Prudential Syariah Luncurkan Produk Baru PRUprime Healtcare Syariah

PRUDENTIAL, siapa yang tidak mengenal asuransi ini? Namanya sudah sangat terkenalseantero jagad negeri. Eh tetapi apa kalian semua sudah mengenal dan tahu jika ada PRUDENTIAL Syariah ?. Nah lo… sudah tahu belum ? jangan sampai ketinggalan info ya, karena ternyata kiprah Prudential Syariah sudah menginjak 10 tahun loh. Yuk baca lebih detail tentang PRU Syariah dan produknya.”

Suatu sore diteras rumah. Ketika itu saya melihat wajah suami yang sedang gundah gulana. Ada apakah gerangan ?

Saya : Ada masalah apa papa ? kog wajahnya murung gitu

Suami : Gini loh ma, lihat ibu kog gak tega ya, udah sepuh dan sakit. Sebenarnya aku kasihan dan ingin memberika perawatan kesehatan yang bagus untuk ibu. Tetapi gimana ya, uangnya pas-pasan.

Saya : wah sepertinya kita perlu ikut asuransi kesehatan, supaya lebih terbantu dalam masalah ini. Soalnya ya kita tahu sendiri biaya rumah sakit sekarang ini sudah melangit kayag roket.

Suami : mama tau kah asuransi yang bagus dan yang pasti sesuai ketentuan syariah

Saya : wah kebetulan sekali selasa,  tanggal 16 Mei 2017 kemarin, aku ikut acara peluncuran asuransi Prudential Syariah pa. dan kayagnya ini cocok deh untuk kita.

 photo IMG-20170520-WA0001-01_zpsjxoxnxvy.jpeg
Acara Peluncuran PRUprime healthcare syariah

Surabaya, 16 Mei 2017 menjadi hari peluncuran produk baru dari asuransi Prudential Syariah. Produk yang diberi nama PRUprime Healtcare Syariah ini bertujuan untuk membantu para anggota dalam menghadapi masalah tanggungan biaya kesehatan.  PRUprime Healtcare Syariah ini adalah produk asuransi rawat inap berbasis syariah yang membayar semua biaya rumah sakit sesuai dengan tagihannya.

 photo IMG_20170516_113120_1495507768044-01_zpsdqqfh67y.jpeg
Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing, Communications and Director Prudential Syariah Indonesia

“Produk PRUprime Healtcare Syariah ini diluncurkan karena  Prudential senantiasa mendengar dan memahami kebutuhan masyarakat Indonesia untuk perlindungan kesehatan berdasarkan prinsip dan nilai-nilai syariah, ujar ibu Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing, Communications and Director Prudential Syariah Indonesia.”

Prudential Indonesia saat ini adalah sebagai perusaan pemimpin pasar asuransi syariah. Sejak tahun 2007, Prudential Indonesia bersyukur bisa menempati posisi sebagai pemimpin pasar dengan kontribusi dana tabarru sebesar Rp 2,2 triliun. Selain itu yang telah tercatat sebagai polis syariah adalah 510.000 polis aktif dengan aset sebesar Rp 3,4 triliun.

Bagaimana Konsep Asuransi Syariah ?

Konsep asuransi syariah dijelaskan langsung oleh Ahmad Nuryadi selaku Anggota Dewan Pengawas Syariah (DPS) Prudential Indonesia.

 photo IMG_20170516_112126_1495507814104-01_zpsuwlxc7x4.jpeg
Ahmad Nuryadi selaku Anggota Dewan Pengawas Syariah (DPS) Prudential Indonesia.

Pak Ahmad mengungkapkan bahwa dasar asuransi syariah ini adalah saling membantu sesama dengan Berderma / Tabarru (sumbangan).  Dalam sistem asuransi ini, pemgang polis melakukan akad Hibah dan akad Tijarah. Hibah karena premi yang dibayarkan akan berubah menjadi derma yang akan dikumpulkan sebagai dana tabarru sebagai penolong nasabah lain yang terkena musibah atau sakit. Kemudian akad Tijarah adalah perjanjian antara pemegang polis dengan pihak perusahaan atas dasar kepercayaan untuk mengelola dana tabarru tersebut. Prudential Syariah sebagai pengelola dana akan mengelola dengan pakem syariah. Perusahaan tidak pernah menggunakan dana untuk investasi pada perusahaan yang tidak memberikan keuntungan untuk umat manusia (perusahaan rokok, minuman keras). Dana akan di investasikan ke jalan yang halal supaya berkah. Dalam hal ini Prudential hanya sebagai pemegang amanah dalam mengelola dan menginvestasikan dana anggota. Karena sistem ini, maka perusahaan tidak akan pernah rugi, karena tidak memiliki tanggungan. Perusahaan akan mengelola dana Surplus Sharing dan akan diberikan kepada anggota dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

PRUprime Healtcare Syariah

Poduk PRUprime Healtcare Syariah merupakan produk tambahan (rider) dari produk PRUlink Syaria Assurance Account. Hal tersebut  diuangkapkan oleh Paradikma Subawa yang menjabat sebagai Product Development Asuransi Syariah Prudential Indonesia

 photo IMG_20170516_110525-01_zpsu9djdxkl.jpeg
Paradikma Subawa, Product Development Asuransi Syariah Prudential Indonesia

Tagline Prudential kali ini adalah PRUSyariahUntukSemua, maksudnya adalah bahwa asuransi PRUSyariah ini adalah untuk semua orang baik muslim atau non muslim, dan untuk yang tua maupun yang muda tanpa batas usia. Jadi memang manfaat asuransi adalah untuk semua kalangan.

 photo prudential3_zpsf7fja9bh.jpg
Keunggulan PRUprime healthcare syariah

PRUprime healthcare syariah memiliki banyak keunggulan antara lain sebagai berikut :

  1. Kelas kamar mewah untuk rawat inap hingga Rp. 8 jt/hari,
  2. Sesuai tagihan rumah sakit untuk biaya medis yang diperlukan, sesuai dengan plan yang telah dipilih. Maksudnya adalah pertanggungan sesuai dengan pilihan plan awal. Sehingga nasabah bisa lebih fokusterhadap pemulihan penyakitnya
  3. Kunjungan Dokter Spesialis tanpa batas per tipe spesialisasi.
  4. Usia pertanggungan hingga 85 tahun.
  5. Perlindungan secara Global seluruh dunia
  6. Manfaat pembayaran klaim secara Cashless untuk Indonesia, Malaysia,dan Singapura (sesuai plan yang dipilih). Fasilitas ini memudahkan agar tidak repot untuk membawa uang tunai, hanya membayar dengan menunjukkan kartu.
  7. PRUprime limit booster yaitu dana tambahan yang dapat digunakan jika seluruh batas manfaat tahunan telah terpakai. Jika digabungkan dengan batas manfaat tahunan, maka fitur ini dapat memberikan dana tambahan hingga Rp. 35 miliar, dan merupakan nilai perlindungan rawat inap tertinggi di Indonesia,
  8. Fasilitas Manfaat Berkembang manfaat tahunan tumbuh setiap tahun 10% dari batas manfaat tahunan awal. Dan maksimal yang akan diberikan adalah 50%.
  9. PRUprime Saver untuk perlindungan yang lebih ekonomis. Maksudnya adalah pemegang polis bisa menurunkan manfaat ke harga yang lebih rendah. Misalnya memilih kamar yang medium untuk rawat inap agar lebih hemat
  10. Santunan Dana Marhamah adalah santunan dana untuk peserta yang meninggal.

Syarat Kepesertaan  

Sebagai tambahan informasi, bahwa syarat kepesertaan untuk asuransi PRUprime healthcare syariah adalah :

  1. Mulai dari usia 1 bulan sampai 65 tahun
  2. Masa perlindungan yang dapat dipilih sampai dengan usia 55 tahun, 65 tahun, 75 tahun, dan ulang tahun berikutnya
  3. Tersedia dalam mata uang rupiah
  4. Memenuhi kriteria minimum Santunan Asuransi untuk manfaat meninggal dunia per polis
  5. Maksimum manfaat harian sesuai plan yang dipilih
  6. 1 peserta yang diasuransikan hanya dapat memilih 1 produk asuransi kesehatan sejenis di Prudential
  7. Memenuhi kriteria Finance Underwriting di Prudential
  8. Mengikuti produk asuransi Pokok yaitu PRUlink syariah.

Pentingnya sebuah asuransi kesehatan adalah untuk menjaga agar di saat kita sakit tidak akan repot dengan tanggungan biaya. Kita bisa fokus dengan bagaimana memulihkan dan menjadikan sehat diri kita.  Lalu, sudahkah anda memilih asuransi kesehatan yang benar dan sesuai dengan ketentuan Syariah,

You may also like

13 Comments

  1. Wah ilmu baru nih soal asuransi syariah pakai akad HIBAH.

    Jadi jatuhnya bukan ambil keuntungan pribadi mekainkan memberikan hibah ke anggota yg lain ya?

  2. Ini itungannya riba gak ya…

    tapi memang dengan biaya perawatan rumah sakit yang meroket malah semakin membebani masyarakat indonesia terlebih yang berpenghasilan pas pasan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *