Tips Merawat Tas Kulit

Hai pembaca setia semuanya,

Salam bahagia selalu dari langit Surabaya menyapa semuanya. Sebentar lagi memasuki bulan Desember, itu artinya musim hujan sudah dimulai. Untuk yang sering berpergian dengan kendaraan bermotor jangan lupa sedia jas hujan ya.

Nah, kebetulan banget, kemaren saya kehujanan yang berakibat tas kulit  saya basah semua.  Tas merupakan salah satu fashion item wajib yang juga harus dirawat. Apalagi, jika tas Anda adalah tas kulit yang harganya lumayan. Pasti juga harus merawatnya dengan ekstra effor yang besar pula.

Bingung pastinya kalo tas kulit kesayangan terkena air hujan. Pasti was-was bagaimana jika nanti tas nya rusak dan warnanya jadi memudar. Atau tasnya merk brand ternama yang harganya lumayan mahal, kalo saya pasti sudah kebakaran jenggot. Berikut ini saya mempunyai rekomendasi cara untuk merawat tas kulit milik Anda.

Jika tas anda basah, segera keringkan.

Sebaiknya memang bahan kulit tidak boleh terkena air. Namun apa boleh buat jika tasnya kehujanan. Jadi saran saya jika tas tidak mau kehujanan anda harus membungkusnya dengan jas hujan atau cover bag. Tetapi jika sudah terlanjur juga tidak masalah, Anda bisa segera mengeringkannya dengan cara mengelap searah dengan seratnya dan diangin-anginkan.

baca juga : 5 Tips merawat rambut untuk wanita berhijab

Hindari menjemur tas kulit di bawah terik sinar matahari.

Cara mengeringkannya juga tidak boleh langsung di bawah terik sinar matahari karena kondisi tersebut akan membuat bahan kulit terlalu kering dan mudah mengelupas. Memang agak susah-susah gampang ya, kena air rusak, terlalu kena sinar matahari juga bisa kering dan mengelupas. Jadi kondisi kelembapan tas kulit harus dijaga supaya kualitas kulitnya tetap bagus.

 

Jika tas kulit terkena noda.

Tas yang kotor pasti tidak kita inginkan, namun pasti akan ada saja kotoran yang nempel pada tas kulit kesayangan. Nah, bagaimana cara membersihkannya ? biasanya saya membersihkan tas dengan deterjen yang lembut. Rekomendasi saya, gukanakan deterjen cair, atau dengan deterjen khusus untuk pakaian bayi. Caranya, usapakan deterjen cair ke bagian tas yang kotor dengan menggunakan waslap, lalu tunggu beberapa menit, kemudian usap sisa deterjen dengan sedikit air.

 

Untuk merawat bahan kulit agar warnanya tidak memudar.

Anda dapat menggunakan bahan-bahan dapur seperti jerun nipis, cuka dan minyak zaitun untuk menjaga agar warna tas kulit tidak memudar. Caranya sangat mudah, cukup usapkan air perasan jeruk nipis dengan menggunakan kapas ke seluruh tas kulit. Usapkan tipis dan kemudian keringkan.

Minyak zaitun adalah bahan yang bagus untuk menjaga kelembapan tas kulit supaya tidak pecah-pecah dan tidak mengelupas.  Kadang saya menggunakan body lotion untuk tas kulit saya, karena kandungan body lotion juga dapat melembabkan bahan kulit.

Pada intinya, jangan biarkan tas kulit anda terlihat kering dan pecah-pecah tekstur seratnya.

baca juga : Bingung Jual Barang Pre-loved Dimana ? Carousell Solusinya

 

Bungkus tas kulit saat menyimpan

Tempat penyimpanan yang baik juga akan memberikan dampak pada tas kulit Anda. Simpan di tempat yang tidak basah dan tidak lembab. Lebih baik dan sangat disarankan untuk membungkus tas kulit saat menyimpannya di dalam almari. Bisa dibungkus dengan plastiK atau kain tipis untuk menghindari menempelnya debu pada tas.

 

Nah, itu tadi beberapa tips merawat tas kulit kesayangan Anda, memang merawat bahan kulit itu kadang susah kadang gampang. Jadi perlu ketelatenan ekstra agar tas kulit tidak cepat rusak. Namun, jika tas kulit Anda memang sudah rusak, tidak perlu khawatir karena Anda bisa beli tas kulit disini.

 

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat untuk semuanya.

 

Karena yang bagus itu bukan hanya mahal, tetapi yang sering dirawat.

 

Jadi rawatlah dengan baik tas kulit Anda.

 

Big love

Ike yuliastuti

 

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *