Upaya Menyiapkan Anak Generasi Maju

parenting SGM

Salam parenting untuk semua ayah bunda kece semuanya,

Parenting lagi, lagi dan lagi.  Jangan pernah bosan ya ayah bunda sekalian, kalo bahas masalah dunia parenting. Karena mendidik dan mengasuh anak itu tidak semudah membalikkan telur ceplok yang sudah matang. Apalagi di jaman yang begini maju.

WhatsApp Image 2017-10-01 at 02.29.33
Seminar Parenting SGM Eksplor

Entah kenapa kalo bahas parenting, rasanya ilmu saya masih sangat kurang. Masih harus perlu banyak belajar lagi dan terus belajar. Namun, setiap kali saya belajar parenting baik dari membaca, kuliah WA ataupun ikut seminar parenting sebisa mungkin saya shared agar ilmu ini semakin bermanfaat.

Yups, kali ini saya akan shared beberapa ilmu yang saya kantongi dari acara seminar parenting dari SGM Eksplore sabtu 30 september 2017 di Surabaya.

Hayo siapa yang pengen anaknya pinter ? siapa yang pengen anaknya mandiri ?

Pasti semua orang tua menginginkannya ya. Malah kadang orang tuanya berandai-andai pengen anaknya jadi seperti si ini dan si itu. Namun jangan hanya berandai-andai ya ayah bunda. Sebagai orang tua masa kini kita harus terus berupaya untuk menciptakan anak generasi maju.

susu
Anak Generasi Maju

Anak Generasi Maju adalah anak yang  Supel, Kreatif dan Mandiri

 

Baca juga : Yuk rayakan serunya Ngidam bersama SGM Bunda.

Menurut, Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., mengatakan, “Pada masa awal kehidupan inilah adalah momen penting. Orang tua harus selalu mendampingi si Kecil dengan memberikan nutrisi yang tepat serta melakukan berbagai aktivitas dan menerapkan pola asuh yang tepat. Orang tua harus ingat bahwa untuk menjadikan anak generasi maju, maka ada 3 kondisi yang harus dipenuhi yaitu; Pertama si Kecil harus sehat dan kebutuhan nutrisinya tercukupi dengan baik, agar tumbuh kembangnya bisa berjalan lebih optimal. Kedua, ia perlu mengembangkan keterampilan berpikir dan kreativitasnya. Ketiga, perkembangan emosinya pun diharapkan baik, ia jadi percaya diri dan mandiri.

Dengan demikian, orang tua memegang peranan vital dalam mengembangkan keterampilan sosial si kecil sejak dini melalui keterampilan pola asuh yang tepat agar si Kecil dapat tumbuh menjadi orang yang memiliki rasa percaya diri, kreatif dan mandiri

Bagaimana Seharusnya Upaya Orang Tua Mewujudkan Anak Generasi Maju ?

Jadi orang tua harus SIAP.

Siap disini dimaksudkan adalah siap mental menghadapi anak. Bagaimana jika anak kritis, orang tua harus menjawab seperti apa. Ini juga PR banget bagi saya untuk menyiapkan mental dan batin. Apalagi kalo anak sudah mengenal tantrum dan rewel yang berlarut. Pada dasarnya semuanya bisa diatasi bila orang tua mengetahui apa yang diinginkan anaknya. Namun yang menjadi tantangan adalah terkadang kita tidak selalu mengiyakan apa yang diinginkan anak.

WhatsApp Image 2017-10-01 at 02.29.00
Suasana saat Seminar Parenting SGM Eksplor. Banyak Ibu-ibu yang antusias mengikuti

Ini tentunya akan selalu menjadi dilemma tersendiri. Namun orang tua bisa menyiapkan dirinya yaitu dengan selalu aktif dan terbuka terhadap ilmu dan informasi mengenai parenting dan perkembangan anak. Pola asuh anak yang baik dapat dilakukan jika orang tua mempunyai banyak pengetahuan tentang cara mendidik dan mengasuh anak dengan benar. So, ayah bunda tidak boleh berhenti belajar parenting ya hehehe.

Sejalan dengan itu, ternyata SGM Eksplor mempunyai banyak kegiatan parenting seminar dan video parenting tips, SGM Eksplor juga telah berkeliling ke berbagai daerah bersama Mobil Aku Anak SGM untuk bertemu dan mengedukasi para orang tua Indonesia mengenai nutrisi anak & memberikan stimulasi motorik maupun kognitif bagi si Kecil. “Ini merupakan upaya SGM dalam membantu ayah bunda mewujudkan anak generasi maju.” Ujar Astrid Prasetyo Marketing Manager SGM Eksplor.

baca juga : Bunda Tanggap Alergi, Segera Lakukan 3K untuk Pencegahannya.

Selain itu juga ada materi dan video parenting yang secara berkala di bagikan melalui akun Facebook Aku Anak SGM. Ini dilakukan SGM untuk menjawab kebutuhan orang tua masa kini yang gemar bersosialisasi di dunia maya. Jadi ayah bunda bisa mainan facebook yang bermanfaat ya.

 

You may also like

13 Comments

  1. Betul banget, selalu belajar parenting berguna banget terutama bagi kita yang masih menjadi ayah dan bunda muda, kadang kita sudah pernah pelajari tapi lupa karena emosi ya.. apalagi saat anak mulai memasuki masa tantrum.. terimakasih buat sharing infonya😊

  2. Nah iya tantangannya di situ. Boleh dengan syarat untuk beberapa aktivitas anak. Ini yang perlu didiskusikan dengan pasangan supaya tidak ada standar ganda yang membingungkan anak.

  3. Setuju banget sama ini:

    “Orang tua memegang peranan vital dalam mengembangkan keterampilan sosial si kecil sejak dini melalui keterampilan pola asuh yang tepat agar si Kecil dapat tumbuh menjadi orang yang memiliki rasa percaya diri, kreatif dan mandiri”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *