Cara Mengajarkan Anak untuk Makan Sendiri

Cara Mengajarkan Anak untuk Makan Sendiri

Si kecil Alfan sekarang sudah menginjak usia 1.5 tahun. Wah sudah harus belajar makan sendiri nih biar mandiri. Selama ini Alfan masih di suapi kalo makan. Sebenarnya jika dibiasakan makan sendiri pasti akan bisa. Namun kadang masih suka mainan sendok, jadi makannya malah gak fokus dan gak selesai-selesai. Ya, karena gemes lihatnya jadilah mama dan nenek yang selalu suapin Alfan.

Pentingnya melatih anak makan sendiri

Menurut psikolog anak Anna Surti Ariani S.Psi., M.Si., proses belajar makan itu ternyata dibutuhkan oleh anak. “Ketika anak makan, ia belajar memegang sendok dan garpu, itu akan menstimulasi motorik halus dan motorik kasarnya. Awalnya ia akan membuat makanan berserakan, tapi lama–lama anak akan belajar menggunakan sendok dan memasukkan ke mulut. Koordinasi motorik yang baik akan berpengaruh terhadap kecerdasan secara umum,”

Nah berarti bener kan, si kecil harus pelan-pelan diajarkan untuk makan sendiri. Proses belajar makan sendiri memang tak bisa secepat kilat hari ini belajar lalu langsung bisa. Memerlukan waktu yang lumayan lama untuk membiasakan si kecil biasa makan sendiri.

Seperti Alfan saat ini, jika diberikan camilan atau buah, dia sudah bisa mengambil dan makan sendiri, namun jika makananya berupa nasi atau apapun yang harus menggunakan sendok pasti dia masih kesulitan.

baca juga : Pengalaman Menghadapi Anak Alergi

Proses belajar makan sendiri ternyata dapat melatih konsentrasi dan kesabaran si kecil. Saat memasukkan makanan ke dalam mulut dengan menggunakan sendok, si kecil harus konsentrasi supaya makanan dapat tepat masuk ke mulut. Selain itu si kecil juga harus sabar, karena terkadang yang di sendok bisa tumpah kemana-mana.

Yuk makan sendiri, nak.

Bunda, yang harus dipersiapkan dalam mengajari anak untuk makan sendiri adalah kesabaran bunda. Jika si kecil belum bisa jangan membuatnya trauma dengan omelan bunda. Atau pas si kecil makannya tidak beraturan, kotor semua berserakan dan lama jangan sampai bunda memberikan efek jera dengan omelan bunda. Ciptakan kondisi menyenangkan saat makan, dengan cara mendampingi anak saat makan atau bahkan mengajak makan bersama.

Cara paling efektif untuk membiasakan anak makan sendiri adalah dengan memberikan finger food atau makanan yang dapat dipegang. Ini dapat juga melatih kontrol anak saat memasukkan makanan ke dalam mulutnya, sedikit atau banyaknya makanan yang masuk sesuai dengan kapasitas mulut si anak. Kemampuan dasar seperti ini harus dibiasakan untuk menghindari si kecil tersedak.

baca juga : Tampil Cantik saat Hamil dan Menyusui, Bisa Banget dengan Memakai Produk Mooimom

Berlatih makan dengan training spoon.

Jujur, saya baru mengetahui ternyata ada training spoon yang digunakan khusus untuk si kecil berlatih makan sendiri. Saya sangat terbantu sekali dengan adanya Ola baby training spoon. Bentuknya lucu, mirip sendok asli namun dari bahan yang tidak akan menyakiti mulut si kecil, alat makan bayi yang berkualitas bagus.

Ola baby training spoon

Bahannya lentur dan empuk sengaja didesign supaya si kecil tidak terluka ataupun merasa sakit karena saat sendok masuk mulutnya. Seperti yang kita ketahui bersama sendok lainnya pasti berbahan yang keras. Jika untuk latihan makan sendiri ini akan membuat trauma si kecil bila mulut atau gigi mengenai sendok yang keras. Training food ini terbuat dari Silicone Food Grade yang bebas racun sehingga sangat aman digunakan bayi dan dapat di sterilkan serta aman digunakan.

detail Ola baby training spoon (mooimom.id)

Pertama kali Alfan memakai training spoon Ola baby ini, dia sepertinya tertarik dengan bentuknya , saat sudah dipakai, Alfan malah menggigit i sendok tersebut. Tetapi saya tenang karena bahan sendok dirancang khusus juga sebagai teather yang aman jika digigit si kecil.

Untuk mendapatkan produk keren ini, bisa di beli di Mooimom secara online. silakan mampir juga ke FB dan IG nya untuk informasi lain.

Menuju  Facebook Mooimom
Menuju Instagram Mooimom

Latihan setiap hari akan membuat si kecil terbiasa menggunakan sendok sendiri. Saya masih berusaha membiasakan si kecil untuk makan sendiri agar dia lebih mandiri. Demikian cerita pengalaman saya, jika bunda, atau ayah sekalian mempunyai cerita atau pengalaman lain saat mengajak anak belajar makan sendiri, yuk jangan sungkan untuk membagi pengalaman dikomentar ya,

 

 

3 comments

  1. anak saya juga nih masih belum biasa makan sendiri. dia kalau jam makan semangat sih buat nyendokin nasi ke piring orang tuanya. tapi kalau buat makan sendiri masih belum bisa. bisanya es krim doang yang disendokin sendiri dan nggak mau bagi-bagi. hihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.