Halo sahabat sehat semuanya.

Bagaimana kabar puasanya ? sudah bolong berapa hayo ?

Ngomong-ngomong soal puasa, sebenarnya banyak banget manfaat yang didapat tubuh saat kita menjalankan puasa. Selain bisa sebagai detoks tubuh, ternyata puasa juga dapat mengistirahatkan lambung loh.  Pernahkah kita bayangin bagaimana ya kondisi lambung kita, tiap hari bekerja tanpa istirahat, selalu ada saja makanan. Belum lagi kalo yang hobi makan mie instan atau junk food lainnya, kerja lambung akan dua kali lipat ektra.

Biasanya untuk yang tidak terbiasa puasa, akan sedikit ada maslaah di pencernaan, karena kondisi lambung sedang menyesuaikan. Sehingga tak jarang banyak orang yang mengeluh lambungnya perih saat diawal puasa.

Supaya puasa lancar tanpa ada keluhan dan hambatan, saya mempunyai 5 tips supaya perut nyaman tanpa masalah pencernaan saat puasa.

Minum air putih yang cukup

Supaya badan tidak terlalu kering saat puasa, biasakan minum air putih yang cukup. Menjaga cairan dalam tubuh baik dilakukan supaya tidak terjadi dehidrasi.  Saat puasa ini sebaiknya terapkan 242 saat minu air putih. Maksudnya adalah 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari dan 2 gelas ssat sahur. Pasti anda tidak akan dehidrasi saat menjalani puasa.

Banyak minum air putih juga bagus untuk pencernaan, karena air akan lebih mengontrol asam lambung supaya tidak naik.

Jangan lupa konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur adalah yang paling mudah dicerna oleh tubuh. Sebaiknya saat berbuka dan sahur selalu sisipkan untuk mengkonsumsi serat yang cukup.

Saat berbuka yang diawali dengan buah bagus untuk lambung, karena kondisi lambung tidak langsung bekerja keras pasca puasa. Selain kandungan fruktosa yang cepat diserap tubuh, vitamin dari buah dan sayur akan membuat badan lebih sehat.

Awali berbuka dengan air hangat

Berbukalah dengan yang manis, banyak orang berkata demikian,

Tetapi yang terbaik menurut saya adalah mengawali berbuka dengan air putih yang hangat. Air putih yang hangat akan membantu menetralisir kondisi asam lambung.

Saya pernah mengawali berbuka puasa dengan minum dingin, alhasil efeknya di perut dan badan sangat tidak nyaman. Memang seger saat minum, tetapi efek setelahnya badan menjadi lemas.

Makanlah secara bertahap

Sebagian dari kita pasti pernah merasa ingin makan sebanyak-banyaknya saat berbuka puasa.  Pengen ini pengen itu, takjil, makanan semuanya pengen dimakan dalam sekali lahap. Namun sesungguhnya, puasa mengajarkan kita untuk tidak tamak, apalagi dalam hal makanan. Sebaiknya makan secara bertahap dan secukupnya, karena jika langsung memberikan pekerjaan berat kepada lambung, bukan malah kenyang, si lambung akan malah terasa sakit.

baca juga : Anda Punya Maag ? ini cara mengobati penyakit maag secara alami

Minum maggo sebelum tidur

Karena saya mempunyai pengalaman asam lambung naik saat puasa, maka saya selalu rutin mengkonsumsi maggo sebelum tidur. Maggo ini ampuh untuk mengontrol asam lambung dan menyembuhkan maag bila dikonsumsi 12 hari.

Setelah saya rutin mengkonsumsi maggo ini, keluhan asam lambung saya berkurang, karena memang maggo dibuat dari ekstrak bahan-bahan alami.

Cara mengkonsumsi maggo  adalah dengan menyeduh 1 botol Maggo dengan air hangat 150cc. jika ingin menambahkan madu untuk menambah rasa, bisa dilakukan sesuai selera masing-masing. Untuk memaksimalkan manfaatnya sebaiknya minum Manggo sebelum tidur. Usahakan member jeda 30 menit setelah minum mango kemudian dapat mengkonsumsi makanan lainnya..

oh iya, dibulan penuh berkah ini, ternyata Maggo juga berbagi berkah dengan promonya.

Nah, itu lah 5 tips dari saya agar puasa lancar tanpa ada masalah pencernaan. Semoga ibadah puasa kita lancar dan selalu diberikan kesehatan, karena hakekat puasa adalah menyehatkan jasmani dan rohani

Salam semangat