Potret Pembangunan Telekomunikasi Indonesia masa kini

Selamat hari pahlawan, hari ini 10 november 2016 adalah peringatan untuk para pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa ini. Jika dahulu pahlawan berjuang melawan penjajah, maka dijaman sekarang para pahlawan mempunyai cara sendiri untuk berjuang bagi negerinya.

Lewat tulisan ini saya akan menyampaikan terimakasih untuk para pahlawan masa kini. Mereka yang berperan untuk selalu melakukan permbangunan bagi negeri Indonesia tercinta ini. Salah satunya untuk para pahlawan di bidang telekomunikasi. Berkat mereka semua kita bisa merasakan teknologi telekomunikasi berkembang sangat pesat di Indonesia.

  you

Esensi pembangunan di Indonesia adalah Bergerak menuju yang lebih baik. Seperti perkembangan dunia telekomunikasi ini, kita mengetahui bahwa teknologi seluler sekarang sangat bergerak cepat. Dari awal yang hanya bisa telephone, sekarang sudah bisa untuk melakukan apasaja lewat teknologi seluler.

Sejarah Telekomunikasi

Seperti yang kita ketahui pada awalnya kita mengenal teknologi seluler dengan menggunakan telephone analog. Telephone dengan menggunkan telephone ekstension atau telephone rumah.

Teknologi GRPS (1G) : Pada tahun 1997, muncul handphone atau telephone genggam, dengan teknologi GPRS. Yang biasanya bisa di gunakan untuk telephone dan SMS saja.

Teknologi EDGE (2G) : Teknologi ini muncul sekitar tahun 1998. Keunggulan teknologi ini, yaitu sudah bisa digunakan internet tetapi kecepatannya masih sangat terbatas yaitu 250KBPS.

Teknologi 3G : kecanggihan teknologi ini sudah kita rasakan sejak tahun 2003. Kita bisa menggunakan internet di handphone kita. Dan pada tahun ini kita mulai mengenal smartphone. Karena kecepatan yang bisa kita dapat adalah kecepatan data 384KBPS.

Teknologi  4G : Untuk perkembangan 4G ini dimulai tahun 2009 sampai sekarang. Karena seperti yang kita ketahui para provider seluler sedang gencar-gencarnya mengangkat teknologi 4G ini. Keuntungan dari generasi 4G ini adalah anda dapat menikmati internet dengan kecepatan 6400MBPS. Hal ini sangat banyak mengubah perkembangan digital di Indonesia. Karena di era sekarang ini semua bisa dilakukan dengan internet dan digital.

Perkembangan Infrastruktur telekomunikasi

Setelah mengetahui system yang digunakan pada teknologi seluler di Indonesia, maka kita juga harus mengetahui infrastruktur pendukung agar sistemnya teraplikasi dengan baik. Untuk perkembangan infrastruktur diawali dengan menggunakan kabel, sampai pada akhirnya menggunakan infrastruktur nirkabel dan satelit.

Pada awalnya teknologi seluler menggunakan media kabel sebagai transmisinya, namun seiring perkembangan jaman, sekarang ini sudah banyak yang menggunakan media kabel fiber optic. Disamping lebih tahan lama, kabel fiber optic juga memiliki bandwith lebih besar dan lebih cepat.

Perkembangan seluler sekarang dan masa mendatang

changing-travel-3

Dunia telekomunikasi di Indonesia sekarang sudah beralih ke perkembangan digital dan internet. Perkembangan yang sangat signifikan membuat kita sebagai pengguna merasa puas. Di era digital ini, banyak provider yang meningkatkan kualitas dari jaringan internetnya.

Dengan adanya internet di masa kini, kita bisa melakukan banyak hal, diantaranya, banyak system yang berhubungan langsung dengan internet. Contohnya aplikasi pemerintaan yang berbasis digital. Banyak bidang kehidupan yang didukung oleh digitalkisasi ini, diantaranya aspek pendidikan, transportasi, kesehatan dan pariwisata yang menggunakan internet sebagai penopang perkembangannya

5g_v3

gambar: seumicroseguro.com

bagaimana dengan perkembangan teknologi telekomunikasi di masa depan ? sudah pasti pergerakan teknologi ini adalah menuju kea rah yang lebih baik. Untuk beberapa tahun ini Indonesia masih menata jaringan 4G. karena dimasa mendatang sekitar tahun 2020 indonesia akan bersiap untuk teknologi 5G, yaitu teknologi dengan kecepatan yang sangat cepat dalam waktu 1 detik saja.  Tentunya kemajuan ini akan banyak berdampak untuk Negara Indonesia. Disamping menyiapkan teknologi selulernya, Indonesia juga harus mempersiapkan pembangunan disemua aspek kehidupan bangsa.

Itulah gambaran pembangunan dimasa mendatang, kemudian siapa lagi yang akan menjadi pahlawan penggerak pembangunan ini ? Jawabannya adalah Kita para penerus pahlawan.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Infrastruktur_telekomunikasi

https://id.wikipedia.org/wiki/Telekomunikasi_seluler_di_Indonesia

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *