Berlibur Ala Working Mom

Halo mom, gimana kabarnya ? semoga selalu sehat ya. Untuk para mom yang lagi galau karena gak bisa atau  gak ada waktu buat berlibur dengan keluarga seperti saya, jangan khawatir ya mom. Memang beginilah resiko seorang Working Mom. Plus apalagi kalo timeline pada sliweran mengenai foto-foto teman yang suka travelling rasanya semakin baper saja ya mom. Kalo saya biasanya suka baper kalo baca blog postnya mba Rosanna Simanjuntak yang banyak info travellingnya dan diluar jawa. Sumpah bikin mupeng abis dech pokoknya.

Well, saya gak pernah berkecil hati, karena kata orang kita harus bisa selalu bersyukur ya mom. Dinikmati saja kesibukannya sebagai working momy yang harus selalu sehat dan kuat menjalankan aktivitas baik di rumah maupun di tempat kerja. Nah untuk mensiasati kebosanan memang sekali-kali ctambah capek namun bisa menyenangkan ?

Apa itu esensi Liburan ?

Sebelum saya membagikan beberapa tips seputar berlibur ala working mom, saya mau Tanya dulu nie sebenarnya apa esensi berlibur untuk para momy ?.

Kalo yang ada dibayangan saya berlibur itu yang penting bisa bahagia bersama orang yang kita sayangi, bisa dengan anak ataupun dengan suami. Dan jika digambarkan bagaimana aktivitas berliur yang menarik, kalo saya gak muluk-muluk harus ke Bali atau ke Raja Ampat ya mom, karena berkunjung ke empang sebelah rumah aja kalo kita seneng dan bisa ngilangin beban pikiran itu udah berlibur kalo menurut saya.

Masalah yang dihadapi oleh semua working mom yaitu bagaimana mengatur jadwal, sehingga bisa berlibur dengan nyaman. Sering kali susah dan enggan berlibur karena missal hari libur kerja Cuma minggu aja, ataupun misalnya duh repot ntar malah capek udah rempong di jalan rempong sama anak. Ataupun ada pula yang beralasan duh libur Cuma sehari itu pun habis dipakai buat bersih-bersih rumah dan cuci baju. Laaahhhh…. Kalo begitu terus kapan berliburnya mom ?

Kalo menurut aku, merencanakan liburan memang baik, tetapi yang berhasil melakukan rencana itu adalah yang terbaik hahaha. Karena tidak sedikit loh yang sudah punya rencana juga gagal berlibur bersama keluarganya karena faktor tertentu. Dan yang gagal jangan ditiru ya mom. Atau jangan-jangan momy juga pernah melakukan hal demikian, udah capek buat renjana tapi ujung-ujungnya Cuma mager dirumah ahahhaha. Duuuhhhh kasian,,,.

baca juga :  Rahasia Working Mom supaya bisa Live To The Max

Mulai sekarang gak ada lagi kata gagal berlibur ya mom. Mau tau gimana cara mensiasatinya ? yuk intip beberapa Tips dari saya tentang bagaimana berlibur ala working mom.

  1. Berlibur itu harus bikin refresh

Apapun kegiatan yang dipilih untuk liburan, pastikan memilih kegiatan yang bisa bikin refresh otak. Banyak sekali aktivitas yang bisa membuat refresh otak kita ya mom. Jangan ambil pusing untuk melakukan liburan yang ribet ya mom. Liburan itu yang woles aja, gak perlu pergi jauh dan capek-capekan kog. Kalo saya biasanya memanfaatkan waktu untuk nonton bersama keluarga dan bermain bersama anak. Karena menurut saya kegiatan simple itu sudah membuat refresh otak.

berlibur bersama keluarga

Selain nonton bersama, agenda memasak bersama dan jalan-jalan pusat perbelanjaan yang dekat dengan rumah juga bisa jadi ide yang cemerlang untuk menikmati waktu liburan. Jika di dekat rumah terdapattman bermain anak ataupun taman yang bisa dikunjungi, akan menambah daftar tujuan saat –tempat berlibur mom. Manfaatkan tempat terdekat supaya tidak nambah capek ya mom. Karena tujuan liburan adalah refreshing.

  1. Berlibur itu berkumpul dan quality time

Karena working mom sudah banyak menghabiskan waktu di luar rumah untuk bekerja, sangat disarankan untuk melakukan liburan bersama keluarga sebagai quality time. Hal ini akan sangat penting untuk membantu menstabilkan emosional bunda.

Keintiman suatu keluarga akan membuat ikatan antar anggota keluarga semakin erat dan kuat. Meskipun bunda harus bekerja dan meninggalkan keluarga, tetapi jika lebih sering member moment bersama saat liburan dengan anak dan suami, pasti kesan dan ikatan itu akan lebih kuat. So, tetap manfaatkan kesempatan ini ya mom..

  1. Berlibur itu menyenangkan

Yang namanya berlibur itu tujuannya adalah menyenangkan diri. Jangan sampai membuat aktivitas liburan yang rumit dan membuat capek. Selain tidak direkomendasikan untuk para working mom karena waktunya yang sempit, liburan yang jauh jugahanya akan membuat jiwa dan raga menjadi lelah. Liburan yang menyenangkan bisa dilakukan di mana saja.  Sebagai referensi kalian dapat melakukan Staycation di hotel terdekat mom. Selain menyenangkan juga tidak perlu repot karena jauh dan capek.

Intinya berlibur itu adalah dari kita sendiri, mau dibuat menyenangkan atau tidak ya tergantung kita. Untuk para working mom, jika ingin liburannya berkesan dan tidak perlu capek, lakukan beberapa hal diatas dengan membuat aktivitas menyenangkan bersama keluarga. Itulah cara saya menikmati liburan yang singkat.

baca juga : Sedikit Cerita dari Negeri Tetangga Singapura.

Karena esensi berlibur adalah tergantu yang menikmati. Di mana pun dan kapan pun, asyik tidaknya juga tergantung kita yang mengaturnya.

Semoga bermanfaat

 

Big love

Ike Yuliastuti

You may also like

9 Comments

  1. Aku tiap hari liburan, Ke. Gak semua liburan harus pergi jauh, walau kadang mupeng juga lihat suasana di luar kota. Yang penting hati senang, itu sudah merupakan traveling buatku hehe

  2. Aku malah baru tahu nek sampeyan kuwi working mom. Hebat!

    Kalau saya sudah nyaman dengan freelance begini dan tiap hari bisa liburan a la gue ma Salfa, hahaha

  3. Iya ya, meskipun dekat, kalau enjoy ya jadinya mah memang liburan. Bahkan mager di rumah aja, juga liburan namanya.

    Dan well, selain mengatur waktu untuk working Mom yg pengen liburan, juga harus memikirkan energi yang terbuang nantinya. Karena setelah kita pulang, semoga Senin datang, kita bisa fresh

  4. Memang kalo pas weekend paling pas buat berlibur sih. Aku kadang bikin list rencana liburan yang bisa dilakukan saat weekend tanpa perlu terlalu capek atau keluar biaya banyak. Kadang staycation di penginapan yang lagi promo atau kadang juga cuma kulineran di sekitar kota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *