Pentingnya Simulasi Kebakaran Di Kantor

Hai para pembaca yang budiman. Eh yang baca ini kan banyak orang, bukan pak budiman aja hahaha. Yaudah ganti aja.. hai para pembaca yang baik hati dan tidak sombong. Kalo masih ada yang sombong gak mau baca tulisan ini yaudah deh gak maksa kog hahaha.

Udah ya ngelanturnya, kali ini pembahasan yang akan saya share di sini agak serius nie, yaitu tentang API. Siapa yang gak takut sama api ? Api itu kalo gedhe bisa meluluh lantahkan semuanya. Termasuk kekuatan manusia juga akan hilang kalo kena api.

Yaiyalah, secara kena air panas aja melepuh, apalagi kena api langsung. Bisa gosong kan badan. Nah, sudah tau kan bahayanya Api. Makanya sebagai umat manusia kita juga harus bisa bersahabat dengan api. Cieee bersahabat, artinya jangan kau ermain api jika tak mau kebakaran.

Beberapa hari yang lalu, saat jam kerja tiba-tiba bunyi sirine tanda kebakaran berbunyi. Suara peringatan tanda kebakaran ini berbunyi nyaring sekali. Seketika kaget dan bapak satpam pun memerintahkan semua karyawan untuk segera meninggalkan gedung, karena katanya ada kebakaran di lantai 20. Sementara aku ada di lantai 7.

baca juga : Antisipasi Bahaya Kebakaran di Rumah.

Tanpa berpikir panjang lagi kami serombongan pekerja itu lari menuju tangga evakuasi dan segera keluar gedung. Langkah kaki cepat menuruni tangga dari lantai 7 dengan nafas panjang pendek karna ngos-ngosan. Ketahuan banget kan kalo aku gak pernah olah raga. Pikiranku saat itu ya Cuma menyelamatkan diri secepat mungkin sebelum api menyambar.

Listrik gedung dimatikan dan lift juga tak berfungsi. Berjalan menuruni tangga dikegelapan dan berdesakan dengan ratusan orang itu sesuatu  banget. Namun senang rasanya ketika sudah sampai lantai bawah dan menemukan pintu keluar. Batinku berkata Alhamdulillah selamat dari kebakaran.

Sampai di luar gedung, mataku mencari cari, kenapa gak ada mobil pemadam ya, masa belum datang ? pikirku saat itu. Yang ada hanya 5 tabung pemadam kecil yang bisa ditenteng tangan dan ada 2 tong yang gak begitu tinggi yang entah isinya apa aku gak tau.

Usut punya usut, ternyata tidak ada kebakaran dalam gedung. Ini hanya simulasi kebakaran kata bapak-bapak petugas PMK. Wow..aku kaget, sedikit mangkel juga, udah turun tangga 7lantai pak, dan ternyata Cuma simulasi ? Tapi masih ada untungnya sech, untung kantorku tempat bekerja bukan dilantai 19. Bisa kebakaran beneran otak sama hatiku haha.

baca juga : Sering lupa bawa dompet? Sakuku Solusinya.

Well, simulasi kebakaran memang penting dilakukan kata petugas PMK. Mereka dengan semangat menjelaskan bagaimana cara menghadapi kebakaran, memadamkan apinya, dan mengatasi korban saat ada kebakaran. Ini penting dilakukan sebagai edukasi terhadap semua orang, agar tidak panic ketika ada kebakaran.

Api kecil akan segera padam jika diatasi dengan benar. Sebelum api semakin membesar, maka semua orang bertanggung jawab memadamkan api jika ada kebakaran di dalam kantor atau gedung. Sebelum api menjadi semakin membesar dan membakar semua yang ada.

Simulasi pemadam kebakaran ini menurutku sangat bermanfaat, karena saat simulasi kita diajari bagaimana menggunakan tabung pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Semua harus dilakukan dengan benar, karena jika arahnya salah atau tidak sesuai titik api yang disemprot, api malah akan semakin besar.

Memang sangat penting untuk sedia tabung pemadam kebaaran ini di gedung ataupun di rumah. Ini dilakukan sebagai antisipasi jika ada kebakaran sewaktu-waktu. Ibarat sedia paying sebelum hujan, sedia tabung pemadam sebelum kebakaran. Jangan pusing dan bingung di mana belinya? Tenang saja karena tabung dapat dibeli di link berikut.

Global Fire

 

Ada banyak merk tabung pemadam kebakaran, salah satunya adalah Global Fire. Tabung produksinya sudah berstandart SNI dan harganya juga relative lebih murah. Ini bisa jadi smart choice dong, jika mau pasang tabung pemadam kebakaran di rumah.

Selain itu, cara memadamkan api juga bisa dengan kain tebal yang dikasih air. Paling bagus itu dengan menggunakan karung goni. Jadi kalo punya karung goni tebal sebaiknya disimpan. Barangkali suatu saat bermanfaat untuk memadamkan api.

simulasi pemadaman kebakaran

Capeknya turun tangga terbayarkan dengan segudang informasi dari bapak petugas pemadam kebakaran ini. Alhamdulillah semangat saya masih menggebu untuk tetap menyimak penjelasan mereka. Jadi, jika ada yang mengalami turun tangga dari gedung seperti saya tadi, jangan emosi ya, ini bermanfaat buat kita juga kog ilmunya.

Simulasi kebakaran itu penting, karena sebagai antisipasi agar semua orang siap siaga saat terjadi kebakaran sesungguhnya.

 

baca juga : Kiat menjaga kesehatan untuk kamu yang mempunyai aktivitas tinggi.

postingan ini adalah untuk memenuhi kewajiban arisan thema kebakaran sesuai ide dari mba amel nan cantk jelita. jangan lupa baca juga blog mba amel ya di www.curhatanaksekarang.wordpress.com 

semoga bermanfaat,

Big Love

Ike Yuliastuti

 

7 Comments

  1. Wah.. merinding bacanya, ga kebayang ya turun berdesakan, dan listrik dimatikan.. ada lampu kecil ga mbak untuk liat jalan? *Penasaran 😱
    Penting banget ya simulasi, akhirnya emosi ikut terlibat, semoga kita dijauhkan dari musibah kebakaran.. Memang penting bgt punya senjata pemadam 🔥api..
    Makasi bgt mbak sharing pengalamannya, jd kebayang dredegnya😓

  2. minggu kemarin apartemen cinere bellevue deket bengkel paksu kebakaran, penyebabnya korsleting di hypermarket yg berada di ground dan menyebar kemana2, api baru bisa dipadamin 3 hari kemudian

    minggu ini suasana apartemen dan mallnya masih tutup, ngeri ya klo udah yg namanya kebakaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *