Hari Blogger Nasional : Liku Liku Hobi menjadi Blogger

Minggu 29 Oktober 2017, Waktu menunjuk pukul 22.30 WIB. Hari ini ada deadline tulisan dong, dan aku belum menulis barang se kata pun. Aduh… kemana aja neng,, mungkin itu pertanyaan kalian. Ok fix, ini anak lagi rewel banget gak bisa ditinggal dan baru aja merem. Tanpa pikir panjang aku melompat dari tempat tidur dan langsung mengambil laptop untuk menyelesaikan deadline tulisan tentang Hari Blogger Nasional.

Tulisan curhat ini, semoga bermanfaat untuk semua pembaca ya, harap maklum jika susunan kalimatnya kadang ada yang beranttakan hahaha…

Blogger itu Tantangan Baru

Ya karena ini curhatan dan tulisan suka-suka,maka aku nulisnya juga apa adanya sesuai dengan realita dan kenyataannya.

Blogger, tak pernah terbesit dalam benak pikiranku sebelumnya akan menjadi seorang blogger. Dulu jaman kuliah suka sih bantuin teman buat design web, dan pernah kerja di salah satu software house di bidang IT yang kerjanya juga buat website. Tapi sejak dulu kog gak ada pikiran punya website sendiri trus nulis sendiri. Mungkin kalo udah bikin dari dulu aku udah terkenal dari dulu hahahh (emang artis buk.. minta terkenal).

Muncul keinginan pengen jadi seorang blogger itu tepatnya saat hamil 5 bulan. Saat itu yang ada di otak adalah gimana harus menciptakan kesibukan baru yang tidak begitu menguras tenaga dan pikiran plus bisa buat happy. Lalu terlintas dalam otak, apa aku mulai belajar menulis ya.. selain bermanfaat mungkin bisa jadi refleksi dan rileksasi juga saat hamil. Kemudian ngobrol dengan teman saya Ayu (blogger). Temanku menyarankan agar aku mulai menulis di blog.

Postingan Pertama mengenal dunia Blog

Nah, ternyata dulu aku sudah punya blog, namun tenggelam dan gak pernah nulis. Itu tulisan pertamaku. Saat diberikan saran itu, langsung aja aku membeli domain. Kemudian add teman-teman yang terkenal dalam hal blogging. Setelah itu mulai masuk komunitas Blogger Perempuan.

Di Blogger Perempuan pertama kenal mba Shintaries, tanpa rasa malu saya bertanya-tanya tentang blog. Mulai tertantang saat ada kewajiban cari follower di twitter dan IG untuk blogger yang ingin dapat Job dari Blogger Perempuan.

Lulus di tantangan dari Blogger Perempuan, aku merasa hampa, karena lihat beberapa teman blogger di Surabaya kog sering kumpul, banyak acara juga. Barulah aku gabung dengan Komunitas Emak Blogger.  Saat itu bulan September tepatnya, ada acara yang menurutku keren. Di pengumumannya ada pembicara kak Trinity Traveller Blogger. Karena pengen ketemu kak Trinity ya aku daftar dong, eh gak taunya itu acara asuransi dan gak ada kak Trinitynya.  Sedikit Zonk emang, udah dibela-belain hamil tua ikut event geje. Karena kegejeannya kami sempat membuat acara itu sempat jadi rame di dunia maya.

Tapi keuntungan berlipat saat aku ikut even itu. Karena disitu dipertemukan dengan teman-teman dari komunitas Emak Blogger di Surabaya. Bahagia itu pasti karena alhamdulillah dapat banyak teman baru.

baca juga : Merdeka di Era Digital

Ketika konsistensi sedan g diuji.

Saat hamil tua merasa enjoy dengan dunia blogging, namun cerita jadi lain saat sudah melahirkan. Pasca melahirkan sempat vakum selama 2 bulan gak nulis di blog. Ah… itu masa suram dimana saya harus bisa berdamai dengan keadaan karena babyblues syndrome dan trauma pasca melahirkan.

Kemudian Makmin KEB saat itu membuat tulisan di Grup FB yang intinya kapan terakhir nulis. La kog rasanya itu Jlebbbb banget. Ditulisan itu banyak yang berkomentar kalo ternyata juga banyak blogger yang mempunyai bayi, namun masih bisa update blog. Bagiku itu luar biasa banget. Alhamdulillah dari situ semangat untuk ngeblog ada lagi.

Karena pasca melahirkan aku dipecat dari kantor haha alias kontrak gak diperpanjang, jadi punya lebih banyak waktu untuk ngeblog. Alhamdulillah berkah ngeblog sangat bisa dirasakan. Meski selama bulan Januari sampek Juni tidak bekerja, rejeki dari hasil ngeblog bisa menopang hidup  dan keluarga kami.

Konsistensi ngeblog semakin diuji saat aku mulai menjadi working mom. Ya ampun, working mom itu berat banget loh bagiku. Karena aku harus bekerja dari jam set 9 pagi sampek jam 7 malam. Biasanya sampai rumah sudah jam 8. Pasti manja-manja dulu sama anak dong, sampai dia tidur. Dan jika si kecil tercinta sudah tidur aku baru bisa update blog hahaha. Jadi harap maklum jika tulisan liputan event yang kadang mepet deadline baru diselesaikan. Karena aku mengatur waktu banget untuk kerjaan, blog, dan keluarga.

Untung suami mendukung banget saat aku ngeblog. Supportnya luar biasa untukku. sampai kadang suami harus jaga anak jika aku lagi menyelesaikan deadline tulisan hehe. Terima kasih suamiku, kamu is the best lah.

baca juga : Berlibur Ala Working Mom

Sekarang ini rasanya udah kayag kecanduan blog.  Kalo blognya gak diupdate itu rasanya udah kayag rumah yang gak pernah disapu. Jadi sekarang udah mulai risih kalo lihat postingan tanggal terakhir. Pengennya setiap hari atau minimal seminggu 2 kali diupdate tulisannya.

Udah dulu ya curhatnya hahaha.. semoga konsistensi ku untuk ngeblog selalu terjaga. Dan semangat untuk terus memperbaiki kualitas tulisan selalu ada dalam diri saya. Kata pepatah semakin tinggi pohon anginnya semakin kenceng, jadi saya harus semakin semangat dalam ngeblog biar gak jatuh karna ketiup angin.

Terakhir saya ucapkan Selamat Hari Blog Nasional, untuk semua blogger di muka bumi ini, kalian kereeennnn….

Terus berkarya dan sebarkan tulisan positif. Ibarat kertas, dunia ini tergantung gimana kita menulisinya. Jadi menulislah yang baik untuk dunia dan kehidupan ini.

 

Salam manis dari ibu manis ini.

Ike Yuliastuti

You may also like

12 Comments

  1. Mak memang kudu multitalented dan pinter bagi waktu. Semua emak itu hebat.
    Aku jadi ingat dirimu pas acara yg event itu.tinggal nunggu hari lahiran yo Ke 🙂

  2. Salut. Udah kerja, ngurus anak, suami, rumah masih mau ngeblog. Aku yang di rumah doang aja kadang udah ngerasa capek banget mau ngeblog hihi. Tapi ya itulah kalo udah jadi jiwa, apapun kita usahakan ya Mbak. Semangat terus 🙂

  3. Keep spirit ya, Tante Ike.
    Nanti Alfan main sama Salfa dong.
    Jadi Alfan pelan-pelan bisa paham bahwa mamanya sibuk demi Alfan.

    Saya salut sama kreativitasmu, mbak. Betewe infografisnya sebelah mana? Belum nemu.

  4. Selesai ngebaca. Kulihat semangat untuk menulis di blog muncul di saat yang tepat dalam hidupmu ya mbak.

    So lovely … karna who knows, malah hal tsb bisa jadi stress released.

    Mo dipecat kek, mo baby blues syndrome kek … tetap semangat menulis ya ibu manis ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *