Alternatif liburan hemat selain backpacking adalah dengan mengikuti open trip. Belakangan, perjalanan dengan cara open trip menjadi favorit para traveller yang ingin jalan-jalan ke tempat seru, tapi biayanya cukup mahal kalau dilakukan sendirian atau dengan grup kecil.

Meski dengan harga tiket pesawat murah sekalipun, perjalanan ke tempat-tempat tertentu kadang masih terasa mahal kalau sendirian. Karena itulah ikut metode Open Trip menjadi solusi terbaik agar tetap bisa menuju destinasi impian, tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

Kamu pernah ikut Open Trip? Kalau belum pernah dan penasaran dengan metode perjalanan yang satu ini, yuk simak bareng-bareng di sini…

Sebenarnya apa sih Open Trip?

Open trip jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia memiliki arti sebagai perjalanan terbuka. Dalam kata lain, ini adalah perjalanan terbuka untuk siapa saja yang ditawarkan oleh travel agen, yang mana pesertanya tidak harus saling mengenal satu sama lain untuk menikmati liburan di salah satu tempat wisata populer.

Selama perjalanan, peserta akan dibagi dalam beberapa grup. Semua biaya dan jadwal acara mulai berangkat sampai pulang sudah ditentukan oleh pihak travel, jadi kamu tinggal mengikuti arahan dari tour guide yang memandu selama perjalanan.

Sedikit cerita pengalaman open trip yang pernah saya lakukan. Jadi dahulu kala sewaktu masih single saya gemar ikut travelling dengan metode open trip ini. Ya maklum lah, namanya juga masih jomblo jadi dari pada gak bisa jalan-jalan hanya karna nunggu pasangan, mendingan ikut open trip. Siapa tau ketemu mas jodoh hahaha.

Saya melakukan perjalanan ke Banyuwangi saat itu, sekitar tahun 2013 (udah lama banget ya). Yang membuat saya tertarik ikut open trip itu, semua udah terkoordinir, dan tempat wisata yang menjadi tujuan biasanya banyak. Jadi lebih hemat. Dulu aja aku ke beberapa pantai di Banyuwangi diantaranya Teluk Hijau, Pulau Merah, Pulau Tabuhan, dan yang paling bagus tentunya Pulau Menjangan. Kenangan dari open trip yaitu teman-teman baru yang dulu ikut gabung, alhamdulillah masih akrab sampai sekarang. Dan sepertinya kita akan adain open trip lagi tentunya bersama keluarga masing-masing.

Bagaimana sistem Open Trip?

contoh open trip
contoh open trip (sumber:tigadewaadventure.blogspot.co.id)

Biasanya, pihak travel sudah memiliki jadwal perjalanan untuk rute tertentu, dengan minimal peserta sejumlah orang. Semua keperluan dalam open trip ini sudah disediakan oleh pihak travel. Mulai transportasi pulang – pergi ke titik penjemputan, biaya tiket masuk, makan, penginapan dan berbagai biaya lainnya. Yang tidak masuk dalam paketan open trip biasanya oleh-oleh dan tambahan fasilitas selain yang sudah diberikan oleh pihak travel.

Bagaimana cara ikut Open Trip?

Mudah saja. Kamu tinggal pilih agen yang terpercaya, daftar dan dapatkan tempat untuk perjalanan impian. Belakangan, penyedia jasa open trip membuka pendaftaran secara online. Kamu bisa mengaksesnya dengan ponsel atau komputer, lakukan pembayaran dan siap berangkat.

Baca juga : Sedikit Cerita dari Negeri Tetangga Singapura

Lebih murah daripada berangkat sendirian

Open trip adalah solusi mudah dan murah buat kamu yang tak punya partner perjalanan, atau sangat awam dengan destinasi wisata impian. Dengan paket yang ditawarkan oleh pihak agen travel, kamu tinggal memilih mana yang paling sesuai dengan budget dan siap berangkat.

Jadi punya banyak teman baru

manfaat open trip (sumber:StokSnap (pixabay.com))
manfaat open trip (sumber:StokSnap (pixabay.com))

Ikut open trip artinya kamu bakal bertemu dengan teman-teman baru yang akan bersamamu selama periode liburan. Kenalan baru ini bisa menambah lingkaran pertemanan, wawasan dan bisa juga membuka pintu dapat jodoh. Banyak loh traveler yang dapat jodoh gara-gara ikut Open trip.

Beberapa hal ini yang perlu kamu garis bawahi

Yang perlu kamu ketahui adalah sistem open trip ini memberikan harga paket mulai dari titik penjemputan. Artinya, tiket pesawat murah yang kamu beli nggak termasuk dalam biaya yang dibayarkan ke pihak agen travel. Demikian pula dengan biaya lain seperti transportasi dari bandara ke tempat titik penjemputan, serta biaya makan di luar daftar yang sudah ditentukan oleh pihak agen travel.

Jadwal yang ditentukan oleh pihak agen travel adalah fix. Sehingga kamu yang harus menyesuaikan jadwal penerbangan kamu menuju kota tujuan agar tidak ditinggalkan oleh rombongan. Agar mendapatkan jadwal yang pas, pesanlah tiket pesawat murah sejak jauh-jauh hari. Selain fleksibel soal waktu, pesan dari jauh hari juga memperbesar kemungkinan dapat diskon tambahan.

Nah, sekarang sudah mengerti kan tentang Open trip? Tertarik mencoba? yang udah pernah open trip jangan sungkan untuk bagi cerita di komentar ya.