Terapi Pikiran Anak dengan Travelling

Terapi Pikiran Anak dengan Travelling

“Travelling adalah kegiatan bersenang-senang, yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tujuan travelling adalah membuat kita lebih fresh dan happy. Travelling tidak harus mahal dan mengeluarkan banyak dana loh. Apalagi jika sudah berkeluarga, membiasakan untuk travelling bersama keluarga sangat banyak manfaatnya”

Saya akan mengulas tentang travelling yang akan memberikan manfaat khususnya untuk anak. Pengalaman ini adalah pengalaman dari orang tua saya yang selalu membiasakan untuk travelling bersama keluarga. Karena saya mempunyai 3 adik yang tergolong masih anak-anak, jadi saya mengetahui bagaimana ibu saya mempersiapkan segala kebutuhan untuk travellingnya.

Manfaat Travelling untuk anak

Manfaat travelling untuk anak sangatlah banyak. Diantaranya adalah menjadi terapi pikiran anak. Terapi pikiran ini dimaksudkan adalah dengan travelling pertama anak bisa merasakan kehidupan diluar rumah dan diluar kebiasaanya. Kemudian anak akan secara otomatis untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Disitu anak dituntut untuk menjadi dirinya sendiri dab sebagai orang tua bisa menggali passion anak. Dengan travelling anak juga dilatih untuk mengamati bagaimana cara bersosialisasi dengan orang lain dan membuat anak menjadi pemberani / tidak kuper. Beberapa nilai-nilai penting terseut didapatkan saat travelling bersama keluarga, dengan catatan orang tua juga harus aktif agar manfaatnya bisa dirasakan.

Tujuan Wisata Yang aman dikunjungi bersama Anak

Jika sudah berkeluarga, jangan takut untuk travelling bersama anak. Berikut ini terdapat beberapa list tempat tujuang yang disarankan baik untuk travelling dengan anak-anak.

2016-10-13-19-22-36

  1. Wisata Air (Laut atau Kolam Renang)
  2. Wahana Permainan
  3. Kebun Binatang
  4. Taman bunga / Botanical Garden
  5. Museum, Cagar Budaya

Selain tempat wisata yang tersebut diatas, tentunya masih banyak tempat wisata lain yang bisa dikunjungi dengan anak. Saran saya untuk semua orang tua, jangan membiasakan untuk mengajak anak untuk bermain di pusat perbelanjaan seperti Mall, karena akan membuat anak menjadi pribadi yang konsumtif dan glamor.

Persiapan Menjelang Travelling Bersama Anak

Sebelum  berangkat untuk travelling, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan agar perjalanan travelling menyenangkan. Adapun persiapan yang dilakukan yang utama adalah persiapan Fisik anak. Pastikan anak dalam keadaan sehat. Jika anak sedang sakit atau demam pasti perjalanan tidak akan menyenangkan untuk anak. Untuk mengatasi demam anak sebaiknya menggunakan Tempra syrup, karena Tempra Cepat Menurunkan Demam.  Keuntungan tempra adalah mengatasi demam dengan bekerja langsung di pusat panas dan sangat direkomendasikan untuk obat anak-anak.

Untuk membuat perjalanan nyaman, jangan lupa untuk membawa kotak P3K yang berisikan obat-obat ringan yang biasa dikonsumsi keluarga. Setiap melakukan travelling bersama keluarga, ibu saya selalu sedia Tempra saat perjalanan, karena resiko anak terserang demam saat dijalan sangat tinggi.

2016-10-13-20-44-05

Tempra syrup sangat efisien untuk dibawa dan sangan disukai anak-anak karena berbentuk syrup dengan rasa anggur dan tempra forte dengan rasa jeruk. Harga obat ini juga relative murah. Untuk kemasan 30ml sekitar 18.000 – 20.000, kemasan 60ml harga sekitar 37.000 dan untuk kemasan 100ml harganya 45.000Karena memilih obat untuk anak sangat tidak mudah, akan lebih baik mengkonsumsi obat ini sesuai anjuran dokter. Untuk dosisi obat ini biasanya didalam kemasan terdapat gelas takar yang bisa disesuaikan dosisnya berdasarkan umur anak. Untuk anak umur 2-3 tahun  dosisnya 5ml, untuk anak 4-5tahun dosisnya 7,5ml, dan untuk anak usia 6-8tahun dosisnya 10ml. Namun untuk anak usia dibawah 2 tahun sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter anak.

Selain menyiapkan fisik anak dan kesehatannya maka sebaiknya sebelum travelling disiapkan akomodasi yang nyaman, sehingga anak juga akan nyaman saat perjalanan. Agar meningkatkan keakraban dengan anak, usahakan ajak anak untuk menyiapkan segala keperluan travelingnya. Selain melatih anak menjadi pribadi yang mandiri, orang tua juga dapat mengajarkan bahwa persiapan yang matang akan membuat nyaman saat perjalanan.

Saat Hari Yang Istimewa ( Hari H)

Tiba saat hari istimewa yang sangat menyenangkan. Biasanya problematika para orang tua saat ditempat wisata dengan anak adalah anak yang tiba-tiba rewel dan merasa tidak nyaman karena banyak orang. Anda dapat menghindari tempat wisata yang terlalu ramai, jangan memaksakan kehendak jika harus mengantri, karena akan membuata anak menjadi bosan dan lelah.

Tips agar saat hari H terasa menyenangkan adalah membiarkan anak bermain dengan dunianya saat travelling. Anda sebagai orang tua sebaiknya hanya mengamati dan jangan sampai lengah terhadap gerak anak. Jangan pernah melarang atau mengekang anak untuk tidak melakukan sesuatu karena hal itu akan membuat anak merasa tidak nyaman.

Jika anak senang saat travelling maka terapi pikirannya akan sukses dan anak pikirannya juga akan menjadi refresh dan happy.

Disclaimer : artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi yang dilakukan penulis, yang akan diikutkan Blog Competition yang diadakan oleh Blogger perempuan dan PT Taiso

Selain itu ikuti kontes Outfit Of the Day – Dancing In The Rain berlangsung selama 12 – 30 Oktober 2016 yang dipersembahkan oleh tempra. Untuk info lebih lanjut disini.

You may also like

18 Comments

  1. Traveling bersama anak selalu mengasyikan ya Mbak. Banyak hal baru yang mereka pelajari. Tapi traveling sama anak tentunya harus persiapan penuh ya Mbak..termasuk obat panas..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *