Jerawat, datang secara tiba-tiba dan tidak diharapkan. Tidak hanya untuk wanita, jerawat juga bisa mampir pada pria. Nah pasti suka sebel jika kulit wajah sering berjerawat. Karena jika salah penanganan bisa semakin parah dan membuat flek hitam. Kadang jerawat bisa bolak balik datang karena beberapa faktor antara lain pengaruh hormon dan kondisi kulit.

Kali ini saya akan shared 8 Bahan Alami untuk Mengatasi Jerawat. dan bekas noda hitamnya. Bahan yang bisa digunakan ini sangat mudah dicari dan biasanya sering terdapat di dapur sebagai bahan memasak.

  1. Soda kue

Soda kue atau sering disebut baking soda, selain sebagai bahan pembuat kue ini, ternyata soda kue juga dapat digunakan sebagai penghilang jerawat. Soda kue bermanfaat sebagai penyeimbang ph kulit dan sebagai antiseptik untuk menyembuhkan jerawat membandel.

Soda kue saja mampu membersihkan kerak panci yang membandel, jadi tak heran jika dapat membersihkan jerawat membandel juga. Eh tapi ramuan untuk wajah beda ya dengan kerak panci hihi.

Untuk membuat masker dari soda kue bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Campurkan 2sdm soda kue dengan air hingga mengental.
  2. Sebelum mengaplikasikan masker soda kue, sangat disarankan untuk mencuci muka hingga bersih
  3. Aplikasikan masker kurang lebih 10-15 menit secara merata keseluruh wajah
  4. Bilas menggunakan air hangat.

Efek setelah memakai masker ini kulit wajah akan cenderung lebih kering, jadi harus diimbangi dengan penggunaan pelembab. Masker ini bisa dilakukan 2x seminggu.

  1. Lemon

Siapa yang tidak mengenal lemon. Buah dengan segudang manfaat ini selain baik untuk tubuh juga dipastikan baik untuk menjaga kulit wajah. Tak heran juga jika banyak bahan kosmetik menggunakan ekstrak buah lemon. Ternyata lemon mempunyai kandungan asam askobrat-L yang mampu mengatasi peradangan pada kulit dan mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Lemon juga ampuh untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

Cara membuat masker lemon sangat mudah hanya dengan memeras lemon kemudian mengoleskan pada semua permukaan wajah. Jika sudah 10-15 menit bilang dengan air hangat. Untuk membuat kulit lebih lembab bisa juga ditambahkan madu dalam maskernya. Efek setelah memakai masker ini, kulit menjadi lebih keset dan kenyal. Masker ini bisa dipakai setiap hari.

  1. Mentimun

Buah favorit penderita darah tinggi ini juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat. Mentimun mengandung air yang tinggi serta vitamin A,B, dan C. Terdapat pula mineral yaitu magnesium, kalium, mangan dan silika.mentimun dapat sebagai pendingin dan pembersih wajah.

Cara pengaplikasian masker mentimun ini ada 2 cara. Pertama bisa dilakukan dengan mengiris tipis-tipis mentimun kemudian langsung ditempelkan pada wajah. Cara kedua adalah menghaluskan mentimun. Seperti membuat jus kemudia digunakan untuk masker. Tunggu 10-15 menit kemudian bilas air hangat. Efek setelah memakai masker mentimun ini adalah dingin dikulit dan lebih segar. Masker ini bisa digunakan setiap hari.

  1. Alpukat

Buah alpukat adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin E yang baik untuk kuit. Tak heran jika alpukat menjadi salah satu pilihan untuk bahan kosmetik dan perawatan wajah. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Ambil setengah bagian alpukat, tumbuk hingga halus, tambahkan 1 sdm madu. Aplikasikan pada wajah yang telah bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Setelah menggunakan masker ini wajah akan terasa lembab dan kenyal.

  1. Bawang putih

Ini yang sangat sering saya lakukan jika jerawat mulai timbul. Langsung lari kedapur untuk mengambil bawang putih. Selain sebagai bumbu masakan ternyata kandungan yang terdapat di bawang putih bisa sebagai antiseptik dan anti oksidan untuk menghilangkan jerawat membandel.

Menggunakan masker bawang putih ini bisa dengan 2 cara seperti mentimun. Bisa diiris tipis kemudian ditempel pada bagian yang berjerawat. Selain itu dapat di haluskan dan titambahkan air lalu digunakan secara merata ke seluruh wajah. Setelah 15 menit bilas dengan air hangat.

Saya biasanya melakukan cara yang pertama karena bawang putih jika dihaluskan baunya bisa lebih menyengat.

  1. Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya sepertinya kini sedang ramai. Kandungan senyawa aktif polifenol dapat digunakan sebagai anti bakteri. Tak heran jika kosmetik dan bahan skin care dengan ekstrak aloe vera sangat menjadi favorit.

Lidah buaya asli memiliki lebih banyak manfaat pastinya. Cara pengaplikasian masker lidah buaya ini juga sangat mudah. Iris lidah buaya hingga dagingnya. Haluskan hingga membentuk gel, kemudian oleskan pada seluruh permukaan wajah. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas air hangat. Jika dilakukan secara rutin masker ini dapat menghilangkan noda bekas jerawat juga.

  1. Putih telur

Putih telur mengandung enzim lysozim yang dapat menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat dan juga mengecilkan pori-pori kulit serta mengurangi minya berlebih yang merupakan penyebab jerawat. Meskipun baunya amis, tetapi khasiat putih telur ini membuat saya mampu menahan baunya. Jika mau membuat masker putih telur, sangat disarankan untuk menambahkan jeruk nipis atau lemon supaya bau amisnya hilang.

aranya adalah dengan ambil sebutir telur lalu pisahkan kuning dan putihnya. Kocok putih telur hingga mengembang lalu campurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

  1. Cuka apel

Apel merupakan buah lezat yang kaya akan vitamin, mineral dan tinggi serat. Oleh karenanya apel dijadikan bahan dasa cuka. Cuka apel memiliki kandungan asam asetat sebagai anti mikroba. Cuka apel ini bisa diunakan sebagai toner untuk menjegah datangnya jerawat. Cara menggunakannya sangat mudah. Campur beberapa tetes cuka apel dengan sedikit air. Kemudian oleskan pada wajah dengan kapas. Setelah 15 menit bilas dengan air hangat.

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, dapat mengunakan cuka apel ini setiap malam menjelang tidur. Efek setelah memakai masker ini adalah sedikit perih untuk bagian yang berjerawat.

 

8 jenis bahan alami di atas pastinya sangat mudah ditemui. Sehingga menghilangkan jerawat dan nodanya tidak melulu hanya dengan bahan kosmetik kimia. Bahan alami ternyata juga ampuh mengatasi jerawat apalagi jika dilakukan secara rutin.

Pada intinya kesabaran, ketelatenan untuk merawat kulit wajah adalah intinya.

Selain bahan alami di atas, membersihkan wajah secara teratur adalah kunci supaya jerawat tidak bolak-balik berkunjung pada wajah Anda. Jadi jika mau cantik harus rajin membersihkan wajah ya gaes.

 

Sekian shared saya, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Keep clean keep beauty.