Bunda, lakukan yang terbaik untuk yang teristimewa

Kehamilan, merupakan masa paling indah dan kebanggaan bagi setiap wanita. Karena dimasa itu, seorang ibu sedang mempersiapkan seorang generasi penerus baru. Begitupun saya, juga merasa sangat bahagia di masa kehamilan saya yang lalu. Segala upaya pasti dilakukan untuk yang terbaik bagi si jabang bayi. Dan saya mengakui serta mengalami secara langsung pengalaman mempersiapkan kehamilan sampai dngan melahirkan dan menyusui dengan persiapan yang sangat baik akan berdampak pula bagi kehidupan si kecil nantinya.

Pengalaman & True Story

Sedikit cerita ya bunda, ketika kehamilan saya yang pertama, saya mengalami kejadian yang sangat tidak saya inginkan yaitu keguguran karena masalah janin yang tidak sehat dan tidak berkembang. Ini karena kurangnya kesiapan dan pengetahuan tentang ilmu-ilmu dan persiapan saat masa kehamilan. Lalu, saya diberikan kesempatan lagi untuk kehamilan kedua. Belajar dari pengalaman sebelumnya, tentu saya sangat menjaga dan sangat mempersiapkan apapun untuk kehamilan kedua. Dan saya selalu melakukan yang terbaik untuk si kecil mulai dari hari pertama saya mengetahui bahwa saya hamil sampai dengan sekarang, si dedek sudah lahir sehat dan mengalami tumbuh kembang yang optimal. Dengan persiapan yang matang saya yakin sudah memberikan yang terbaik untuk buah hati saya.

Sejalan dengan itu, ternyata salah satu brand susu hamil ternama yaitu PRENAGEN juga sangat mendukung upaya mempersiapkan bunda di masa kehamilannya dengan bentuk kampanye PRENAGEN peduli, Ibu Sehat Indonesia Sehat. Bentuk dari dukungan itu sangat jelas dengan diadakannya acara PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2017. Acara tahunan ini, yang kali ini di selenggarakan di Dyandra Convention Center Surabaya 30 Juli 2017 ternyata mendapat respon yang luar biasa bagus dari para bunda di Surabaya. Itu terbukti dari kesuksesan acara dan banyaknya para bunda yang antusias untuk datang menimba ilmu demi mempersiapkan kehamilan dan melakukan yang terbaik untuk si kecil.

 PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2017 yang selanjutnya disebut PPEJ2017 ini merupakan serangkaian acara yang di dalamnya terdapat banyak sekali kegiatan diantaranya sebagai berikut :

  • Interaktif Talkshow bersama dr. Boy Abidin, SpOG dan dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA
  • Sharing pengalaman bran ambassador PRENAGEN yaitu Andien dan suami
  • Senam PRENAFit yaitu senam khusus ibu hamil dan pasca melahirkan
  • Launcing produk digital baru dari PRENAGEN yaitu Halo Bumil
  • Beragam Booth seputar kehamilan dan Anak
sambutan Bapak Wagub dan Wakil POGI

Dari serangkaian acara di atas tentunya membuat para bunda semangat untuk hadir di event terbesar seputar kehamilan ini. Acara semakin menarik dan seru saat MC cantik Mona Ratuliu membuka acara dengan semangat. Bapak Wakil Gubernur Jawa Timur Bapak Saifullah Yusuf bersama Wakil Ketua POGI Jawa Timur Bapak dr. Muhammad Yusuf, Sp.OG  juga menyampaikan rasa kegembiraannya terkait diselenggarakannya acara ini.

Bapak Wagub mengungkapkan dan menghimbau kepada seluruh bunda di Surabaya agar menjaga masa kehamilannya sehingga dapat mencipkatan generasi – generasi terbaik penerus bangsa. Dengan acara PPEJ2017 ini bapak Wagub mengungkapkan bahwa “ dengan edukasi seperti ini akan mengurangi angka kematian ibu hamil” ujar beliau.

Ketemu Brand Ambasador PRENAGEN 2017  

Acara semakin hangat dan meriah saat Brand Ambasador PRENAGEN 2017 yaitu Andien & Ippe ( suami Andien ) ikut menyapa dan sharing session kepada para bunda. Mereka bercerita bagaimana serunya menjadi orang tua baru dan bagaimana Andien beserta suami mempersiapkan kehamilan sampai dengan kelahiran Kawa.

Andien dan suami

Andien mengungkapkan bahwa selama kehamilan dia mendapatkan dukungan penuh dari sang suami, sehingga dia tidak pernah mengalami kesulitan sedikitpun saat masa kehamilannya. Dan juga pada trimester pertama yang sering mual-mual pun, andien berkata “saya juga mengalami mual muntah saat trimester awal, namun saya mempercayakan kebutuhan nutrisi saya kepada PPRENAGEN Emesis dan drama trimester awal pun jadi menyenangkan.” Andien dan suami mempercayakan kebutuhan nutrisi saat kehamilan kepada PRENAGEN.

Pentingnya Kesehatan Plasenta By dr. Boy Abidin, Sp.OG

Placenta adalah penghubung Janin dengan Ibu, maka kesehatannya harus diperhatikan karena akan membawa dampak jangka panjang untuk si kecil. Dan placenta merupakan sumber nutrisi untuk jabang bayi saat di dalam kandungan.

Karena Plasenta merupakan nutrisi untuk si kecil, maka suatu keharusan untuk menjaganya, karena “you are WHAT your mother eat”. Bunda, perlu diingat ya, jika masa kehamilan sebaiknya mengkonsumsi makanan sehat yang bergizi tinggi. Nutrisi yang dikonsumsi bunda saat hamil akan dialirkan ke tubuh janin dan penghubungnya adalah plasenta.

placenta sebagai sumber nutrisi janin

Dr. Boy menambahkaan bahwa pentingnya peran plasenta pada kehamilan adalah diantaranya sebagai pembawa zat nutrisi dan oksigen untuk janin, kemudian untuk membuang zat racun, serta membantu produksi hormone dan imun untuk perkembangan janin di dalam rahim bunda. Jika tidak diperhatikan kesehatannya maka plasenta ini juga berdampak serius diantaranya terjadi preeclampsia, diabetes mellitus gestasional, prematuritas, hingga kematian janin. Plasenta yang sehat juga akan membawa dampak positif bagi kecerdasan karena sangat membantu system saraf dan transport DHA untuk janin.

Tumbuh Kembang & Sistem Saraf Anak By dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA

Sesi talkshow selanjutnya dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA yang membahas masalah tumbuh kembang anak. Materi ini cocok sekali buat mamah muda seperti saya. Informasi mengenai tumbuh kembang anak sangat penting karena terkadang sering galau jika tumbuh kembangnya terlambat atau tidak sesuai dengan ketentuan atau seperti anak sebayanya. Menurut dr. Bowo bahwa factor tumbuh kembang itu ada banyak. Ada factor Internal dan Eksternal. Factor internal adalah seperti ginetik/turunan, ras, usia, jenis kelamin. Kemudian untuk factor eksternal yaitu nutrisi, lingkungan, penyakit, dan stimulasi.

Tumbuh kembang anak sangat erat kaitannya dengan sel saraf di otak. Untuk itu bunda harus mempersiapkan sejak dini yaitu semenjak 1000 hari pertama kehidupan dengan nutrisi yang baik dan makanan bergizi tinggi. Masa itu dimulai saat kehamilan sampai dengan anak berumur 2 tahun. Saat kehamilan, nutrisi janin dipenuhi dengan nutrisi dari tubuh ibu, dan setelah lahir bayi mendapatkan nutrisi dari ASI.

ASI adalah nutrisi terbaik

Asi adlaah sumber nutrisi terbaik untuk bayi. Pada ASI terkandung laktosa yang dapat membantu untuk pembentukan memori jangka panjang. Kolostrum pada ASI adalah sebagai penunjang pembentukan myelin(selabung penghantar impuls). Zat besi juga sangat penting untuk perkembangan otak untuk itu bunda, usahakan anak mendapatkan ASI yang cukup supaya perkembangan sel sarafnya maksimal.

Terkait kecerdasan anak, dr. Bowo mengungkapkan bahwa kecerdasan anak menurun dari kecerdasan ibunya yaitu sebanyak 40%. Nah untuk 60% lainnya itu dapat dilakukan dengan pemberian nutrisi yang baik dan stimulus pada anak.

Lalu bagaimana jika nutrisinya jelek dokter ? apa dampaknya ?. bunda harus tahu ya jika nutrisi untuk anak tidak mencukupi akan sangat berbahaya. Dampaknya adalah Red Flag pada pertumbuhan anak. Red flag adalah perkembangan anak yang berada di bawah garis merah kurva perkembangan anak. Contohny adlaah jika seharusnya anak usia 6 bulan sudah bisa tersenyum dan mulai membalikkan badannya, bayi yang terkena red flag tidak dapat melakukan itu. Jika dirangsang dengan senyuman dia diam saja dan belum bisa berguling membalikkan badannya sendiri. Jika ini terjadi pada si kecil, bunda harus tanggap dan segera konsultasi ke dokter ya bunda.

PRENAGEN PRENAPro Sebagai Nutrisi Tambahan Ibu Hamil

Jadi setelah mendengarkan pemaparan 2 dokter ganteng tersebut, apakah bunda yang sekarang sedang hamil sudah yakin terhadap nutrisi tubuh bunda ?.

Bunda jangan khawatir, karena PRENAGEN menjawab semua kekhawatiran bunda. PRENAGEN hadir dengan formula PRENAPro yang dirancang khusus untuk kebutuhan nutrisi 1000HPK. Kandungan PRENA Pro akan memenuhi kebutuhan janin dalam kandungan bunda seperti asam folat, kalsium, fosfor, magnesium, protein, zat besi, vitamin D, omega 3, DHA dan kolin.

Varian PRENAGEN

PRENAGEN juga hadir sebagai #SahabatTerbaik untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Ini terbukti dari banyaknya varian susu PRENAGEN yang sesuai kebutuhan bunda.

  • PRENAGEN Esensis : susu nutrisi untuk persiapan kehamilan. Kandungan susu rendah lemak ini adalah Asam Folat, Zinc, Kalsium, Fosfor, Magnesium, Vit D, Protein, Zat Besi, serat dan Omega 3. Jika ingin cepat hami, maka setelah menikah minumnya PRENAGEN Esensis ya bunda.
  • PRENAGEN Mommy Emesis : Nutrisi kehamilan untuk trimester pertama yang mengandung Vitamin B & E yang telah teruji dapat mengurangi mual muntah diawal kehamilan.
  • PRENAGEN Mommy : nutrisi untuk masa kehamilan. Mengandung Asam Folat, Zat Besi dan Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah.Sumber serat untuk memenuhi serat pangan harian. Kalsium, Magnesium, Fosfor, dan Vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan gigi serta untuk menjaga kepadatan tulang ibu. Asam Folat untuk mencegah resiko cacat saraf otak, dan Omega 3 untuk perkembangan otak janin. Tersedia juga dalam kemasan praktis siap minum (UHT) untuk memudahkan bunda dalam mengkonsumsi susu hamil.
  • PRENAGEN Lactamom : nutrisi yang cocok untuk ibu menyusui. Membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI. Dengan nutrisi tambahan yang mengandung Omega 3 ini sangat baik untuk perkembangan otak si kecil
  • PRENAGEN Juice : sari buah Pomegranate & anggur menjadi sumber serat yang kaya akan vitamin C dan asam folat. PRENAGEN Juice ini bisa diminum kapan pun dan rasanya sangat segar. Ini trobosan baru untuk ibu hamil yang susah minum susu hamil.

 

Untuk bunda yang kadang bosan minum susu hamil, ketika acara berlangsung, chef Eddrian Tjhia membagikan resep sehat yaitu membuat Smoothies Bowl (ubi ungu & pisang) yang kaya akan nutrisi.

Resep Smoothies Bowl

Halo Bumil Aplikasi Pintar untuk Ibu Pintar

Sebagai dukungannya untuk ibu hamil di Indonesia, PRENAGEN kali ini meluncurkan aplikasi digital yang bisa di install di HP Android, “HALO Bumil” datang sebagai trobosan baru dalam perkembangan dunia digital sekarang ini.

Aplikasi Halo Bumil

HALO Bumil adalah aplikasi pendamping kehamilan pertama di Indonesia yang interaktif dan dapat memberikan informasi seputar kehamilan. Ada 3 fitur dalam aplikasi ini yaitu :

  1. Fitur Timeline Kehamilan : calon ibu bisa memonitor perkembangan janin dari minggu ke minggu.
  2. Fitur Artikel : untuk menambah wawasan calon ibu mengenai ilmu bagaimana nutrisi saat ibu hamil, dan artikel tentang perkembangan janin di dalam kandungan bunda.
  3. Fitur Kontrol Kehamilan : adalah fitur penting yang membantu bunda untuk memonitor kehamilannya dengan mengetahui berat badan mingguan.

Di era digital ini diharapkan aplikasi HALO Bumil dapat membantu calon ibu untuk lebih sukses mempersiapkan kehamilannya.

Sehat Bugar Saat Hamil dengan Senam PRENAFit

Sukses dalam kehamilan tidak hanya dari nutrisi saja. Olahraga juga sangat membantu metabolism tubuh ibu hamil supaya lebih sehat dan bugar. Karena di masa kehamilan, tubuh bunda harus siap untuk menopang janin yang beratnya kurang lebih 4-3kg, maka tubuh bunda harus selalu kuat. Untuk menguatkannya dan agar peredaran darah selalu lancer sangat disarankan ibu yang sedang hamil selalu melakukan senam hamil dengan rutin.

Instruktur senam PRENAFit
Antusias para peserta

Keseruan acara PPEJ 2017 ini bertambah karena saat di sela-sela acara instruktur senam hamil Adianti Reksoprodjo hadir ditengah audience dan mengajak para peserta untuk melakukan senam PRENAFit.

Nah, senam PRENAFit ini ternyata memberikan dampak positif untuk ibu dan janin.

Manfaat senam PRENAFit bagi ibu hamil :

  • Dapat meningkatkan kualitas istirahat bunda. Tidur akan lebih nyenyak dan tenang.
  • Mengontrol berat badan yng berlebihan. Karena dengan senam yang rutin, metabolism tubuh akan selalu berjalan dengan baik.
  • Meningkatkan stamina dan otot
  • Mengurangi resiko diabetetes dan darah tinggi serta janin yang overwirght

Manfaat senam PRENAFit untuk si kecil  adalah mengontrol berat badan janin sehingga tidak overwight. Serta membuat janin lebih tenang karena sirkulasi oksigen dalam rahim tercukupi. Jika janin merasa tenang tentu saja ini akan berdampak positif untuk kecerdasan janin.

Acara semakin seru karena semua peserta dan semua pembicara melakukan Mannequin Challenge.

Gaya saat Mannequin Challenge

Ragam Booth Seputar Kehamilan dan Anak

Untuk melengkapi pengetahuan seputar kehamilan ternyata pihak PRENAGEN menyiapkan booth khusus untuk konsultasi bagi para bunda.

Booth Nutrition

Chef sedang berbagi resep

Di sini chef Eddrian mendemokan bagaimana membuat smoothies yang kaya akan gizi. Uniknya lagi resepnya menggunakan susu PRENAGEN loh bunda.

Booth Birth Corner

Booth Birth Corner

Di booth ini para bunda dan ayah mendapatkan informasi tentang cara merawat bayi. Bunda dapat belajar memandikan bayi, memijat bayi dan di sini juga diajari bagaimana teknik menyusui yang benar.

Booth Birth Expert

Booth ini disediakan untuk bunda yang akan mencicipi PRENAGEN Juice dan susu PRENAGEN. Dan di sini ayah bunda dapat berkonsultasi dengan pihak PRENAGEN secara langsung mengenai kandungan nutrisi dalam susu.

Booth Birth Consultation

Booth Birth Consultation

Terdapat dokter dan tenaga ahli di booth ini yang siap melayani ayah bunda untuk pemeriksaan seperti cek tekanan darah dan konsultasi kesehatan lainnya.

Booth Quesioner susu PRENAGEN

Di sini kita dapat mengii questioner sebagai kritik dan saran terhadap kemajuan PRENAGEN tentunya.

Booth Halo Bumil

Booth Halo Bumil

Memperkenalkan aplikasi Halo Bumil. Di booth ini bunda dapat menginstal dan bertanya jawab seputar aplikasi. Yang menyenangkan, setelah bunda berhasil install aplikasi, PRENAGEN memberikan kotak makan cantik sebagai terika kasih untuk bunda.

Booth Photo

Yang paling rame adalah antrian booth photo. Karena ayah dan bunda bisa mengambil gambar di sini dan tentunya akan menjadi kenang-kenangan sepanjang masa.

Booth Photo

Foto di atas adalah teman saya yang saya ajak untuk datang ke acara PPEJ2017. Dan komentarnya setelah mengikuti serangkaian acara PPEJ2017 beliau sangat senang dan merasakan manfaat dari acara ini.

Acara ditutup dengan Komitmen bersama untuk memberikan nutrisi terbaik kepada anak yaitu dengan cara minum susu hamil.

Komitmen untuk menjaga nutrisi dengan minum susu

Terima kasih PRENAGEN, upayamu dalam membantu para wanita dan ibu hamil. sangatlah mulia. Teruslah menjadi #SahabatTerbaik bagi para kaum wanita. Dan semoga keseruan PPEJ akan dapat membawa manfaat untuk para wanita. Sampai ketemu di PPEJ tahun depan.

Sumber foto : PrenagenWorld & Dokumentasi Pribadi

Baca juga : Mitos dan Fakta Belajar Multilingual Sejak Dini

Big Love

Ike Yuliastuti

 

You may also like

7 Comments

  1. Alhamdulillah kehamilan kedua mbak berjalan lancar yah? Pasti susunya prenagen nih…

    Prenagen sahabat terbaik banget! Semua produknya sesuai untuk kebutuhan wanita…

  2. Aku pernah dikasih yang botolan, dan sukaa rasanya asem seger gitu
    Walaupun lagi nggak hamil atau menyusui aku tetep suka minum produk ini lho, karena itung itung perbaiki nutrisi juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *