Serunya Festival Kota Tua Malang 2018, Catat Tanggalnya!

Selain memiliki pemandangan alam yang indah, Malang juga punya berbagai festival yang menarik. Salah satunya adalah Festival Kota Tua yang unik dan pastinya seru. Seperti namanya, festival ini digelar di tempat yang banyak memiliki bangunan-bangunan tua yang masih terjaga hingga sekarang. Di mana sih?

Digelar di Lawang

sumber:mlebulawang.blogspot.com

Sebelum memasuki Malang dari arah utara, pasti kamu pernah melewati kawasan Lawang. Kecamatan yang berada di Kabupaten Malang ini adalah pintu masuk menuju Malang dan memiliki hawa yang sejuk. Berada di kaki Gunung Arjuno, Lawang punya banyak potensi wisata yang memikat dan bangunan-bangunan tua yang masih berdiri dengan tegak.

Karena itulah, Pemerintah Kabupaten Malang yang menyelenggarakan festival ini menunjuk Lawang sebagai lokasi acara. Dan hal itu sangat tepat, karena di Lawang, pengunjung festival akan menikmati Malang yang sebenar-benarnya. Udaranya sejuk, pemandangan alam yang indah dan bangunan yang tertata apik, menjadi pemandangan Malang tempo dulu yang masih bisa dinikmati sampai sekarang di daerah ini.

Catat Tanggalnya

sumber:pixabay.com

Festival Kota Tua akan digelar pada 27 – 29 September 2018 mendatang. Nantinya, akan ada beberapa kegiatan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur di festival ini. Mulai dari pertunjukan musik, festival kopi, pertunjukan seni dan budaya, pameran industri kreatif dan pastinya festival kuliner khas Malang dan Jawa Timur yang memanjakan lidah.

Selain itu ada juga pameran foto kota tua tempo dulu, aneka atraksi dan juga parade lintas etnis yang akan digelar di sini. Semua pertunjukan ini akan berlangsung selama tiga hari penuh, dan pastinya akan ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam kota Malang maupun dari luar daerah.

Bangunan Tua di Lawang Masih Asri

sumber:mlebulawang.blogspot.com

Sebagai tempat yang sejuk dan indah, dulunya kawasan Lawang adalah favorit para penjajah dari Belanda untuk beristirahat. Karena itulah ada banyak bangunan kuno yang berdiri di sini, baik di pusat kawasannya, maupun di daerah perkebunan teh yang ada di kaki Gunung Arjuno.

Beberapa pakar menilai bahwa bangunan kuno yang berdiri di Lawang cukup otentik. Keasliannya tidak berubah dan masih terjaga meski tahun berlalu dan sudah dimakan oleh usia. Masyarakat Lawang sangat menjaga keindahan bangunan tua di sekitar mereka, yang jumlahnya tidak hanya satu tetapi ada beberapa lokasi yang tersebar di berbagai tempat.

Meski sekarang Lawang semakin ramai dan menjadi pintu masuk ke Malang yang juga mengalami modernisasi. Tetapi keindahan bangunan lawas di Lawang tetap dijaga. Karena itulah Lawang menjadi tempat terselenggaranya Festival Kota Tua yang ditunggu oleh para wisatawan.

Cara Menuju ke Lawang

Stasiun Lawang – sumber:wikipedia.org

Tidak hanya dilewati jalur darat untuk bus dan kendaraan pribadi, Lawang juga dilewati oleh rel kereta api menuju ke Malang. Kamu bisa menuju daerah ini dengan membeli tiket kereta api Malang Surabaya kemudian turun di Lawang. Atau jika kamu naik dari luar kota, pilihlah tiket kereta api yang melewati jalur Lawang dan turun di stasiun yang berada tak jauh dari pasar.

Cara mencarinya mudah, kamu bisa cek jalurnya ketika membeli tiket kereta api di Traveloka. Pada bagian detail, terlihat jalur mana yang dilewati oleh kereta yang bakal kamu naiki. Selain bisa memesan dengan mudah, partner utama PT KAI untuk beli tiket kereta api ini juga kerap memberikan promo. Asyik bukan?

Ramaikan Festival Kota Tua di Malang yuk…

3 comments

  1. Andaikan saya tinggal di Pulau Jawa, sudah pasti saya bakal hadir. Bisa tahu banyak hal, bertemu orang-orang baru, menikmati suasana Lawang yang sejuk, dst … ditunggu ulasannya nanti 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.