7 Manfaat Pentingnya Bermain Outdoor bersama Anak

7 Manfaat Pentingnya Bermain Outdoor bersama Anak. Suatu ketika saya dihadapkan pada masa dimana anak saya begitu bosan dengan semua mainan yang ada di rumah. Dia begitu rewel saat berada di rumah. Pikir saya mungkin Alfan bosan karena hanya bermain di dalam rumah dengan mainan yang sama. Anak butuh wahana bermain outdoor.

Nah, susahnya jadi orang tua jaman Now itu tantangannya adalah harus ekstra untuk mengajarkan anak apa itu sosialisasi dan meminimalis penggunaan gadget. Kalo dipikir-pikir,mainan anak jaman sekarang tidak sebanyak mainan jaman dulu pas saya kecil. Mau lari-lari dan petak umpet saja bingung cari tempatnya.

Kebayang juga kan untuk anak-anak yang tinggal di perumahan, sepi, jarang ada teman untuk bersosialisasi serta lingkungan yang sempit tak mendukung anak untuk bermain di area outdoor.

Seberapa Penting Bermain Outdoor bersama Anak ?

Kurangnya lahan dan wahana permainan outdoor membuat anak sekarang sulit untuk mengeksplorasi gerak kinestetis dan motorik kasarnya. Buat emak atau ibu yang mempunyai anak cowok seperti saya pasti paham dan merasa banget jika butuh suatu wahana bermain outdoor sebagai tempat bermain anak.

Para orang tua biasanya mengajak anak bermain dimana jika saat weekend tiba ?

Sebagian besar pasti mengajak ke pusat perbelanjaan / mall. Sebenarnya mengajak anak bermain di luar rumah atau outdoor emang berisiko membuat anak terpapar bakteri, namun hal ini justru dapat membuat kekebalan tubuh anak berkembang.

Ada berita gembira untuk para orang tua di daerah Surabaya dan sekitarnya karena pada tanggal tanggal 3 November – 2 Desember 2018 di Peninsula Bukit Darmo Golf, Surabaya akan ada Funtopia wahana Balon terbesar di Surabaya. Tentunya wahana ini dapat menjadi alternative untuk bermain di area outdoor bersama anak.

Baca juga :  Mata Najwa, tontonan bergizi yang sayang untuk dilewatkan

Bermain di area outdoor seperti di wahana Funtopia Ballon park bersama anak mempunyai banyak manfaat diantaranya :

1. Belajar Bersosialisasi


Mengajak anak bermain di luar rumah meningkatkan kemampuan sosial anak. Anak tidak hanya akan bertemu dengan teman sebayanya, namun juga dari berbagai usia. Saat bermain mereka akan belajar untuk antre atau bergantian bermain sesuatu. Anak juga akan belajar mengenal teman lain meski mereka belum saling kenal.

2. Membantu Pertumbuhan Tulang

Permainan Outdoor biasanya dirancang khusus untuk membantu pertumbuhan tulang dan otot anak. Seperti yang terdapat pada wahana Funtopia ballon park ini. Terdapat banyak sekali wahana yang mendukung anak untuk berlari, melompat, merangkak, memanjat dan naik tangga.

3. Merangsang Kreativitas


Saat anak-anak bermain di luar, mereka akan belajar untuk memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitarnya untuk bermain. Permainan pun dapat beraneka ragam, tergantung kemampuan kognitif dan emosional anak. Anak-anak yang bermain di luar juga akan semakin kaya pemikiran bebas, penuh inisiatif, tidak takut mengambil risiko dan terampil memecahkan masalah.

Contohnya seperti saat ada satu temennya terjatuh, tiba-tiba ada temannya menolong secara spontan. Dan mengajaknya berdiri serta bermain kembali. Mereka belajar untuk mengatasi masalah mereka sendiri.

4. Melatih Motorik Kasar

Keterampilan motorik kasar adalah salah satu kemampuan anak melakukan sesuatu yang membutuhkan gerakan dari seluruh tubuh yang meliputi kelompok otot-otot besar, seperti tangan, perut, dan kaki. Beberapa aktivitas motorik kasar yang selalu dilakukan anak antara lain berdiri, berjalan, berlari, melompat, memanjat.


Dan semua aktifitas motoric kasar anak dapat dilakukan di wahana funtopia ballon park. Karena dalam setiap wahana akan ada panduan aktifitas untuk anak. Misalnya pada wahana Old Octopus. Ada banayak aktifitas yang bisa dilakukan di wahana ini.

Baca juga :  Online Shop Gaya Hidup atau Kebutuhan ?

5. Memperbaiki Mood

Paparan sinar matahari mengaktifkan kelenjar pineal yang mendorong otak menghasilkan serotonin yang dapat membuat suasana hati menjadi bahagia. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas di luar ruangan dapat menurunkan hormon kortisol atau hormon stress.
Saat di area wahana Funtopia ballon park ini juga saya mengamati semua anak yang bermain dalam suasana senang dan sangat menikmati. Banyak juga dari mereka yang tidak mau diajak pulang karena saking asyiknya bermain.

6. Memperlancar Metabolisme

Saat bermain di area outdoor secara otomatis anak akan mengeluarkan energy yang lebih besar. Setelah berlarian memanjat dan berseluncur pastinya keringat akan banyak dikeluarkan. Dari sini akan terlihat metabolism tubuh pasti akan berjalan dengan lancer.
Kemudian setelah lelah bermain di wahana Outdoor, anak akan lebih nyenyak dalam tidurnya. Ini tentunya sangat penting untuk perkembangan otak si kecil. Karena tidur untuk anak usia dini merupakan waktu perkembangan otaknya.

7. Menghindari radiasi gadget

Aktivitas Outdoor memang akan sedikit menghindarkan anak dari radiasi gadget karena focus anak akan beralih ke lingkungan sekitarnya. Nah, yang harus dilakukan anak adalah mengajak bermain yang menyenangkan sehingga anak akan teralihkan fokusnya dan terus menikmati permainan di area outdoor.

Peran orang tuan untuk mengajak bermain bersama anak juga sangat berpengaruh. Karena anak akan cenderung lebih senang jika orang tua juga ikut bermain bersama.

Di Funtopia ballon park ini ternyata wahana permainan yang dirancang untuk anak dan orang tua agak dapat bermain bersama. Selain dapat mengawasi anak secara langsung, orang tua juga dapat ikut bermain dan melompat bersama anak.

Menurut Christian Suwarna, Senior Vice President Business Development Traveloka, menjelaskan, “Arena permainan outdoor dengan ragam hiburan yang bisa dinikmati seluruh keluarga sepanjang hari merupakan sebuah konsep yang langka untuk kehidupan perkotaan saat ini, dan Funtopia berusaha menjawab kebutuhan masyarakat akan sarana hiburan yang ideal untuk anak-anak mulai usia 2 tahun keatas sampai orang dewasa

Baca juga :  Pengalaman Naik Angkot di Kota Surabaya

Tiket Funtopia Ballon park Surabaya


Dari banyaknya alasan terhadap pentingnya wahana permainan outdoor untuk anak, makan Traveloka bersama Beyond Screen Production menggelar Funtopia Ballon Park di Surabaya. Nah untuk Tiketnya bisa dibeli secara online di website dan aplikasi Traveloka. Masuk kategori Traveloka Aktivitas & Rekreasi.

Harga tiket masuk adalah 80 ribu untuk anak-anak (2 tahun sampai 16 tahun) serta 40 ribu untuk orang tua pendamping.

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.