10 Manfaat Teh Celup Sariwangi yang Perlu Kamu Ketahui

Siapa yang suka nge-teh cantik hayo…??

Udah pada tau belum kalo manfaat minum teh itu banyak sekali. Kali ini pokok bahasan kita mengenai teh ya, saya sih sukanya minum teh celup Sariwangi. Kalian minum teh apa ?

Yang jelas bukan teh Ike atau teh Dina ya hahhaha kalo itu mah teteh sebutan untuk kakak cewek dalam bahasa sunda .

Sebelumnya saya penya cerita nih kenapa saya suka minum teh. Jadi awal mulanya suka minum teh karena ya udah gak bisa minum kopi. Kasihan banget ya saya sekarang gak sanggup menikmati nikmatnya kopi hangat yang menggoda. Pasca sakit maag yang pernah bikin saya gak bisa jalan itu akhirnya kini lambungku benar-benar gak kuat bila minum kopi. Ketika minum kopi sedikit saja, asam lambung sudah pasti naik. Lalu saya berpindah menjadi hobi minum teh.

Ternyata ada 10 manfaat dari teh itu sendiri. Saya akan jabarka detailnya ya.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Saya baru tau kenapa kalo mau langsing disarankan minum teh celup sariwangi atau teh hijau. Ternyata ini sebabnya, karena minum teh secara rutin dapat membantu memperlancar pencernaan serta melarutkan lemak dalam tubuh. Tentunya hasil akan terlihat maksimal jika minum teh celup sariwangi tanpa gula dan dibarengi dengan olahraga. Untuk yang ingin langsing bisa mencoba tips ini ya.

baca juga : SLIM&FIT gelar FIT Dance 2017 sebagai Rahasia Diet Tanpa Gagal

  1. Dapat menguatkan tulang dan gigi

Kebiasaan minum teh juga dilakukan oleh nenek saya sejak dahulu kala. Setiap pagi nenek selalu minum teh celup sariwangi. Tentunya manfaatnya terasa saat ini, gigi dan tulang nenek saya masih kuat. Ternyata minum teh tanpa gula dapat mencegah gigi berlubang dapat membantu meningkatkan kepadatan lulang sehingga dapat mencegah tulang keropos atau osteoporosis.

  1. Menghilangkan mata panda

Jika Anda punya kantung mata, kantung teh celup sariwanginya jangan dibuang ya, Anda bisa pakai untuk masker mata sebagai penghilang mata panda. Caranya mudah banget cuma letakkan kantung teh setelah di pakai pada mata selama 10-15 menit. Lakukan secara rutin setiap hari, maka mata panda akan hilang.

  1. Sebagai masker

Teh juga banyak digunakan dalam dunia kecantikan salah satunya untuk bahan masker. Banyak beredar masker green tea atau yang lainnya. Ini membuktikan bahwa teh mempunyai kandungan sebagai antioksidan serta mampu membantu mengangkat sel-sel kulit mati serta menghaluskan kulit.

Tak perlu repot untuk membeli masker berbahan teh. Anda dapat memanfaatkan sisa teh celup sariwangi untuk lulur atau pun masker.  Ambil ampas teh celup sariwangi kemudian campur dengan madu dan lemon. Masker tersebut mempunyai khasiat untuk menutrisi kulit wajah agar lebih sehat kencang dan cerah.

baca juga : Review Masker Wajah SK7 Aloe Refreshing Mask Hydrating & Nourishing

Teh Celup Sariwangi (pixabay)
Teh Celup Sariwangi (pixabay)
  1. Menghilangkan flek hitam dan kulit terbakar sinar matahari

Sengatan sinar matahari akan membuat kulit perih dan tidak nyaman, gunakan kantong ampas teh celup sariwangi dan tekan-tekan kekulit yang terbakar, maka akan segera membaik. Ampas teh juga dapat ,membantu menghilangkan flek hitam pada wajah. Selain bisa dipakai untuk masker ampas teh celup bisa langsung ditempelkan pada flek hitam di wajah. Lakukan secara rutin agar flek hitam dapat hilang.

  1. Membantu menangkal radikal bebas

Karena kandungan antioksidannya, minum teh setiap hari juga dapat menangkal radikal bebas pada tubuh. Tentunya minum tehnya dengan kadar dula renda atau malah tidak memakai gula ya. Karena jika terlalu manis justru akan timbul penyakit lainnya.

  1. Meningkatkan imun tubuh

Teh celup sariwangi memiliki kandungan zat alkylamines atau antigen yang membantu meningkatkan imun/kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah sakit. Zat ini penting karena bisa menangkal serangan penyakit. Misal kita sedang dilanda influenza, maka minum teh celup sariwangi hangat pasti membuat kondisi tubuh semakin membaik.

Refresh your body with a cup of tea (bixabay)
Refresh your body with a cup of tea (bixabay)
  1. Mencegah sakit jantung

Dari hasil penelitian yang dilakukan di Jepang membuktikan bahwa orang yang rutin minum teh setiap hari dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung hingga 26 persen. Teh celup sariwangi juga membantu menurunkan resiko terkena penyakit stroke serta penyakit berbahaya lainnya seperti kanker.

  1. Mengurangi gangguan pencernaan

Nah, jika sedang sakit perut alias diare, pasti disarankan minum teh pahit. Mengapa demikian? Karena di dalam teh terdapat kandungan tannin dan fitokimia yang dapat memberikan efek restorative pada saluran pencernaan sehingga system pembuangan kotoran menjadi lancar dan pencernaan menjadi lebih sehat. Jadi diare pun akan segera hilang dan mampet.

  1. Membuat rileks tubuh

Banyak juga ya manfaat dari teh celup. Karena segudang manfaatnya saya rutin minum teh ini saat lagi suntuk dan perlu moodbooster. Apalagi diminum bersama suami sambil nyemil lainnya pasti dijamin nikmatnya bertambah.

Bagaimana sudah nge- teh hari ini ?