Manajemen Gadget untuk seorang Blogger

Apa itu manajemen gadget ? menurut saya manajemen gadget adalah bagaimana cara kita sebagai invividu menggunakan gadget secara bijak dan tepat untuk membantu semua aktivitas.

Saya secara pribadi tidak banyak aturan yang pakem untuk managed gadget saya, namun saya akan shared bagaimana pengalaman managed gaddet saya barangkali bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Di jaman canggih seperti ini, tuntutan menjadi seorang profesional blogger pun juga meningkat. Tuntutan untuk tidak kalah dengan persaingan informasi dan update terkini. Namun  terkait bagaimana cara menyajikan informasi secara menarik pembaca menjadi suatu tantangan bagi seorang blogger yang mau profesional.

Bijak menggunakan gadget melalui software dan hardware.

Saya setiap hari selalu menggunakan gadget sebagai tools kerja saya yaitu laptop dan Hp. Saya harus bijak dengan software apa saja yang saya instal. Tentunya yang membantu dan mempermudah pekerjaan saya pastinya.  Untuk laptop sengaja saya install aplikasi khusus untuk pekerjaan saja. No aplikasi game supaya saya fokus saat bekerja.  Laptop biasanya saya gunakan saat dikantor dan kebetulan di kantor saya tidak dapat akses internet saat jam kerja. Ini salah satu manajemen gadget yang saya lakukan saat dikantor kaitannya dengan laptop sebagai tool bekerja.

Lalu kaitannya dengan saat saya menulis untu blog saya, tentunya laptop juga harus memiliki software yang mumpuni untuk update informasi sosmed, editing video dan edit gambar/infografis. Memaksimalkan memori dan Ram yang ada untuk software pokok tentunya sangat menjadi prioritas.

baca juga: 5 Aplikasi untuk Instagram Story Lebih Keren

Lalu, bagaimana maksud bijak terhadap hardwaren ? kalo saya mengaitkan ini dengan bagaimana cara kita merawat hardware  gadget kita, supaya awet dan suaya performanya selalu terjaga. Untuk laptop biasnya dengan cara mematikannya saat sudah selesai kerja, karena jika laptop dibiarkan dalam posisi standby tentunya akan cepat merusak memori dan motherboardnya. Memasang charger saat batterai sudah habis dan melepasnya saat penuh, meski ini simple sekali namun ini bisa membuat lifetime gadget lebih lama.

Selain Laptop saya juga aktif menggunakan HP. Saking aktifnya, saya pernah dikomplain sama suami saya, “itu loh anaknya diurus jangan Cuma main Hp aja” sumpah ini menyesakkan padahal saya tidak pernah game di HP, saya hanya mantengin grup WA, Sosmed dan update blog, karena saya seorang blogger yang harus selalu update.

Jika sudah ada komplain berarti ada yang salah dengan manajemen waktunya ini, pikir saya. akhirnya mulai habis lebaran kemarin saya sedikit mengurangi aktifitas dengan HP saat dirumah bersama si kecil dan suami. Saya maksimalkan saat siang hari , jam istirahat kantor ataupun saat si kecil sudah tidur.

Terkait manajemen software pada HP itu juga wajib dilakukan. Dengan kapasitas memori yang dimiliki Hp saya harus memaksimalkan software yang saya install. Untuk saya yang pokok adalah software aplikasi SOSMED, dan aplikasi editing foto dan video.

baca juga : Rahasia Design Kece di Blog dengan 5 Aplikasi di Android Ini

Selain itu saya juga harus rutin untuk membersihkan chace dan berkas-berkas yang tidak penting supaya performa Hp selalu terjaga dan tidak lemot karena kapasitas memori habis. Sekiranya sudah tidak penting, saya akan menghapus atau memindahkan foto dan video ke laptopataupun ke hardisk. Karena jika tidak demikian, bisa dipastikan HP akan lemot dan tidak dapat digunakan untuk apapun.

Terkait koneksi internet, saya juga memanaged mana aplikasi yang harus saya hidupkan internetnya dan mana yang hanya butuh update sesekali saja. Karena jika semua di koneksikan dengan internet, bukan tidak mungkin tagihan internet saya juga akan membengkak.

Demikian cerita saya  tentang bagaimana saya memanaged gadget saya untuk laptop dan HP sebagai kebutuhan dan tool saya bekerja sebagai blogger.