kebutuhan pokok / kebutuhan primer. Kebutuhan ini termasuk sandang pangan yang paling menunjang kehidupan. Karena sifatnya pokok dan harus dipenuhi, maka sebagai keluarga baru, maka harus ada strategi agar bisa mencukupi semua kebutuhan.

Hemat adalah langkah yang paling tepat. Bukan mengurangi kebutuhan pokok, tetapi mencukupi kebutuhan sesuai dengan porsinya dan tidak berlebihan. Selain hemat, biasanya ibu rumah tangga mencari promo diskon saat beli kebutuhan pokok. Diskon atau sale memang sangat membantu tetapi yang harus diingat adalah setiap barang yang dibeli adalah kebutuhan yang benar-benar penting dan tidak berlebihan saat berbelanja.

  1. Usahakan Menabung

Untuk menyeimbangkan keuangan rumah tangga tabungan sangatlah penting, karena tabungan bisa digunakan untuk simpanan dan untuk menjaga stabilitas ekonomi saat keadaan urgent. Tabungan yang baik adalah yang dilakukan secara terus menerus dan tidak bersifat memaksa. Sisihkan sedikit uang untuk tabungan, yang besarnya tidak terlalu membaratkan, namun bisa dilakukan setiap hari. Karena hal kecil yang dilakukan secara terus menerus akan menghasilkan nilai yang banyak.

  1. Jangan keluarkan uang untuk hal yang gak terlalu penting dan tidak urgent

Godaan saat belanja seringkali membuat pengeluaran membengkak. Itulah sebabnya saat berbelanja harus teliti dan usahakan membawa check list barang yang akan dibeli. Karena dengan hal itu anda dapat mengurangi kemungkinan untuk membeli barang atau mengelurkan uang untuk hal-hal yang tidak penting dan tidak urgent.

  1. Sediakan Pos dana untuk sesuatu yang urgent dan tak terduga.

Selain simpanan, dana tak terduga juga harus disiapkan. Ini untuk menjaga jika sesuatu hal buruk dan urgent terjadi, anda tidak perlu bingung untuk mencari uang. Besarnya tergantung dari kemampuan masing-masing, setidaknya 10% dari gaji setiap bulannya. Karena ini akan sangat membantu, dan apabila dana ini tidak digunakan maka bisa digunakan sebagai tabungan.

  1. Jangan lupa sedekah dan zakat.

Sebagai rasa syukur terhadap rejeki yang telah didapat, maka kewajiban kita adalah dengan menjalankan zakat, atau mengeluarkan sebagian rejeki untuk sedekah. Karena pada dasarnya, jika kita mengeluarkan sebagian rejeki untuk orang yang membutuhkan, maka rejeki akan bertambah dan berlipat ganda. Teori tentang sedekah ini memang sudah dibuktikan oleh banyak orang, jadi jangan lupa untuk bersedekah dan zakat untuk membersihkan rejeki yang kita dapat.

Berikut adalah contoh Perhitungan persentase kebutuhan keuangan yang juga saya terapkan dikehidupan sehari-hari.

No

Pos pengeluaran

Persentase

1

Kebutuhan Pokok

60%

2

Dana Urgent / simpanan urgent

25%

3

Tabungan

10

4

Sedekah / Zakat

5%

Total

100%

Dengan menerapkan perhitungan diatas Alhamdulillah kondisi keuangan rumah tangga saya stabil. Untuk kebutuhan lain missalnya bayar cicilan rumah selalu saya ambilkan dari simpanan urgent atau dari tabungan. Banyak sedikitnya rejeki hanya kita yang mampu mengaturnya dan menganggap rejeki kita cukup.

Karena kadar cukup atau tidaknya keuangan sangat sebanding dengan gaya hidup dan rasa syukur kita

 

Thanks,

Ike yuliastuti.com

You may also like

9 Comments

  1. gaya hidup dan rasa gengsi ini yang bahaya. Trus yang berasa banget itu weekdays hemat dengan memasak sendiri. Saat weekend makan di luar yang bikin boros -___-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *