Sambala sambala sambalado, terasa pedas, terasa nikmat.

Para pecinta sambal mana suaranya ?

 

Sambal merupakan item makanan yang wajib ada sebagai pelengkap rasa. Bagi masyarakat Indonesia, sambal itu bagaikan teman setia saat makan. Betapa tidak, segala macam makanan, camilan, bahkan singkong pun akan terasa lezat bila disantap dengan sambal.

 

Nah, lalu bagaimana jika menu makanan Jepang dipadupadankan dengan sambal khas Indonesia ?

Menu baru Hokben HOKA SUKA menjadi jawabannya.

     

Hokben, yang dikenal sebagai salah satu resto penyedia makanan Jepang, kini berinovasi dengan menu barunya. HOKA SUKA yang mempunyai arti “kaya rasa semua suka”. Menurut saya, Hokben sangat berani mendobrak rasa dalam menu ini. Karena keunikan tersendiri yang berani memadukan makanan cita rasa Jepang dengan sambal khas Indonesia. Luar bisa, hasil dari perpaduan rasa ini memang sungguh istimewa.

Tingginya minat masyarakat akan makanan pedas dan sambal, merupakan alasan terbesar Hokben untuk menghadirkan menu HOKA SUKA ini. Selain sambal, ada beberapa keunikan dari menu ini, yaitu adanya acar kuning dan kering kentang. Di menu ini Hokben sukses membawa nuansa Indonesia dalam balutan rasa masakan Jepang.

Sejalan dengan hal itu, bapak Yudi Sarwoko (manager Hokben cabang polisi istimewa Surabaya) dalam acara Kumpul Bareng Komunitas Blogger, Kamis 1 Maret 2018 juga mengungkapkan bahwa, ” diharapkan menu ini akan menjadi menu favorit bagi masyarakat karena sesuai dengan cita rasa Indonesia”.

HOKA SUKA yang dapat dinikmati masyarakat sejak tanggal 12 Februari 2018 diseluruh store Hokben di Jawa-Bali dengan harga mulai Rp. 49.000,-  sampai dengan Rp. 58.000,- (sudah termasuk pajak). Lalu apa saja isi dari HOKA SUKA ?

Menu dengan tampilan mirip sate ini sebenarnya adalah 3 tusuk Yakitori Grilled yang disajikan dengan nasi, kering kentang yang gurih dan acar kuning yang segar. Yakitori Grilled adalah daging dada ayam filled yang di grilled dengan bumbu manis. Semakin lengkap dengan pilihan sambal khas Indonesia

 baca juga : Tokyo Bowl, 5 Menu Hokben yang Bisa Bikin Kamu Ke Tokyo Tower

 

Menu HOKA SUKA 2 ini terdiri dari Ebi furai, yang disajikan dengan nasi, kering kentang dan acar kuning. Ebi furai ini adalah ebi/udang besar yang dibalut dengan tepung dan digoreng. Rasa gurih ebi semakin membuat menu ini cocok untuk para penggemar seafood. Di dalam paket HOKA SUKA 2 ini ada 4 ebi furai yang ukurannya besar. Tidak ketinggalan pula nikmatnya sambal khas Indonesia semakin membuat rasa ebi furai semakin mantab.

Terdiri dari Chicken Katsu yang berukuran besar dengan nasi, kering kentang dan acar kuning. Menu ini cocok untuk penggemar daging dada ayam.  Paduan sambal khas Indonesia semakin membuat chicken katsu semakin mantab.

 Adapun pilihan sambal Indonesia, terdiri dari sambal khas Bali yaitu Sambal Matah, sambal khas Jawa yaitu Sambal Bawang, dan Sambal Hijau yang merupakan sambal khas khas Padang. Selain dalam Paket Hoka Suka, Pelanggan pun dapat menikmati sambal Indonesia, seharga Rp.5.000,- / porsi ini secara terpisah dan memadukannya dengan menu HokBen favoritnya, tanpa harus disertai menu Hoka Suka. Jadi bisa banget nih, kalo cuma ingin beli sambalnya saja.

baca juga : Instan Bergizi, Ragam Kelebihan Memasak dengan Sasa Santan Kelapa

Penilaian saya

Beruntung sekali saya bisa menikmati salah satu varian menu baru hokben ini. Saya memilih menu HOKA SUKA 1 karena saya penasaran dengan daging yang hampir mirip dengan sate. Pandangan pertama saya sudah tertarik dengan satenya, jadi makin penasaran ternyata ada pilihan 3 varian sambalnya.

Saya mencoba paket HOKA SUKA 1 ini dengan menggunakan sambal matah. Wow… rasanya pecah dimulut saya. Sambalnya yang strong dengan aroma bawang merahnya cocok banget dengan sate atau Yakitori yang rasanya dominan manis. Jadilah rasa yang pas dan sedap.

Percobaan ke dua dan selanjutnya saya mencoba semua varian sambalnya. Ketika sambal ijo dengan sate, menurutku itu kurang cocok. Dan sambal bawang juga nikmat dipadukan dengan Yakitori.

Porsi  : Menu HOKA SUKA ini adalah menu dengan porsi yang cukup banyak dan nampol. Paket yang sesuai dengan harganya. Porsi nasi cukup banyak dengan Kering kentang yang lumayan banyak juga. Namun untuk porsi sambalnya kurang menurut saya. 

Kemasan PenyajianPenyajian menu HOKA SUKA dengan kotak makan standart Hokben cukup menarik. apalagi dengan hadirnya nuansa acar kuning dan kering kentang menjadikan menu semakin komplit baik secara rasa dan gizinya. namun sayangnya kemasan sambalnya yang di dalam plastik biasa harus diperbaiki supaya lebih menarik.

Over all saya suka dengan varian menu baru ini. penilaian totalnya adalah bintang 4 (skala 1-5)

 

Saran untuk Hokben :

Untuk yang memiliki level pedas yang tinggi seperti saya, sambalnya hokben ini tergolong masih tidak pedas menurut saya. Jadi saran untuk hokben, sebaiknya sambal dibuat level pedasnya beragam. Sehingga masyarakat bisa memilih level pedasnya sesuai dengan keinginan mereka.

Kemasan sambal akan lebih menarik jika diberikan keterangan tulisan level pedasnya atau gambar agar masyarakat dapat mengetahui jenis sambal apa yang mereka beli. karena di kemasan yang sekarang terlalu biasa dan kebanyakan masyarakat susah untuk membedakan sambal bawang dan sambal matah.

 

Oh iya, sebenarnya di Hokben terdapat minuman baru juga, yaitu kopi. Baik kopi hitam, capucinno atau latte. Namun saya tidak mencoba mencicipi rasa kopinya, karena saya menghindari minum kopi. Jadi saya tidak dapat memberikan penilaian. Untuk kopi bisa dinikmati dalam keadaan hangat ataupun dingin.

Apakah kalian sudah penasaran dengan  varian rasa baru dari menu HOKA SUKA ? Yuk segera rasakan nikmatnya paduan menu Jepang rasa Indonesia.