Sedikit Cerita dari Negeri Tetangga Singapura.

Sedikit Cerita dari Negeri Tetangga Singapura.
Sedikit Cerita dari Negeri Tetangga Singapura.

Berkunjung ke Luar Negeri, hemm,,,, siapa yang gak seneng ya ? semua orang pasti mendambakan ingin berkunjung ke salah satu negara tetangga. Tapi untuk keperluan apa dulu nie ? Berikut cerita saya saat berkunjung ke negeri tetangga yang deket banget hihihi. Yupssss Singapura…. adalah negeri tetangga yang sukses dan lebih maju dari negara kita.

Ini cerita sebenarnya sudah lama sekali. Waktu itu tepatnya bulan April 2011, saya berkujung ke Singapura. Jaman uang masih sangat berharga kali ya, tapi saya malah hepi-hepi backpakeran sama teman kuliah ke Singapura. Dengan modal pesawat promo PP yang harganya hanya 400 ribu rupiah, saya memberanikan diri untuk berangkat ke Singapura. Ketika mendarat di bandara, saya kaget dong, berasa ada di dalam suatu dunia yang begitu cepat. Bagi kalian yang baru pertama kali ke luar negeri, jangan kaget ya, ketika melihat orang berjalan di negara Singapura. Untuk pejalan kaki saja, ada 2 jalur loh, untuk jalur cepat yang kanan, dan jalur santai di kiri. Tetapi mayoritas penduduk memilih jalur cepat. Sempat sedikit nggos-nggosan ketika berjalan menirukan kebiasaan mereka dengan jalan cepat, tetapi akan terbiasa setelah sehari di sana. Karena jika tidak dibiasakan, tentu akan merasa malu saat berjalan, hahaha  ibarat kancil sama keong.

Patung Singapura
Patung Singapura

Singapura merupakan negara tetangga yang sangat dekat dengan Indonesia.  Negara yang berbatasan dengan Batam ini, ternyata lebih maju beberapa langkah dari negara kita loh.  Ini saya buktikan sendiri, ketika tahun 2011 saya ke sana, belum ada ini tempat wisata taman green bay, tapi sekarang wajah Singapura berubah pesat. Banyak taman-taman tempat wisata yang indah, dan perkembangan kotanya sangat maju.

Ada beberapa hal yang bisa dicontoh dari negara tetangga ini, antara lain :

  1. Disiplin

Banyak yang bisa dipelajari di negara kecil ini. Saat saya jalan-jalan di sana, saya tidak menemui seorang  polisi ataupun petugas keamanan sama sekali. Entahlah, apakah negara tersebut sangat aman sekali ya ?. Public transportasi yang dimiliki pun sudah tertata dengan sangat rapi. Sepertinya orang disana tidak hobi melanggar peraturan kayag orang Indonesia hihihi. Masyarakat yang terbiasa disiplin ini membuktikan bahwa negara akan sangat maju.

  1. On time

Masyarakat di sana sudah terbiasa on time. Seperti peribahasa, kita harus on time, Karena jika tidak on time akan ketinggalan kereta haha. Hal tersebut sangat benar, dan di Singapura kalian akan tertinggal kereta listrik yang super cepat dala hitungan detik saja. Karena 1 menit di sana jika naik kereta listrik sudah sangat jauh. On time membuat masyarakat di negara kecil ini, tidak pernah terlinggal.

  1. Cepat

Kenapa saya menyebutkan cepat, menjadi salah satu yang harus dicontoh ? karena dengan kecepatan saat berkembang, membuktikan bahwa negara ini bisa semakin Maju. Meskipun kecil, tetapi segala aktivitas di negara ini memang serba cepat, internet cepat, transportasi cepat, dan jalan pun juga harus cepat. Kebiasaan melakukan aktivitas dengan cepat ini sangat berkaitan dengan kedisiplinan masyarakat dan on time. Jadi perkembangan negaranya juga sangat cepat.

Nah, apakah di Indonesia bisa diterapkan 3 hal tersebut ?

Singapura adalah negara tetangga yang sudah seperti saudara. Mungkin negara kita harus banyak belajar dari negara tersebut.

 

You may also like

6 Comments

  1. Woaa aku baru tau ada jalur jalan cepat dan santai mba^^ lucky u dapet tiket promo, semoga saya dan keluarga juga bisa liburan kesini ah aamiin tfs ya mba^^

  2. Bener deh iu yg perlu dicontoh disiplin, ontime dan cepat. Terlihat dr MRTnya yg setiap 5 menit selalu dtg. Dan juga Bus nya. Datang sesuai jadwal yg tertera di halte.

    Kalau kita yg blm bisa utk bus. Datang sesuai jadwal. -_-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *