So-good hadirkan sajian penuh gizi untuk keluarga

Jam menunjuk pada pukul 12.00 wib. Tiba-tiba salah satu teman kerja bertanya mau makan siang apa mba ? dengan santai saya menjawab, “seperti biasa saya mbontot (bawa bekal)”. Mbak Ike setiap hari bawa bekal ya ? dia menambahi pertanyaan lagi.  Iya, saya bawa bekal setiap hari. Karena saya adalah ibu menyusui dan sepertinya makanan di warung sana kurang pas untuk saya.  Selain menunya yang monoton, saya menghindari makan di luar rumah karena lebih hemat dan kualitas makanannya lebih terjaga jika masak sendiri, dan yang pasti nilai komposisi gizinya seimbang.

Apa itu gizi seimbang ?

Gizi seimbang[1] adalah susunan makanan sehari–hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan (BB) ideal.

gizi seimbang

Gampangnya mikir, gizi seimbang itu menu makanan yang lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh dengan jumlah komposisi yang pas sesuai kebutuhan aktivitas tubuh. Jadi tiap orang kebutuhan gizinya berbeda-beda pastinya. Tidak hanya untuk orang dewasa, nilai gizi seimbang ini juga penting untuk anak-anak. Khususnya anak dalam masa pertumbuhan, karena jika anak kurang gizi akan mengganggu tumbuh kembangnya dan akan berakibat stunting.

Bekal sehat untuk ibu menyusui

Semenjak kelahiran si Alfan, saya terus semangat memberikan ASI eksklusif. Banyak cara yang saya lakukan  untuk membuat kualitas ASI saya terus membaik. Kini Alfan berusia 14 bulan dan alhamdulillah ASI masih berkualitas. Meskipun saya bekerja, kualitas ASI masih terjaga karena saya selalu memenuhi gizi dalam setiap makanan saya.

Seperti sekarang ini, menu yang saya bawa kekantor ya seperti gambar di bawah ini.

menu sehat ibu menyusui
menu sehat ibu menyusui

Menu gizi seimbang saya biasanya dengan sayuran, buah, karbohidrat, dan protein yang sesuai. 4 sehat 5 sempurna kalo kata ibu guru saat SD dulu kala. Untuk porsinya usahakan seimbang dengan komposisi  15% protein, 15% buah, 35 % sayur, serta 35% panganan sumber karbohidrat.

Ibu menyusui seperti saya ini memerlukan banyak gizi agar ASI juga berkualitas. Karena saya menganggap makanan adalah booser ASI saya, maka saya berusaha optimal untuk selalu menyajikan menu piring gizi seimbang dalam setiap makanan saya.

Menu gizi seimbang saya hari ini adalah nasi, buah jeruk, so good chicken karage, oseng bunga pepaya, dan Oseng pare pelangi.

Resep Oseng Pare Pelangi :

Bahan :

  • 1 buah pare
  • 2 buah wortel
  • 4 buah jagung muda (janten)
  • Bakso so-good
  • Teri sesuai selera

Bumbu :

  • 3 siung Bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 buah cabe merah
  • Cabe rawit sesuai selera
  • 1 terasi udang

Cara memasak :

  1. Haluskan semua bumbu
  2. Tumis bumbu hingga matang
  3. Masukan pare yang telah diremas dengan garam sebelumnya hingga layu supaya tidak pahit.
  4. Masukan wortel dan jagung muda tumis hingga matang
  5. Tambahkan bakso so good dan sedikit air.
  6. Tambahkan gula dan garam sesuai selera. Koreksi rasa lalu sajikan.

Kenapa saya memasak ini ? karena menu ini selain sehat juga dapat menjadi booster ASI yang bagus untuk ibu menyusui. Lalu bagaimana dengan oseng bunga pepaya ? intinya cara memasak dan bumbu hampir sama. Manfaatnya juga banyak salah satunya sebagai booster ASI dan tentunya bunga pepaya ini menyehatkan.

baca juga : HOKA SUKA, Menu Jepang Rasa Indonesia

Menu makan sehat untuk Alfan

Seperti yag sering dijelaskan dalam seminar parenting bahwa gizi saat 1000HPK untuk anak itu sangat penting. Saya berusaha untuk selalu menjaga asupan gizi Alfan. Melalui kualitas ASI dan MPASI nya.

Karena Alfan saat ini sudah bisa mengkonsumsi makanan selayaknya orang dewasa, saya mencoba berbagai menu olahan baru yang hampir sama seperti orang dewasa, pastinya tidak pedas dan tidak berasa terlalu strong.

Seperti halnya hari ini saya membuatkan menu sop warna warni. Kenapanamanya sup warna warni ? karena seperti tampilannya supnya penuh warna.

sop warna-warni
sop warna-warni

SOP Warna – warni :

Bahan :

  • Bakso so good
  • 1 buah wortel
  • 3 buah buncis
  • 1 buah kentang
  • 3 salmon spring roll
  • 1 buah tomat
  • Daun bawang
  • Seledri

Bumbu : 2 siung bawang putih

Cara memasak :

  1. Iris bawang putih kemudian rebus dengan air secukupnya untuk memasak sop
  2. Masukan wortel, buncis, kentang, dan bakso so good rebus hingga matang
  3. Tambahkan gula garam sesuai selera. Karena ini menu untuk si kecil Alfan maka saya hanya memakai sedikit sekali gula dan garam,
  4. Setelah matang tambahkan daun bawang, seledri, tomat dan salmon spring roll
  5. Koreksi rasa dan sajikan

Pastinya banyak ibu-ibu yang mulai bingung untuk memberikan menu makanan sehat untuk anaknya. Saya juga pernah mengalami hal yang sama, namun kini teratasi dengan so good. Karena dengan banyaknya varian so good seperti nuget, chicken karage, so good ayam potong, semua bisa di olah untuk lauk si kecil. Makin banyak varian menu piring gizi seimbang untuk si kecil.

baca juga : Pempek Farina Tempat Makan Hits di Surabaya

Menu makan enak untuk suami

Banyak orang bilang cinta bertahan karena perut. Ibarat kata jika bisa memanjakan perut suami makan akan semakin dicintai. Sebenarnya memasak untuk keluarga itu adlaah kewajiban seorang istri, namun terkadang lelah bekerja membuat tak ada waktu dan tidak sempat memasak untuk suami.

Semenjak saya menganal so-good malas masak sudah tidak ada dalam kamus saya. Setiap pagi sebelum berangkat ke kantor saya selalu menyempatkan untk memasak menu-menu kesukaan suami. Karena so good merupakan solusi untuk memasak cepat dan enak. Produk ini rekomended banget untuk working mom seperti saya.

Berikut ini menu kesukaan suami yaitu chicken karage sauce barbeque

chicken karage sauce barbeque
chicken karage sauce barbeque

 Bahan : so good chicken karage

Jagung muda (ini tambahan sesuai selera)

Bumbu :

  • 2 siung bawang putih,
  • 3 buah cabe rawit (sesuai selera pedas)
  • Sauce barbeque

Cara memasak :

  1. Goreng so good chicken karage lalu tiriskan
  2. Iris tipis bawang putih lalu tumis hingga setengah matang
  3. Tambahkan cabe yang telah diiris tipis, kemudian tumis hingga matang
  4. Tambahkan jagung muda lalu tumis hingga matang
  5. Masukan 5 sendok sauce barbeque (sesuai selera) lalu tambahkan pula sedikit air.
  6. Tunggu hingga mendidih dan agak mengental, jangan lupa tambahkan gula garam sesuai selera.
  7. Masukan so good chicken karage yang telah digoreng, koreksi rasa dan hidangan siap disajikan.

 

Menunya simple kan, bisa dimasak dengan cepat dan pastinya lezat. Banyak sekali mnu yang bisa di kreasikan dengan so good ini. Saya terus mengeksplore resep dan menu baru untuk oahan so good, jadi kini memasak menjadi lebih menyenangkan.

So good bisa banget jadi teman di dapur saya, yang siap diandalkan. Nah, bagaimana dengan menu  gizi seimbang di keluarga Anda ? jangan lupa share dan komentar ya, jika ada tambahan resep baru yang bisa dicoba.

 

Disclaimer :  Artikel ini akan diikutsertakan di dalam Lomba Blog Kreasi Menu Gizi Piring Seimbang So Good.