Bunda Tanggap Alergi, Segera Lakukan 3K untuk Pencegahannya.

Bunda, apakah anaknya memiliki alergi ?, pertanyaan itu yang sering muncul ketika ada orang baru bertemu anak saya. Dari bayi sampai sekarang ini, kulit Alfan emang sensitif sekali. Ketika suhu udara panas, langsung muncul bintik-bintik merah yang rata seluruh tubuhnya. Nah apakah anak saya alergi ? sedangkan saya dan suami tidak memiliki riwayat alergi. Beruntungnya saya karena diundang dalam acara Bunda Tanggap Alergi oleh Nutricia sarihusada.

World Allergy Organization mengungkapkan bahwa angka alergi pada anak semakin naik, khususnya di Indonesia. Dan kebanyakan alergi menyerang anak diusia 1 tahun pertama yaitu sekitar 2-7.5%. Angka yang terus meningkat itu, tentunya juga memiliki resiko yang dapat mengancap si kecil buah hati anda. Karena jika tidak dikendalikan, alergi bisa berakibat fatal.  Alergi dapat berdampak pada pertumbuhan fisik dan psikologis si kecil. Adapun dampaknya adalah sebagai berikut :

  1. Dampak Fisik : anak yang terkena alergi pada makanannya akan mengalami susah makan sehingga mengakibatkan berat badannya tidak ideal. Karena efek alergi yang ditimbulkan makanan biasanya terjadi langsung setelah si kecil memakannya.
  2. Gangguan hormonal. Alergi juga akan meningkatkan resiko obesitas, penyakit jantung coroner dan diabetes karena efek gangguan hormonal pada metabolism tubuh yang tidak seimbang
  3. Mengganggu keceriaan si kecil. Alergi makanan atau protein susu akan mengganggu keceriaan anak karena si kecil merasa dibatasi makanan dan minumannya sehingga tidak sama dengan teman sebayanya.

Untuk menangani masalah alergi ini, penting bagi orang tua untuk melakukan 3K yaitu Kenali, Konsultasikan, dan Kendalikan.

baca juga : Mitos dan Fakta Belajar Multilingual Sejak Dini

Apa Itu 3K

3K adalah kampanye dari Sarihusada dengan mengajak Bunda Tanggap alergi dengan 3K. kampanye ini bertujuan untuk agar orang tua lebih tanggap terhadap alergi yang terjadi pada si kecil. Kampanye ini telah berhasil mengedukasi lebih dari 13 ribu bunda di seluruh Indonesia. Adapun rangkaian kegiatannya beragam dan tentunya dibuat acara yang menarik untuk para ayah bunda. Seperti yang dilakukan di Surabaya, 23 Juli 2017 lalu Sarihusada menyelenggarakan kampanye 3K dalam bentuk acara Fun Walk saat Car Free Day di Taman Bungkul Surabaya.

Serangkaian acara yang menarik dan pastinya memberikan banyak manfaat untuk para ayah bunda mengetahui bagaimana tanggap alergi pada anak. Selain acara Fun Walk, terdapat juga Zumba untuk para ayah bunda agar selalu bugar. Dan yang tidak kalah pentinya adalah dalam acra tersebut terdapat juga tempat konsultasi langsung dengan dokter. Sarihusada mengajak 6 dokter untuk melayani konsultasi secara gratis untuk masalah alergi ini, dampak dan cara penanganannya untuk si kecil. berikut ini adalah beberapa dokumentasi kegiatannya.

 

 untuk mengatasi alergi si kecil yaitu dilakukan dengan 3K. apa itu 3K? berikut ini penjabarannya :

Kenali resiko dan gejala alergi

Para ayah bunda harus tau apa penyebab alergi yang menyerang si kecil. Langkah pertama yaitu kenali resikonya dan penyebabnya. Proses pengenalan dan pencarian sebab alergi biasanya cukup memakan waktu. Karena ayah bunda harus selalu memantau apa saja yang dikonsumsi si kecil dan selalu melihat dampak resiko pada tubuhnya. Cara yang paling tepat saya lakukan kepada Alfan anak saya adalah dengan menseleksi makanan MPASI nya. Seminggu saya cobakan kuning telur, kemudian lihat dampaknya, jika baik-baik saja berarti tidak alergi, Kemudian seminggu kemudian berganti ke bahan makanan lain seperti seafood dan keju. Ini akan memakan waktu yang lama tentunya, namun jika kita tau penyebab alergi, tentu akan lebih mudah menanganinya.

Bahan makanan yang sering menyebabkan alergi pada si kecil yaitu susu sapi, telur, Kacang-kacangan, seafood, gandum, dan ikan. Kebanyakan adalah bahan protein. Jadi memang harus dikenali terlebih dahulu penyebab alergi dengan makanannya. Selain bahan makanan, alergi juga dapat disebabkan oleh faktor genetic (keturunan). Resiko anak terkena alergi akan semakin besar jika terdapat riwayat alergi pada orang tua dan keluarganya.

Konsultasikan

Sering berkonsultasi dengan dokter adalah cara yang tepat agar bisa mengetahui solusi untuk menghadapi alergi pada anak. Usahakan mencari dokter spesialis anak yang mengetahui betul penyebab, resiko dan cara pencegahan alergi agar bunda dapat mengatasi alergi sejak dini.

Kendalikan penyebab alergi.

Kenapa penyebab alergi harus dikendalikan ? karena jika sudah mengetahui sumber penyebab alergi, maka ayah bunda dapat meminimalisir terjadinya alergi yang berulang pada si kecil. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Dengan cara mengendalikan penyebab alergi lewat control langsung nutrisi si kecil, kemungkinan terjadinya alergi kembali akan sangat kecil.

Salah satu tools touchpoint dari kampanye Bunda Tanggap Alergi Dengan 3K ini adalah dengan adanya website alergianak.com yang berisi tentang segala informasi mengenai alergi seperti factor resiko, gejala awal, dan juga beberapa tips mengatasi dan mencegah terjadinya alergi pada si kecil.

Nah ayah bunda semuanya, masih bingung bagaimana mengatasi alergi ? semoga dengan informasi diatas dapat membantu dalam proses mengatasi alergi si kecil. Karena tanpa alergi si kecil dapat #tetapceria #tanpaalergi. Semoga informasi ini bermanfaat.

baca juga : Rahasia Working Mom supaya bisa Live To The Max

Big Love

Ike Yuliastuti

You may also like

13 Comments

  1. Senengnya jaman sekarang makin mudah mencari informasi. Aku bener-bener awam soal alergi Mbak. Makasih atas pencerahannya ya. Moga baby-nya sehat selaluu 😘

  2. Car Free Daya aktifitasnya makin kreatif ya. Biasanya cuma jalan, duduk, sepedaan, sama jajan, sekarang ada aktifitasnya edukasinya. Lalu, setelah dikonsultasikan gimana kesehatan anakmu, Ke? Pipinya udah baikan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *