6 Cara Asik Dapatkan Backlink dengan Mudah

Hai semuanya, kali ini saya mau shared tentang bagaimana bisa mendapatkan backlink dengan mudah. Eh tapi sebelumnya udah pada tau belum ya apa itu backlink ?

Backlink adalah link yang kembali ke tautan. Seperti artinya bahwa back adalah kembali dan link adalah tautan, maksudnya adalah link yang mengarahkan kembali ke blog atau website kita sendiri. Intinya back link adalah jalinan antara situs satu ke situs lain. Contohnya jika link blog ikeyuliastuti.com ada di blog bloggerperempuan.com dan sebaliknya.

Ilmu yang akan saya shared ini adalah hasil dari workshop Blogging Coaching yang di adakan Blogger Perempuan di Surabaya. Thanks banget ya mba Shinta, mba Almazia dan mba Alaika udah mau mampir ke Surabaya untuk membagi ilmunya kepada kami para anggota Blogger Perempuan di Surabaya.

 

Well, kenapa blog kita harus memiliki banyak backlink ?

Jawabannya simple banget, untuk selalu eksis di search engine, maka sebuah situs harus memiliki banyak link. Ibarat sebuah rumah, backlink adalah pondasinya. Semakin banyak backlink, maka kesempatan menjadi page one di search engine sangat besar. Kata lainnya adlah backlink akan membantu menaikkan SERP (search engine result page).


Untuk para blogger pemburu dollar alias duit, biasanya nilai akan kualitas blog ditentukan oleh DA (Domain Authority). Sedangkan nilai DA sendiri sangat berkaitan erat dengan backlink. So, backlink sangat penting dong buat para blogger.

Lalu, Bagaimana cara mendapatkan backlink dengan mudah ?

1. Backlink dari Situs Authority
Sangat baik jika situs kita mendapatkan backlink dari situs yang berkualitas. Karena situs yang memiliki nilai autirity tinggi akan membawa dampak baik, misal trafiknya. Trafik blog yang memiliki nilai authority besar otomatis juga akan terbagi untuk blog kita. Untuk itu, pilih backlink berkualitas dari situs berkualitas pula.

2. Komentar Name URL
Blog Walking (BW) adalah aktifitas berkunjung ke situs atau blog orang lain dengan meninggalkan komentar. Nah, penting banget untuk diingat kalo komentar sertakan dengan nama dan URL ya. Ini akan membuat backlink juga loh.

3. Dummy Blog
Dummy blog maksudnya adalah membuat blog lebih dari satu untuk backlink ke blog lain. Ini efektif loh, jika ingin mendapat backlink berkualitas. Bisa dengan setiap update blog antar blog saling bertukar link. Bahasa lainnya adalah ternak blog. Tetapi jika ingin berhasil, maka blognya juga harus update semua ya.

4. Backlink dari Blog dengan tema sama
Cara ini biasanya dilakukan di beberapa grup blogger, yaitu bertukar link antar sesame blogger. Misalnya dengan arisan link, dan kolaborasi.

5. Blog generator
Maksudnya adalah satu blog khusus sebagai link generator. Blog ini dibuat untuk wadah dari beberapa link blog lainnya.

6. Giveway
Ini yang paling mudah, dengan mengadakan giveway. Cara ini efektif untuk generator backlink, karena semua peserta yang ikut giveway atau lomba akan mengarahkan linknya ke blog kita.

Nah, mau pilih cara yang mana hayo ? yang gratis tapi lumayan sulit, atau yang berbayar misal giveway tapi pake duit haha. Semua bisa dilakukan tergantung kebutuhan kita.

 

Big Love

Ike Yuliastuti

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *