15 Tips Awet Muda dan Sehat

Waktu cepat sekali berlalu, tidak terasa sudah akhir tahun. Rasanya seperti baru kemarin tahun baru sekarang sudah akhir tahun aja ya. Nah jika bicara masalah waktu yang paling erat kaitannya adalah dengan usia. Bertambahnya usia memang tak bisa ditolak, tetapi pastinya ada cara untuk terlihat awet muda. Di postingan kali ini saya akan bagi 15 tips awet muda dan sehat, supaya hidup lebih bahagia.

Tampak awet muda pasti menjadi impian setiap orang. Karena usia memang akan selalu bertambah, tetapi upaya menjadi awet muda masih bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

Banyak makan buah dan sayur

Banyak riset sudah membuktikan bahwa makan buah dan sayur akan membantu seseorang tampak awet muda. Selain itu memang konsumsi sayur membuat metabolisme tubuh menjadi seimbang. Serat akan membantu merawat organ pencernaan dengan baik.

Lalu, supaya tidak mudah sakit pastinya, konsumsi buah dan sayur setiap hari akan menjadi salah satu cara ampuh menjaga kesehatan tubuh.

Apakah kaliah sudah sering makan buah dan sayur ?

buah sangat baik untuk kesehatan (source:pixabay)
buah sangat baik untuk kesehatan (source:pixabay)

 

Konsumsi minyak zaitun

Minyak zaitun adalah minyak terhebat dan ampuh untuk segala macam resep kesehatan. Selain cocok untuk menjaga kulit wajah ternyata minyak zaitun yang dikonsumsi secara rutin mampu membuat seseorang nampak awet muda. Ini adalah cara cantik dari dalam sih menurut saya.

 

Tidur cukup dan berkualitas

Selanjutnya adalah masalah pola hidup sehat. Ternyata banyak orang tak menghiraukan masalah sepele ini. Dan berakibat fatal untuk kesehatannya. Tidur cukup dan berkualitas merupakan salah satu cara ampuh untuk menjaga kesehatan dan tentunya dapat membuat awet muda.

Seseorang yang tidur dengan cukup dan berkualitas akan terhindar dari penyakit berat di usia lanjut. Karena dengan tidur pula seseorang bisa mengurangi beban pikiran atau stress.

Nah buat yang hobi begadang perlu diingat nih, bahwa kekurangan tidur tak hanya buruk untuk tubuh tapi juga akan membuat nampak lebih tua karena keriput yang ada di mana-mana.

 

Menghindari konsumsi gula yang berlebihan

Cara awet muda selanjutnya adalah menghindari konsumsi gula yang berlebihan. Ini masih ada korelasi dengan kesehatan tentunya, karena jaman sekarang banyak sekali penyakit diabetes atau kelebihan gula, dan penyakit menyeramkan itu pasti akan banyak menyerang diusia tua, maka sebaiknya kita menghindari konsumsi gula berlebihan sejak sekarang.

Warning usia yang dianjurkan untuk mulai mengurangi gula adalah usia 30 tahun.

Mengonsumsi sumber antioksidan

Antioksidan diperlukan untuk tubuh khususnya untuk kulit. Supaya terlihat awet muda, maka harus rajin mengkonsumsi antioksidan.

Makanan yang mengandung banyak antioksidan adalah makanan yang banyak mengandung vitamin B dan vitamin E. Untuk asupan vitamin B6 dan B12, santaplah ikan dan daging unggas. Sementara vitamin E bisa didapat dari wheat germ oil, biji bunga matahari, dan almond.

Konsumsi makanan fermentasi

Makanan yang difermentasi memiliki antioksidan hebat dan sifat anti-inflamasi,” tutur Craig Kraffert, MD, seorang ahli dermatologi.

Makanan yang difermentasi seperti kimchi, yogurt, tempe, dan sauerkraut sangat kaya akan probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Juga dapat melawan penuaan dini.

Perkaya nutrisi dengan asam lemak Omega-3

 “Asam lemak Omega-3 bisa menjadikan kulit tampak lebih muda dan sehat dengan mengatasi inflamasi kulit seperti jerawat dan psoriasis,” kata Keri Gans, RD, konsultan gizi dan penulis The Small Change Diet.

Asam lemak akan menjadi lemak tidak jenuh yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Asam lemak tak jenuh juga membantu merasa kenyang lebih lama dan membantu tubuh menyerap vitamin dan menurunkan resiko penyakit kardiovaskular.

Membiasakan berolahraga teratur

Selain makan dan istirahat ternyata olahraga juga menjadi cara awet muda yang harus dipraktekan segera. Karena berolahraga akan menjaga kondisi tubuh selalu fit serta membuat peredaran darah menjadi lancer.

Olahraga teratur akan mengurangi resiko penyakit berat yang mampir diusia tua.

Eksfoliasi dengan cara yang tepat

Selain perawatan dari dalam ternyata cara awet muda juga dapat dilakukan dengan upaya merawat dari luar tubuh. Eksfoliasi kulit wajah yang tepat akan membuat sel kulit mati terkelupas dan digantikan dengan sel kulit yang baru sehingga akan lebih terlihat fresh.

Lembapkan kulit sehabis mandi

Menjaga kelembapan kulit juga dapat dilakukan untuk mengurangi garis keriput pada kulit tubuh maupun kulit wajah. Karena keriput akan membuat seseorang terlihat lebih tua, maka harus dijaga kelembapannya supaya tetap terlihat glowing awet muda.

Bersahabat dengan vitamin C

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Nutrition, orang-orang yang rutin mengonsumsi makanan kaya vitamin C memiliki kerutan lebih sedikit. Mereka juga tidak bermasalah dengan kulit kering yang disebabkan penuaan.

Vitamin C ini dapat dikonsimsi maupun dalam bentu serum vitamin c yang dioleskan pada wajah. Keduanya bisa dilakukan karena sama-sama berfungsi untuk tubuh.

Membersihkan wajah sebelum tidur

Rutin mencuci muka adalah salah satu upaya menjadi awet muda (source : pixabay)
Rutin mencuci muka adalah salah satu upaya menjadi awet muda (source : pixabay)

Upaya dari luar lain yang bisa dilakukan adalah selalu rutin membersihkan wajah sebelum tidur. Karena akan membuat sel kulit dapat meregenerasi dengan baik.

Jika kalian malas membersihkan wajah sebelum tidur pasti kulit wajah menjadi terlihat kusam dan tidak segar. Karena sebaik-baiknya kulit adalah yang selalu terawatt.

Banyak minum air

Tidak bisa dipungkiri bahwa memperbanyak minum air bisa menjadi cara awet muda yang ampuh. Karena dengan air, system metabolisme terjaga, serta kulit tidak akan terlihat kering dan keriput.

Kurangi stress

Stress harus dikurangi karena itu adalah salah satu cara awet muda yang harus dilakukan. Kelihatannya gampang tetapi mengurangi stress ini terkadang sulit dilakukan.

Cara mengurangi stress yang tepat adalah seimbangkan aktivitas, perbanyak senyum dan rasa bahagia.

Adanya jaminan bahagia

Bahagia itu wajib ya, karena cara awet muda adalah dengan bahagia. Nah untuk bahagia tiap saat gimana ya caranya. Saya menambahkan jaminan bahagia ini dengan cara adanya asuransi jiwa yang menjamin hidup saya. Jadi bisa dipastikan akan bahagia setiap saat karena jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi otomatis sudah dicover asuransi jiwa.

Tetapi asuransi seperti apa yang harus dipilih ? sementara kita tahu banyak sekali asuransi yang ada. Kalian tidak perlu bingung jika ingin membandingkan atau ingin memilih asuransi yang tepat, karena ada Futuready.com.

Futuready.com adalah Supermarket asuransi online berlisensi OJK. Jadi memang layaknya supermarket, di futuready.com ini pengunjung dapat dengan mudah membandingkan dan membeli asuransi dengan pilihan paling lengkap.

Adapun jenis asuransi yang ada di futuready.com ini meliputi asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan dan asuransi mobil. Transaksi di supermarket asuransi ini sangat aman, prektis, susuai kebutuhan dan pastinya aman.

Bisa dipastikan bahagia setelah ada asuransi yang menjamin kebahagiaan.

Dari 15 tips awet muda diatas apakah sudah ada yang kalian lakukan ?

Yuk berusaha melakukannya supaya tetap terlihat awet muda meski usia sudah tak lagi muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.