Konferensi Ayah Bunda Platinum 2017 Surabaya, Siapkan Kecerdasan Multitalenta Si Kecil Sejak Dini

Alhamdulillah kini si kecil Alfan sudah menginjak usia 8 bulan. Bahagia serta bangga rasanya jika melihat setiap perkembangannya. Namun, jujur terkadang saya galau karena bingung bagaimana harus menjadi orang tua terbaik yang bisa mempersiapkan anak agar bisa bersaing di zaman millenia seperti sekarang ini.

Seperti yang kita ketahui, anak sekarang lebih pandai-pandai dari pada zaman dahulu. Karena mempersiapkan dan menciptakan generasi emas itu tidak gampang, akhirnya saya mengikuti acara Konferensi Ayah Bunda Platinum yang diselenggarakan oleh Morinaga di Surabaya, 10 September 2017 lalu.

Orang Tua Cerdas Ciptakan Generasi Berkualitas

DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K) dan Zaky
DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K) dan Zaky

Kegalauan saya akhirnya sirna, saat DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K) mengungkapkan 4 Faktor Pembentuk Anak Generasi Multitalenta. Dokter specialist anak di RSUD Dr. Soetomo yang lebih akrab dipanggil dokter wawan ini menceritakan bagaimana 4 faktor penting tersebut secara gamblang.

Copy of tes

Perkembangan Otak

Faktor pertama dan terpenting dalam pembentukan generasi multitalenta adalah perkembang otak. Otak yang berkembang sehat dan normal akan membuat tumbuh kembang si kecil menjadi optimal. Setiap ayah bunda pasti menginginkan si kecil yang mempunyai kecerdasan optimal. Ayah bunda perlu diingat ya, bahwa setiap anak berkesempatan mempunyai otak yang cerdas. Memang kecerdasan si kecil menurun dari ibunya, namun sebagian besar kecerdasan dibentuk dari nutrisi pola asuh dan lingkungan yang memberikan stimulus terbaik. Nutrisi  untuk otak akan membantu mempercepat sambungan sirkuit otak.

Sistem Ketahanan Tubuh

Faktor kedua untuk pembentukan generasi multitalenta adalah sistem ketahanan tubuh. Sistem ini akan melindungi si kecil dari serangan penyakit. Saat masih dalam kandungan, si kecil terlindungi dari serangan sel-sel asing karena mendapatkan suplay kekebalan tubuh dari bundanya. Namun setelah lahir, si kecil memerlukan sesuatu yang bisa memperkuat antibody. Ayah bunda, ini lah fungsinya si kecil diberikan imunisasi.

Tumbuh Kembang Optimal

Si kecil diharapkan dapat tumbuh dengan normal dan sesuai dengan tahapan usianya. Proses pertumbuhan fisik sangat erat kaitannya dengan perkembangan otak. Tumbuh kembang optimal harus selalu dipantau. Untuk mengetahui cirri tumbuh kembang anak normal, biasanya dilakukan pengukuran fisik antara lain berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala.

Selama ini, saya juga sering was-was terhadap tumbuh kembang anak saya, Namun, dokter tumbuh kembangnya selalu mengatakan, jika nilai pertambahan ukuran berat badan, tinggi badan atau lingkar kepala masih dalam standart normal maka tumbuh kembangnya masih dikatakan normal dan wajar.

Kesehatan Saluran Cerna

Kesehatan saluran cerna mempunyai peran untuk terciptanya generasi multitalenta karena dengan saluran cerna yang sehat maka, akan membawa dampak positif bagi tumbuh kembang jangka panjang. Di dalam struktur saluran cerna si kecil terdapat mikrobiota yang diperlukan untuk proses pencernaan makanan. Saluran cerna anak sering juga disebut sang otak kedua. Karena jika terdapat sedikit saja saluran cerna yang sakit atau tidak sehat, pasti akan langsung berimbas ke tumbuh kembang anak.

Contohnya anak saya yang terkena sariawan, 3 hari kemudian berat badannya langsung berkurang. Inilah sebabnya kenapa saluran cerna itu sangat penting untuk dijaga. Di saluran cerna terdapat Probiotik yang berfungsi membantu proses pencernaan si kecil dan Prebiotik adalah makanan dari bakteri probiotik. Probiotik dan Prebiotik harus dijaga supaya kesehatan saluran cerna juga terjaga.

Lalu bagaimana supaya yang harus dilakukan oleh orang tua untuk menjaga dan mempersiapkan lahirnya generasi multitalenta?. Berikut ini tips untuk orang tua untuk persiapan generasi cerdas sejak dini.

baca juga : Bunda, Lakukan 4 hal ini agar anak terhindar dari Bullying

produk susu

Nutrisi terbaik untuk si kecil

Dalam upaya memberikan yang terbaik untuk si kecil, kini morinaga sebagai produsen susu generasi Platinum menghadirkan formula terbaik dengan MoriCare+ dan Prodiges yang merupakan kombinasi antara zat gizi makro (protein) dan mikro (vitamin & mineral). Ini adalah wujud dukungan Morinaga untuk menciptakan generasi Multitalenta sejak dini. Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare+ Prodiges dan Morinaga Chil School Platinum MoriCare+ Prodiges merupakan susu pertumbuhan si kecil di usia 1-12 tahun. Adapun formula ini khusus diciptakan untuk mendukung tumbuh kembang optimal si kecil saat masa emas yaitu 1-6 tahun.

videotogif_2017.09.17_13.48.49

Si kecil alergi susu ?

Jangan khawatir, karena morinaga menciptakan variant khusus untuk si kecil yang alergi susu yaitu Morinaga Soya dan Morinaga P-HP. Di acara KABP2017 juga terdapat booth Kenali alergi. Karena alergi harus disembuhkan dengan cara pengenalan, dan pencegahan.

Photo Booth
Photo Booth
Booth Kenali Alergi
Booth Kenali Alergi
Booth MIPlayPlan
Booth MIPlayPlan
Booth Play ground
Booth Play ground

Mengenali Kecerdasan si  Kecil

Orang tua mana yang tak inginkan anaknya cerdas. Namun sebelum mencerdaskan anak, sebaiknya orang tua juga perlu mengenali apa saja kecerdasan itu, dan bagaimana langkah untuk mengenali potensi si kecil. Dalam acara KABP 2017 ini Dr. Rose Mini, A.P., M.Psi memaparkan secara jelas apa itu kecerdasan dan bagaimana memberikan stimulasi yang benar.

Dr. Rose Mini, A.P., M.Psi

Arti kecerdasan sendiri adalah keseluruhan kapasitas atau kemampuan untuk belajar memahami lingkungan dan memecahkan masalah. Setiap anak berpotensi menjadi cerdas sejak lahir. Tergantung bagaimana mengasah dan menstimulus kecerdasan itu sendiri.

Si kecil mempunyai peluang besar dalam memiliki potensi kecerdasan majemuk. Menurut Dr. Howard Gardner terdapat 9 jenis kecerdasan yang berpotensi dalam diri manusia.

tes

9 kecerdasan majemuk tersebut penting untuk masa depan si kecil. Namun ada satu jenis kecerdasan yang paling penting dalam hidup manusia yang dapat melengkapi seluruh kecerdasan yang dimilikinya yaitu Moral Intelligence (Kecerdasan moral).

Lalu bagaimana cara mengenali kecerdasan dan potensi si kecil ?

Setelah mengenal semua kecerdasan, kini yang harus dilakukan ayah bunda adalah mengidentifikasi. Bagaimana caranya ? Tenang saja ayah bunda, kini Morinaga menyediakan alat untuk mengidentifikasi kecerdasan majemuk atau multiple Intelligence. Selain untuk mengetahui jenis kecerdasan anak, morinaga juga mempunyai situs MI Play Plan (morinagamiplayplan.com) yang terdapat banyak sekali ide permainan yang membuat si kecil semakin cerdas.

baca juga : Mitos dan Fakta Belajar Multilingual Sejak Dini

Bermain bisa menjadi semakin cerdas

Di masa perkembangannya, jangan kekang si kecil dalam bermain. Karena bermain dan si kecil merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Bermain adalah suatu kegiatan yang disenangi anak tanpa ada keterpaksaan dan merupakan cara belajar paling alami untuk perkembangan anak.

Nah, sudah tau kah ayah bunda, jika bermain dapat menstimulasi anak menjadi semakin cerdas. Bagaimana bermain yang benar ? berikut ini ada jenis permainan yang didasarkan atas tahapan kognitif anak.

bermain

Untuk masa saat ini Alfan masih sangat suka bermain fungsional. Berusaha menitu dan menyukai hal-hal yang sifatnya berulang.

Dalam memilih permainan sebaiknya  orang tua memperhatikan apa yang sesuai dengan karakteristik dan usianya. Kemudian pilih permainan yang berpotensi menggali kecerdasan majemuknya. Setelah permainan selesai, biasakan untuk berdiskusi dengan si kecil.

Bunda Romi juga menuturkan jika ada sekolah untuk orang tua dalam mendidik anak, maka itu harus dilakukan, sayangnya tidak ada sekolah untuk orang tua. Jadi sebagai orang tua harus cerdas, supaya anaknya lebih cerdas.

Saya merasa bersyukur mendapatkan pembelajaran dari acara keren ini. Ilmu yang sangat penting tentang bagaimana mencetak generasi emas. Sebagian ilmu sudah saya shared dan semoga ini bisa bermanfaat untuk semua ayah bunda yang menginginkan si kecil yang cerdas. Jangan lupa untuk shared kepada yang lain ya ayah bunda, karena ilmu akan semakin bermanfaat jika dibagikan.

Info lengkap tentang Morinaga

www.morinagaplatinum.com, Facebook: Morinaga Platinum, Twitter: @MorinagaID, Instagram: @morinagaplatinum, YouTube: Morinaga Platinum

 

Big Love

Ike yuliastuti

You may also like

17 Comments

  1. Setuju. Bermain bisa menstimulus kecerdasan majemuk. Itulah kenapa usia sekolah minimal memasuki usia 7 tahun.

    So, buk, ibuk banggalah jika anak masuk SD setelah usia anak memasuki atau lebih dari 7 tahun. Bukan sebaliknya, ya.

  2. Ada booth alergi juga yaa, pengen deh sharing ttg alergi anak. Soalnya anakku suka minum susu tapi yaaa itu lama2 jadi gatal 😅 mudah2an nanti diadakan di Makassar juga. Terima kasih sharingnya mbaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *