Wanita Mandiri Yay or Nay ?

 photo Ballet 1_zpsohuskgtt.jpg
Halo para pembaca semuanya, kali ini tema tulisan kolaborasi ku dengan mba Siti Zulaeha adalah tentang wanita mandiri. Hayooo siapa yang merasa udah mandiri ? tujuk tangan… maksudnya bukan mandiri (Mandi Sendiri loh ya… hihihi ).  Lalu gimana pendapatmu tentang tema itu, wanita mandiri Yay or Nay ? Jangan lupa berkunjung ke tulisan mba zulaeha ya, berikut linknya : Wanita Mandiri Versi mba Siti Zulaeha

Kalo kalian pada update di media sosial, pasti pada tau kalo belakangan ini banyak viral tentang wanita mandiri. Gimana gak viral coba, ada nie ya seorang ustad yang sedang berkicau di salah satu medsosnya tentang wanita yang mandiri itu seperti apa. Sebenarnya terserah sich ya mau update atau bikin status kayag gimana, tapi, … kata-katanya itu loh…. Pada penasaran kan ? ini simak tweetnya di bawah ini.

 photo 1_zps6kzqhoxc.png

Gimana ? yang cewek-cewek pasti pada baper kan kalo baca tulisan itu. Entah apa maksudnya si ustad, yang jelas, jika orang awam baca itu juga pasti mengkerutkan keningnya. Apa wanita mandiri bisa seseram itu sampai gak ada yang mau ? Karena kata-katanya sungguh menjadikan perdebatan. Di dunia media sosial sebuah tulisan akan menjadi sangat sensitif. Jadi saran saya nie ya pak ustad, “think before posthing”. Eh ya udahlah ya itu urusin pak ustad. Mungkin si bapak  pengen bikin viral biar terkenal hehe.. Tapi di sini saya cuma akan mengulas bagaimana seorang wanita mandiri versi pemikiran saya.

 photo coollogo_com-24572360 1_zpsr0e0zsmw.png

Kalo menurut saya seorang waita juga harus bisa hidup mandiri. Berdasarkan pengalaman hidup bie ye… dari kecil saya sudah dibiasakan hidup mandiri. Betapa tidak saya adalah anak pertama dari tujuh bersaudara, jadi ya kudu mandiri. Sebelum jauh melangkah membahas, ini opini definisi wanita mandiri menurutku. Wanita mandiri  adalah seorang wanita yang bisa memenuhi kebutuhan diri sendiri, baik kebutuhan material atau pun non material, mampu bertahan hidup dalam situasi dan kondisi apapun.

 photo Copy of Ballet_zpscpw2cwlh.jpg

  • Mandiri secara financial.

Maksudnya disini adalah wanita dengan financial yang cukup untuk dirinya sendiri suah dikatakan mandiri. Tetapi banyak yang bilang seorang wanita, apabila sudah menjadi istri adalah tanggungan suaminya. Pernyataan tersebut benar sekali, tapi menurutku seorang istri juga harus panda mengatur financial untuk kebutuhan dirinya sendiri. ya.. setidaknya buat perawatan kesalon dan beli bedak kali ya… heheh. Sekarang banyak cara untuk bisa mandiri secara financial kog, gak harus kerja diluar rumah, kalo emang gak diijinkan sama suami. Tergantung kemauan dan keseriusan aja kalo menurut saya. Banyak pilihan kerja dirumah kog antara lain menjadi penjahit, jualan online shop, catering, duh,, masih banyak banget,,, pokoknya usaha dulu.

Baca juga : Tips Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Muda

  • Mandiri secara intelektual

Siapa yang gak setuju kalo wanita harus mandiri secara intelektual? (Loh mba.. jadi wanita harus pandai dong ? ya iyes lah…) kenapa demikian ? Ya kalo kita umat wanita gak pandai? Gimana nasib generasi kita dong? Kan sudah jelas ya jika kecerdasan seorang anak itu adalah turunan dari kecerdasan ibunya. Nah lo… ibu kan seorang wanita. Jadi ya,, menurutku mandiri secara intelektual ini adalah wajib, demi generasi cemerlang mendatang.

Oh iya.. sepertinya paradigma masyarakat kita perlu dirubah, karena masih banyak yang berpedoman kalau sekolah atau kuliah tujuannya adalah untuk mencari kerja. Ini yang jadi salah kaprah. Karena pendidikan adalah untuk mencerdaskan seseorang dan dengan pendidikan seseorang bisa hidup. Jadi buat para ledies, yang dikatain udah sekolah tinggi-tinggi kog Cuma jadi ibu rumah tangga? Jangan khawatir ya.. yakin lah bahwa ilmumu akan bermanfaat untuk mendidik anak-anakmu.

  • Mandiri secara fisik

Seorang wanita harus kuat dan tegar layagnya karang. Hayooo… siapa yang tau kenapa wanita harus mempunyai kemandirian secara fisik ?

Gini ya… yang biasa urus rumah dan seisinya siapa ? wanita kan ?

Yang biasa urus anak dan suami siapa? Wanita juga kan ?

Yang mengandung selama 9 bulan dengan membawa beban kurang lebih 3-5kg setiap hari di perutnya siapa ? wanita kan ?

Yang menahan sakit saat melahirkan siapa? Wanita juga kan ?

Nah sudah ada gambaran kan, jika wanita itu harus kuat dan mempunyai kemandirian secara fisik. Karena tugas dan tanggung jawab wanita juga gak kalah banyaknya. Jadi harus strong fisiknya.kebayang kan? Jika dalam sebuah rumah tangga seorang ibu sedang sakit dan tidak ada wanita dirumah itu, pasti berantakan semuanya.

  • Mandiri secara emotional.

Wanita itu cenderung bawa perasaan.  Yups,,, memang betul sekali. Bahwa kelemahan wanita adlah pada perasaannya. Jika sedikit saja terluka akan sulit untuk disembuhkan. Ibarat gelas kaca, jika sudah pecah maka tidak akan bisa utuh kembali. (semacam curcol nie ye…)

Kelemahan wanita adalah  apabila ada perkataan yang sensitif, maka pasti akan baper. Gak lucu juga kan ya kalo dikit-dikit baper, dikit-dikit marah, nangis, maka dari itu wanita juga harus bisa mengontrol dan menjadi mandiri secara emotionalnya sendiri. Karena yang mengerti diri kita adalah kita sendiri.

 photo coollogo_com-1366561_zpsfqseqn7q.png

Di dalam sebuah rumah tangga, seorang wanita harus mandiri. Dari ulasan diatas, itu semua menunjukkan bahwa didalam rumah tangga sangat penting sekali peran seorang wanita yang mandiri. Jika pak ustad berkicau kalo wanita mandiri gak laku, gak ada yang mau, hemp,,, sepertinya salah ya…

Sedikit cerita ya (curcol pengalaman pribadi ) dalam rumah tangga saya, bisa dibilang saya juga mandiri dalam hal financial, intelektual, fisik dan emotional. Dan alhamdulillah fine-fine saja. Alhamdulillah saya bisa mencukupi financial untuk diri sendiri dan keluarga. Kan banyak yang bilang ya,,, jika gaji istri gak boleh lebih dari suami, nanti suami akan menjadi kalah-kalahan. Tetapi itu gak berlaku dikeluarga saya. Dan tau tidak, saya juga mandiri secara intelektual, alhamdulillah saya mendapatkan kesempatan belajar sampai jenjang S1. Tetapi hal itu tidak mengurangi rasa hormat saya terhadap suami. Lalu gimana sech rahasianya, bisa berumah tangga dengan mulus meski sepertinya wanita lebih mandiri dan lebih unggul dibanding suaminya ? berikut ini tips dari saya agar keluarga tetap harmonis, hehe

  1. Jangan menyepelekan suami

Yang paling ampuh untuk menjaga rumah tangga adalah hormat kepada suami. Bagaimanapun suami kita sebagai wanita harus tunduk dan hormat kepadanya. Semandiri apapun wanita, hakikatnya tetap harus dilindungi dan tidak bisa berkuasa penuh. Wanita harus tunduk kepada suaminya. Prinsip itu yang saya terapkan,

  1. Bukan uangmu atau uangku, tetapi uang kita.

Kalo sudah berumah tangga itu ya,,, semua di tanggung bersama. Susah sedih senang semuanya milik bersama. Prinsipku dan suami, semua yang menjadi miliknya juga menjadi milikku dan sebaliknya. Sama halnya dengan uang. Kami selalu merasa bahwa uang dan rejeki ini bukan hanya milikku atau milik dia seorang tetapi ini milik kita karena suami dan istri itu adalah satu.

  1. Transparan dalam segala hal

Biarpun menjadi wanita mandiri, saya harus transparan kepada suami tentang semua hal. Mau kemana pun, mau belanja apapun, saya selalu minta pemdapat dan saran dari suami. Ini untuk upaya mengikut sertakan suami dalam setiap langkah kehidupanku hehe. Dan cara ini ampuh banget loh, karena suami bisa merasa dihargai untuk setiap keputusan dalam hidup.

Lalu gimana menurut kalian semua? Dari uraian yang panjang di atas, harusnya seperti apa seorang wanita ? Wanita Mandiri Yay or Nay ?

Yuk jangan sungkan-sungkan ungkapkan pendapat kalian di komentar ya…

 

Thanks,

Ike yuliastuti.

 

You may also like

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *