Antisipasi Bahaya Kebakaran di Rumah.

 photo Ballet 2_zpsvm6c5aim.jpg

Kebakaran bisa jadi momok yang menyeramkan untuk semua orang. Karena hanya dengan sekejap si jago merah bisa melahap semua yang ada. Semua orang pasti tidak menginginkan terjadi kebakaran disekitarnya apalagi di dalam rumahnya. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi bahaya kebakaran di rumah anda ?

Kali ini saya mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan teman bogger saya mba Anne Lesmana dan Arsa Kharismawan Kita sama-sama pengen bahas nie, tentang bahaya kebakaran.

Baca disini ya pendapat mba Anne : Cara Mencegah dan Menanggulangi Bahaya Kebakaran Dengan Menggunakan APAR

Baca disini ya pendapat mas Arsa : Kebakaran di Rumah? No WAy !!!

Siapa sech yang ingin kena musibah? Apalagi kebakaran. Pastilah semua orang tidak menginginkannya. Jika bisa dicegah, pasti kita memilih untuk mencegahnya sebelum api menyambar. Sekarang ini sudah banyak kantor, instansi pemerintah, bahkan rumah yang sudah lengkap dengan peralatan pemadam kebakaran. Ya.. karena yang namanya musibah pasti tidak bisa diprediksi kan ya….. Nah, menurut kalian seberapa penting menyediakan peralatan pemadam di rumah ? dan apa saja yang dilakukan untuk mengantisipasi bahaya kebakaran di rumah anda ?. Berikut ada beberapa hal yang perlu disiapkan di rumah sebagai upaya untuk mengantisipasi bahaya kebakaran.

  1. Pendidikan dan Pelatihan penyelamatan diri dalam mengatasi kebakaran

Yang paling penting untuk disiapkan saat menghadapi bencana adalah upaya penyelamatan diri. Untuk itu, harus diberikan pendidikan dan pelatihan kepada seluruh anggota keluarga, tentang bagaimana cara untuk menyelamatkan diri sendiri atau orang lain saat terjadi kebakaran.

 photo ibu-ibu-pkk-melakukan-pelatihan_20151028_094224_zpskiwtks90.jpg

Kalo untuk skala keluarga dan rumah tangga, mungkin pelatihan ini cukup mahal. Tapi bisa di siasati dengan memberikan pendidikan atau bacaan yang bisa dipahami oleh semua anggota keluarga. Bisa juga dengan gambar-gambar penyelamatan diri saat kebakaran, saya rasa itu sudah sangat membantu.

baca juga : Tips Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Muda

  1. Sedia APAR di rumah

Alat pemadam api ringan atau yang selanjutnya di sebut APAR, sangat penting untuk disimpan di rumah. Karena  APAR ini ringan dan praktis untuk memadamkan kebakaran skala kecil. APAR ini bentuknya mini, portable dan dapat dibawa dengan tangan. Isinya adalah bahan pemadam yang bertekanan yang disemprotkan pada api.

Ada beberapa jenis APAR antara lain :

  1. Dry Chemical Powder (serbuk ABC)
  2. Foam AFFF (Aqueous Film Forming Foam) Busa
  3. Carbon dioxide (ga CO2)

Selain harus ada APAR di rumah, anggota keluarga juga harus bisa mengoperasikannya. Bagaimana menggunakan APAR ? jawabannya adalah PASS. Eh maksudnya bukan pass gak mau jawab ya hehehe.. maksudnya PASS adalah sebagai berikut :

 photo pass_zpsvialgdcs.jpg

  • Pull : cabut Pin pengaman yang ada di APAR
  • Aim : arahkan pada sumber api
  • Squeeze : remas tuas pemicu pada tabung APAR
  • Sweep :ratakan / semprot secara merata pada titik api.

Untuk anda semua, gak usah bingung dimana mendapatkan APAR. Saat ini bisa dipesan tabung sekaligus isi milk GLOBAL FIRE kepada saya Ike Yuliastuti di nomer 08981757015, atau melalui email ke iche.juiche90@gmail.com. Untuk harga dan jenis bahannya nanti akan saya infokan detailnya. Silahkan menghubungi untuk bertanya dan memesan. Oh iya, kabar gembira untuk daerah Surabaya dan Sidoarjo gratis ongkir loh….

  1. Preventive maintenance untuk semua alat yang berpotensi menimbulkan kebakaran

Kata pepatah, lebih baik sedia payung sebelum hujan. Perumpamaan itu sangat cocok untuk kegiatan preventive maintenance ini. Maksudnya apa sich ?. Preventive Maintenance adalah kegiatan mengecek semua fungsi suatu barang. Kenapa harus dicek ?. hal ini bertujuan untuk meminimalkan dan mengurangi resiko barang yang rusak dan menimbulkan kebakaran.

Sudah paham belum ? contohnya seperti ini ya.. kalo di rumah alat-alat elektroniknya selalu dicek, semua kabelnya berfungsi dengan baik, maka akan meminimalkan akan terjadinya lonjakan arus listrik (konsleting) sehingga tidak akan ada kemungkinan terjadi kebakaran. Kemudian jika memiliki kompor gas, setiap berapa bulan sekali selang pada tangung gas dicek, apakah berfungsi dengan baik atau tidak ? maka tidak akan ada kebocoran gas yang mengakibatkan kebakaran.

  1. Mengetahui contact pemadam kebakaran

Jika dari ketiga point diatas tidak ada bagaimana ?

Hal yang tak kalah pentingnya adalah mengetahui nomer contact pemadam kebakaran. Gak lucu kan kalo gak tau juga? Bisa langsung hangus tanpa sisa jika kita terlambat menangani bahaya kebakaran ini. Buat yang belum tau, ini contact pemadam kebakaran ya… jangan lupa disimpan.

 

– Darurat = 112
– Ambulan = 118
– Polisi = 110
– Pemadam Kebakaran = 113
– SAR / Search and Rescue = 115

 

Mungkin itu dulu tips dari saya untuk mengantisipasi bahaya kebakaran di rumah. Jika kalian ada tips lain atau ada saran lain jangan sungkan untuk tinggalkan komentar.

 

You may also like

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *