Kemana perginya para perwira

Apa yang terlintas setelah membaca judul tersebut ?

 ya, itu adalah sebuah judul buka kumpulan cerpen.

Cerpen tentang pahlawan ?

Cerpen tentang kumpulan cerita yang akan membakar semangat dan membangkitkan kembali gejolak suasana menjelang kemerdekaan. Nuansa yang dihadirkan ini berbeda dengan cerpen kebanyakan. Uniknya cerpen ini adalah menggunakan suasana dan latar menjelang kemerdekaan yang sangat erat dengan aroma semangat nasionalisme dan pertempuran Surabaya di tahun 1945.

Kumpulan karya cerpen ini dtulis olh komunitas oode Brug Soerabaia. Komunitas penggiat sejarah di Kota Pahlawan ini berdiri sejak 2010. Kegiatan komunitas diantaranya membuat reka ulang dan selalu terlibat di parade juang saat peringatan pertempuran Surabaya yang biasa di gelar di bulan November.

Karya cerpen ini juga merupakan salah satu karya bernafaskan perjuangan dan nasionalisme yang dikemas apik dalam bentuk cerita pendek dengan bahasa keseharian masyarakat Surabaya.

Baca juga : Hari Blogger Nasional : Liku Liku Hobi menjadi Blogger

Nilai Plus

Bahasa : menurut saya bahasa yang digunakan di cerpen ini sangat unik. Banyak memadukan bahasa asli surabaya yang sedikit medok dan bahasa jawa. Namun karena sudah terbiasa dengan bahasa Surabaya, saya tidak bingung untuk memahaminya justru semakin suka dengan cerpen ini karena ceritanya jadi semakin menarik dan makin terasa feelnya.

Alur cerita : alur cerita yang memilih kembali ke jaman perjuangan ini membuat menarik cerpen. Di satu sisi, kita tak pernah mengalami suasana dan latar sesuai cerpen. Jadi pembaca dituntut untuk berimajinasi dan mengeksplore khayalan sesuai ilustrasi dan deskripsi cerpen.

Isi cerita : isi cerita ringan dan mudah dimengerti. Gampang dinikmati oleh remaja dan dewasa. Mayoritas cerita membuat adrenalin naik dengan ilustrasi teriakan, tembakan, dan suasana mencekam saat perang.

Perlu dikembangkan

Akan lebih menarik jika cerpen ini ditambah dengan ilustrasi gambar  yang sesuai dengan cerita. Karena gambar visual kejadian akan semakin membuat imajinasi pembaca lebih mudah sampai pada feel dan suasana yang digambarkan penulis.

Over all cerpen ini menarik untuk dibaca, untuk penggemar sejarah pasti suka. Karena saya saja yang bukan penggemar sejarah merasa menikmati sekali saat membaca cerpen ini. Pilihan kata yang digunakan membuat pembaca ingin terus membaca sampai akhir cerita. Meskipun ini cerita pendek, namun tiap karya dari masing-masing penilis mempunyai maksud dan pesan tersendiri untuk pembacanya.

Good job untuk semua penulis yang telah berkontribusi dalam cerpen “Kemana perginya para perwira”. Spesial thanks untuk mba @ayutanimoto yang biasanya menulis di www.ayutanimoto.com cerpennya bikin seneng mba, thanks buat kesempatan membaca karyamu. Semoga akan banyak karya yang muncul lagi.

baca juga : Keinginan di usia 40 tahun

untuk teman pembaca yang suka mereview buku atau pun punya rekomendasi buku yang harus dan wajib dibaca silakan komentar ya, nanti sebisa mungkin saya membacanya dan juga buat reviewnya.

 

salam hangat,

Ike yulia