Tips Menjaga Tas Rajut

Tips Menjaga Tas Rajut

Bagi wanita pada khususnya, tas merupakan salah satu aksesoris bawaan yang dapat menunjang bagusnya penampilan. Dan di antara banyak model atau jenis tas yang ada, tas rajut merupakan salah satu pilihan yang sangat fashionable sekarang ini.

Sayangnya, ada beragam ‘penyakit’ bawaan yang dapat menimpa tas rajut Anda jika Anda dengan sembarangan dalam pemakaian sampai dengan pencuciannya, salah satunya adalah dapat dengan mudanya tas rajut tersebut menjadi melar atau berubah bentuk dari bentuknya semula.

Oleh karenanya, dibutuhkan pemahaman dan hal-hal khusus yang berfungsi untuk menjaga ukuran, model dan elastisitas tas rajut tersebut tetap terjaga. Berikut tips-tips cantiknya.

Jangan memberikan beban terlalu berat

Dikarenakan material tas rajut rata-rata dari benang wool yang mana memiliki elastisitas yang dapat berubah-ubah, maka disarankan untuk tidak terlalu membawa banyak barang ke dalam tas agar beban yang diterima tidak terlalu besar.

Jika Anda memaksakan untuk membawa banyak barang atau memposisikan tas rajut Anda tersebut seperti tas-tas pada umumnya yang mampu menampung beban besar, maka dapat dipastikan ada beberapa bagian akan menjadi melar dan tidak dapat kembali lagi seperti sediakala.

Memberikan tambahan kain pada tas rajut

Memang agak sedikit ribet dalam melakukannya dan juga membuat penampilan dalam tas rajut tersebut menjadi aneh, namun setidaknya dengan memberikan tambahan kain di dalam tas, maka hal tersebut dapat menjadi penahan bentuk asli dari tas rajut ketika harus menerima beban yang cukup berat.

Disarankan ketika menambahkan kain tambahan di bagian dalamnya, usahakan ukurannya benar-benar presisi seperti model aslinya. Akan menjadi aneh jika ada kain yang terlalu menonjol karena kelebihan kain atau juga bagian yang tidak tertutup karena kekurangan kain.

Ditambah lagi, disarankan untuk menjahitnya dengan pola menyilang bukan garis lurus. Pola jahit menyilang ini memiliki tingkat kekuatan lebih dibandingkan menjahit dengan pola lurus atau garis-garis seperti pada umumnya.

Cuci dan jemur dengan cara yang tepat

Seperti yang dijelaskan di atas, dikarenakan material wool tersebut memiliki elastisitas yang dapat berubah-ubah tergantung dari pemakaiannya, maka ada baiknya bagi Anda yang memiliki tas rajut dan ingin membersihkan sendiri untuk tidak mencucinya menggunakan mesin cuci.

Alasannya adalah mencuci dengan menggunakan mesin cuci dapat membuat material lebih mudah melar bahkan putus. Hal itu dikarenakan, ketika Anda mencuci tas rajut bersama dengan pakaian-pakaian lainnya, maka ada bagian-bagian dari tas yang terjepit dan tertarik ke berbagai arah. Namun apabila Anda memang ingin mencucinya menggunakan mesin cuci, maka ada baiknya tidak mencampur tas rajut itu dengan cucian lainnya. Ditambah lagi, disarankan untuk tidak mengeringkannya dengan menggunakan mesin cuci karena alasan yang sama, yaitu mudah menjadikan material melar.

baca juga : Tips Merawat Tas Kulit

Oleh karena itu, disarankan untuk mencuci secara manual dengan menggunakan tangan, bukan sikat. Setelah itu, jangan diperas terlalu kencang dan kemudian jemur dengan cara menggantungnya dengan kedua sisi dijepit.

Setelah semua tahan Anda lakukan dengan benar, maka ketika tas rajut tersebut sudah kering, jangan disetrika, namun cukup Anda lipat atau simpan begitu saja agar serabut-serabut dari material wool juga tetap terjaga, terutama agar warnanya tetap seperti semula.

Kalo kalian suka buat tas rajut sendiri itu sih keren banget ya, tapi memang membutuhkan effort yang besar. tetapi karena saya tidak dapat membuat sendiri, jadi saya lebih memilih untuk membeli hehe.

Dengan merawat secara baik tas rajut yang Anda miliki, maka setidaknya umur material yang digunakan tersebut juga akan lebih bertahan lama. Hanya saja, jika Anda merasa ingin mencari tas rajut model atau tipe lainnya, Anda juga dapat mengunjungi Blibli.com untuk mendapatkannya.

thanks

ike yuliastuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.