Funtopia, Wahana Balon Terbesar di Surabaya

Funtopia, Wahana Balon Terbesar di Surabaya, Ketika weekend tiba, yang dirasakan orang tua pasti bingung untuk mengajak putra putrinya bermain dan menghabiskan waktu bersama. Selain untuk refreshing pastinya weekend banyak dimanfaatkan untuk waktu bercengkraman dengan keluarga. Tetapi di area Surabaya dan sekitarnya tempat hiburan dan wisata tidak terlalu banyak dan yang ada hanya pusat perbelanjaan atau mall.

Untuk para orang tua, kini tak perlu bingung lagi saat mengajak si kecil untuk refreshing. Pada tanggal 3 November – 2 Desember 2018 di Peninsula Bukit Darmo Golf, Surabaya aka nada Funtopia wahana Balon terbesar di Surabaya. Acara yang sebelumnya ini telah sukses di Jakarta dan Bandung lalu, kini diselenggarakan di Surabaya. Acara ini bertujuan untuk menciptakan sebuah arena bermain anak di luar ruangan (outdoor) yang dapat dimanfaatkan keluarga Indonesia untuk meningkatkan aktivitas fisik anak dan menciptakan momen kebersamaan bersama keluarga.

Funtopia, wahana balon sebagai stimulus motorik anak

Hasil Riset UNICEF bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika tahun 2014 lalu menunjukkan bahwa 30 juta anak dan remaja Indonesia sudah menggunakan internet secara intens, hingga lima jam sehari. Anak jaman millennia ini jika tidak diarahkan dengan baik maka internet bisa membunuh kreativitas mereka.

Mirisnya lagi jika mengetahui banyak orang tua sekarang sudah mengenalkan anaknya pada gadget sejak dini. Ini tidak hanya mengganggu system kerja syarafnya tetapi juga mengganggu system motorik kasar dan motorik halusnya.

Tascha Liudmila sebagai penulis buku Screen Time menjelaskan, “Tanggung jawab kita sebagai pihak yang lebih dewasa, untuk membuat anak-anak tertarik pada aspek kehidupan sosial. Dalam hal ini, orangtua perlu menetapkan batasan yang konsisten terhadap penggunaan perangkat digital oleh anak dan menggantikannya dengan aktivitas bersama keluarga.

Baca juga :  STIMUNO Hadir untuk Menjaga Sistem Imun Keluarga


Mia Lukmanto, CEO dan Founder Beyond Screen Production menjelaskan, ”Saat ini, tren penggunaan gadget sudah tidak memandang usia dan anak usia prasekolah sudah paham teknologi. Artinya, kreativitas para orangtua dalam menyediakan kegiatan pengganti screen time anak sangat dibutuhkan, karena aktivitas fisik sangat berperan dalam menstimulasi kecerdasan anak.

Nah, jadi ayo bapak ibu, jangan sampai membiarkan anak-anak terlalu asyik dengan gadget ya, yuk coba ajak anak keluar untuk bermain outdoor missal memanjat dan lari-lari.

Dengan adanya Funtopia wahana balon ini memang menjadi wahana yang cocok untuk memberikan stimulus motorik anak. Agar anak tetap aktif, dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan pastinya sebagai wahana tempat menyalurkan energy anak yang begitu besar. Saya berfikir wahana funtopia ini cocok untuk anak-anak yang aktif dan hiperaktif seperti Alfan.


Biasanya saya memutar ide saya untuk memberikan mainan kepada Alfan. Karena kecenderungan anak laki-laki adalah bosan dengan mainan yang monoton. Misalnya mainan edukasi puzzle ini, awalnya Alfan suka, tetapi ini gak bertahan lama. Alfan lebih suka berlarian atau main panjat-panjatan dari pada bermain puzzle.

Funtopia, wahana balon untuk keluarga

Keunggulan dari wahana balon Funtopia ini adalah semua wahana dapat digunakan untuk bermain anak dan orang tuanya. Berarti semua keluarga bisa banget ikut bermain disini. Menurut Christian Suwarna, Senior Vice President Business Development Traveloka, menjelaskan, “Arena permainan outdoor dengan ragam hiburan yang bisa dinikmati seluruh keluarga sepanjang hari merupakan sebuah konsep yang langka untuk kehidupan perkotaan saat ini, dan Funtopia berusaha menjawab kebutuhan masyarakat akan sarana hiburan yang ideal untuk anak-anak mulai usia 2 tahun keatas sampai orang dewasa.

Baca juga :  7 Model Rok Batik Modern, Simpel, dan Elegan untuk Berbagai Acara

Balon –balon yang tersedia di wahana Funtopia ini dirancang sedemikian besar, kuat dan aman, agar bisa menjadi arena bermain untuk anak remaja, orangtua maupun orang dewasa. Jadi Harapannya, Funtopia bisa menjawab kebutuhan masyarakat akan alternatif hiburan yang kreatif untuk seluruh keluarga selain mall.

Wahana di Funtopia

Funtopia ini adalah wahana balon, jadi di dalamnya terdiri dari banyak balon raksasa yang sudah di desaign aman untuk bermain anak.

Seperti arena Mystery Maze, ini adalah arena balon yang paling tinggi dengan ukuran kurang lebih 13 meter atau sebanding dengan gedung berukuran 3,5 lantai. Jadi orangtua yang datang, jangan hanya sekadar mengamati anak bermain, tapi tidak perlu ragu untuk menemani dan ikut bermain serta menikmati taman balon raksasa Funtopia.

Saya jadi semakin tidak sabar untuk mengajak Alfan untuk menikmati serunya wahana di Funtopia.

Adapun wahana yang ada di Funtopia adalah sebagai berikut :
Caterpillar cave, balon berbentuk ulat yang menyerupai terowongan
Old Octopus adalah balon raksasa yang berbentuk gurita dan tentakelnya bisa digunakan sebagai perosotan dan loncat-loncat
Traveloka Track, perosotan raksasa yang dapat digunakan untuk anak dan orang dewasa.
Candy cane adalah balon raksasa yang didalamnya seperti dunia permen
Crown Castle Sebuah kastil raksasa dari balon yang akan memenuhi fantasi anak-anak tentang dunia kerajaan.
Mighty Mushroom, jamur raksasa yang aman dipanjat oleh anak-anak.
Bunny Boo si kelinci raksasa berwajah imut.

Selain wahana di atas, di Funtopia juga menyediakan area untuk food and beverage dan menyelenggarakan berbagai lomba seperti jingle dance, jingle song, fun visit, fun story, fun sketch, fun drawing dan fun props.

Tiket Funtopia ada di Traveloka

Bagaimana, apakah bapak ibu sudah tertarik untuk mengajak si kecil untuk bermain di wahana Funtopia?.

Nah, untuk tiket masuknya dapat di pesan di Traveloka loh. Pemesanan tiket Funtopia sudah bisa dilakukan untuk early bird sejak Selasa, 23 Oktober – 2 November 2018, dengan harga Rp 65.000,- sedangkan untuk reguler dengan harga Rp 80.000,- untuk anak usia 2 tahun sampai 16 tahun dan Rp 40.000 untuk pendamping usia 17 tahun keatas.

Baca juga :  7 Manfaat Pentingnya Bermain Outdoor bersama Anak

Tetapi untuk yang mau membeli tiket on the spot juga bisa langsung saat di area Funtopia dengan harga regular Rp 80.000,- untuk anak usia 2 tahun sampai 16 tahun dan Rp 40.000 untuk pendamping usia 17 tahun keatas.

Jadi tunggu apalagi, segera booking tiketnya dan ikuti keseruan Funtopia wahana balon terbesar di Surabaya. Acara akan digelar di Peninsula Bukit Darmo Golf, Surabaya pada 3 November – 2 Desember 2018 (Sabtu & Minggu saja) dengan jam operasi pk. 07:00–22:00.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi: https://www.traveloka.com/activities/indonesia/product/funtopia-balloon-park-surabaya-2000342688550

22 comments

  1. Alfan bahagia banget yak main ke Funtopia, eh Alfan apa emaknya ya yang lebih bahagia hahaha.

    Mupeng pengen ke sana, harus atur jadwal biar bisa lompat2 di balon gede.

    Kapan lagi, emak2 gadjah bisa lompat di balon gede ya kan hahaha

  2. Wah aku baru tau loh kalo ada wahana balon segede ini. Asik banget buat bangun bonding antara ortu dan anak ya mbak. Anak senang, emak juga seneng wkwk. Harganya terjangkau pula. Bye bye gadget 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.