Tips cara mencuci mobil yang benar bagi pemilik mobil lawas

Tips cara mencuci mobil yang benar bagi pemilik mobil lawas

Punya mobil lawas, tapi mesin masih oke punya. Jangan lupa lakukan perawatan supaya mobil lawas Anda semakin bagus dan tentunya makin etnik. Perawatan sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci mobil dengan benar. Loh bukannya mencuci mobil ya gitu-gitu aja ? jangan salah ya, mencuci mobil juga ada tekniknya berikut ini ada beberapa tips cara mencuci mobil yang benar bagi pemilik mobil lawas. Buat yang mobilnya masih baru tentu bisa dipraktekin juga biar mobilnya makin cling cling bling bling.

Beberapa bulan lalu bapak mertua saya nih membali salah satu mobil tua yaitu kijang kotak (Kijang Grand Ekstra). Itu loh mobil toyota kijang yang belakangnya bentuknya kotak. Dari penampang bentuknya emang udah tua sih, apalagi pas dilihat dari tahun belinya yaitu tahun 90 an. Ya ampun ini umur mobilnya seumuran sama anaknya.

Kesukaan terhadap mobil lawas membuat saya belajar kepada bapak tentang bagaimana merawat mobil agar tetap enak dipakai meski usiannya udah tua. Menurut bapak saya, semakin tua umur mobil, semakin menantang untuk perawatannya.

Adapun perawatan yang sering dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Merawat mesin mobil

Merawat mesin mobil adalah suatu keharusan jika ingin mobil lawas yang tetap bisa digunakan. Ibaratnya hardware mesih harus handal. Tak perlu mengganti spare part mesin dengan yang baru, cukup merawatnya dengan rajin akan mengurangi kerusakan.

Tipsnya adalah cek mesin minimal sebulan sekali. Yang perlu dicek adalah kebersihan sparepart dan isinya. Misalnya cek oli, jika sudah terlihat kotor sebaiknya diganti. Kemudian air aki, tak perlu menunggu habis dulu ya baru mengisi. Hal-hal sepele seperti itu yang membuat mesin jadi awet.

Baca juga :  Kiat menjaga kesehatan untuk kamu yang mempunyai aktivitas tinggi.

Lebih baik merawat mesin secara berkala dari pada harus membeli sparepart baru. Karena biasanya untuk mesih di mobil lawas harganya jauh lebih mahal dan tentunya barang susah didapatkan karena banyak pabrik yang sudah tidak memproduksinya.

  1. Mencuci mobil dengan benar

Perawatan kedua yaitu perawatan body mobil. Memang untuk menghadapi mobil lawas bisa jadi susah-susah gampangya. Eksterior mobil drprti lapisan catnya punjuga harus dipertahankan agar tetap terkesan unik dan lawas.

Begitupun bapak mertua saya memilih untuk tidak mengecat ulang mobilny adengan alasan ingin mempertahankan keaslian warnanya dan supaya terlihat mobil lawas.

baca juga : Pengalaman Naik Angkot di Kota Surabaya

Berikut ini adalah tips mencuci mobil dengan benar agar mobil tetap terjaga

  1. Pastikan pilih Lap yang sesuai dan bersih

Untuk membersihkan mobil, yang perlu diperhatikan adalah tool yang digunakan. jangan sampai lap atau alat yang digunakan justru malah membuat mobil semakin kotor. Harus banget pilih lap yang bersih karena jika menggunakan lap kotor akan ada kemungkinan cat mobil akan tergores dengan sisa-sisa kotoran dan debu di lap. Tentunya akan berakibat fatal dan membuat cat mobil menjadi rusak.

  1. Bersihkan debu terlebih dahulu

Debu yang ada di luar mobil harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum dicuci. gunakan kemoceng untuk mengusap halus semua permukaan mobil.

  1. Mencuci mulai dari atas

Menurut kebiasaan bapak , saya selalu diajarkan untuk mencuci mobil atau sepeda motor dari atas ke bawah. Mengapa demikian ? karena kotoran dari atas akan turun ke bawah. Plus secara logika jika setelah membersihkan ban, lalu membersihkan body mobil, maka catnya pasti akan rusak. Karena kotoran dari ban lebih banyak dari body mobil.

  1. Semprot dengan air mengalir dan bersih
Baca juga :  Tips Menjaga Tas Rajut

Kunci sukses mencuci mobil dengan bersih adalah pada airnya. Gunakan air bersih dan mengalir supaya mencuci menjadi mudah.

  1. Lap dengan spon atau kanebo untuk mengeringkan

Setelah dicuci bersih, lakukan tahap pengeringan dengan mengelap mobil menggunakan spon atau kanebo kering. Mobil yang telah dicuci harus dikeringkan dengan dilap supaya sisa air yang masih menempel pada mobil tidak memberikan bekas titik titik air.

  1. Bila perlu oleskan silicon supaya mobil lebih mengkilat

Bapak selalu menyempatkan untuk memberikan silicon setelah mobil dicuci karena fungsinya adalah untuk membuat mobil lebih mengkilat dan kelihatan cling. Selain itu dapat membuat cat mobil lebih awet.

baca juga : Tips Mudik saat sedang Hamil

Sebaiknya cuci mobil Anda setiap minimal sebulan sekali sesuai tinggak kekotorannya. Namun saran saya, cuci mobil jangan nunggu kotor banget, karena semakin sering debu kotoran dihilangkan, akan semakin mengurangi resiko cat rusak atau baret karena kotoran. Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.