Hai readers, dari pada ngelamun, sepertinya lebih enak ngopi ya. nambah maknyus lagi jika ngopinya sambil sharing bermanfaat.

 

Kali ini saya mausedikit share hasil Ngopi Cantik bareng Beautiesquad dengan pemateri teh Langit Amaravati hari Sabtu 13 Januari 2018 kemaren. Sorry banget ya kalo sedikit telat updatenya, soalnya si kecil Alfan lagi sakit, jadi mamanya susah bagi waktu buat cas cis cus di blog.

Yups, udah pada siap belum nih ? saran saya bikin kopi dulu ya, biar pas baca tulisan ini jadi ngikut suasana ngopi cantik kemaren hihihi.

Sebelum terlalu jauh, saya akan menjabarkan dulu apa pentingnya belajar ejaan yang benar. Untuk para blogger dan penulis, ejaan yang benar itu sangat penting. Ye jelas lah ya, jika mau jadi penulis yang baik, maka tulisannya harus benar dan sesuai dengan aturan bahasa yang benar. Kan tidak pernah ada ceritanya penulis buku banyak typo nya. Bisa-bisa bukunnya gak lakukan ya.

Sama halnya dengan penulis, seorang blogger juga hampir sama, karena mereka juga menulis. Namun medianya saja yang berbeda. Eh tapi jika ada sebagian blogger naif yang tidak mau belajar tentang tata bahasa ataupun ejaan yang benar, yaudah senyumin aja lah ya.. mungkin mereka tidak mau berproses dengan baik.

Apa itu Ejaan yang benar ?

Ejaan adalah kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang benar yang sesuai dengan KBBI (Kamus Besar Bahas Indonesia) dan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).  Yang mau belajar secara online, silakan diakses disini ya

Ini link KBBI: https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Anda bisa mengunduh PUEBI terbaru di sini: https://drive.google.com/file/d/0BxQ13q4Vor5hMzJ4aEgtTE1tTEk/view

baca juga : Hari Blogger Nasional : Liku Liku Hobi menjadi Blogger

Gaya Bertutur

Jadi apa sih gaya bertutur itu? Sederhananya, gaya bertutur adalah gaya kita menyampaikan sebuah topik baik itu cerita, opini, berita dan sebagainya. Seni menyampaikannya itulah yang disebut gaya bertutur. Santai, serius, humoris, adalah label yang biasa disematkan pada gaya bertutur tersebut.

Pentingnya Menggunakan Tata Bahasa yang Benar  

Untuk seorang blogger, kenapa harus belajar ejaan yang benar ? berikut ini beberapa manfaat kenapa blogger harus menulis dengan benar dan sesuai kaidah bahasa.

  1. Kredibilitas

nampaknya saat ini blogger sudah sangat banyak dan persaingannya juga semakin sengit. Jadi jika ingin dianggap blogger profesional dan bukan blogger abal-abal ya harus menulis dengan ejaan yang benar ya. Karena dengan begitu kredibilitas dan nilai tulisan seorang blogger tersebut akan meningkat jika tulisannya benardan enak dibaca.

  1. Google

Salah satu faktor yang menentukan penilaian peringkat sebuah situsweb adalah kualitas tulisannya. Diantaranya ejaan, tata bahasa, dan minim typo. Saat ini, google sudah semakin pintar untuk mendeteksi suatu situs web, karena konten yang isinya bermanfaat dan menggunakan ejaan yang benar pasti akan lebih banyak direkomendasikan untuk dibaca dibandingkan konten abal-abal yang tidak berkualitas.

  1. SEO

Meski mesin pencari sudah sedemikian pintar sehingga bisa menafsirkan bahkan keyword dan meta description yang salah eja, namun jika ada dua artikel yang membahas topik yang sama, maka yang akan DIPRIORITASKAN untuk tampil di hasil pencarian adalah yang tata bahasanya lebih benar

  1. Pembaca

Pembaca mana yang betah membaca blog yang tulisannya tidak karuan ejaanya dan banyak typo. Jadi, disamping materi tulisan, ejaan juga akan membuat pembaca merasa betah atau tidak untuk membaca blog kita.

  1. Monetisasi

Jika ingin diajak kerja sama dengan Brand ternama, pastikan tulisan menggunakan ejaan yang benar. Karena brand tidak akan meng- hire blogger dengan tulisan berantakan.

  1. Lomba blog

Pernah ikut lomba blog ? pernah baca tulisan para pemenangnya ? pastilah tulisan yang menang adalah tulisan berkualitas yang setidaknya tidak ada kesalahan dan ditulis dengan ejaan yang benar. Saran saya untuk para blogger yang hobi ikut lomba blog, usahakan menulis dengan benar ya.

baca juga : 6 Cara Asik Dapatkan Backlink dengan Mudah

Jadi materi di Ngopcan kali ini memang sangat menarik. Dan untungnya saya mendapatkan kesempatan untuk bertanya kepada teh Langit.

 

Saya :  Ada 2 pertanyaan ya teh…

  1. Teh, Bagaimana ya caranya supaya gaya bertutur kita dalam tulisan itu bisa enak dibaca ? butuh tips dan trik khusus ni teh..

Karena kayaknya blog saya gaya bahasanya masih standart saja.

Terus kalau mau nulis tutorial apa gaya bertutur juga disamakan dengan kalau kita nulis curhat? Apakah harus dibedain atau bagaimana sebaiknya ya ?

  1. Cara menulis judul yang baik dan benar itu bagaimana ya teh.. dan yang bikin orang pengen klik judul itu ? Karena pas baca-baca teknik SEO ternyata judul itu juga termasuk salah satu yang harus diperhatikan.

Jawaban dari Teh Langit :

  1. Latihan. Ini tip standar tapi memang itu, sih. Sama seperti pertanyaan pertama tadi: coba bacakan keras-keras, kalau sekiranya enak didengar, berarti pembaca juga akan enak membacanya. Menulis surat bagus untuk latihan gaya bertutur.

Tutorial dan curhat boleh-boleh aja sih disamakan atau dibedakan,  yang penting kita nyaman dan pesan/tutorialnya sampai. Saya sendiri punya dua gaya bertutur:

– Semi formal >> tutorial dan tulisan lainnya

– Semi puitis >> untuk lomba story telling dan curhat

  1. Iya, judul adalah H1 yang akan pertama kali ditandai oleh mesin pencari. Judul yang benar adalah judul yang deskriptif atau yang menggambarkan isi artikel. Judul yang clickable kadang tidak segaris lurus dengan judul yang deskriptif. Hindari menulis judul ala portal online seperti ini: Lakukan Tiga Cara Ini Agar Kulit Kamu Lebih Cling

Ini tuh apaan? Konon itu untuk membuat orang penasaran, tapi entahlah, bagi pembaca seperti saya judul-judul seperti itu menyebalkan.

baca juga : 10 Wish list blogging yang menjadi penyemangat tahun ini.

Nah, maaf banget ya, saya hanya bisa share cuplikan tanya jawab saya saja. Karena sebagian besar pertanyaan juga hampir sama. Pokoknya intinya materi ngopi canti kali ini memang sangat dibutuhkan untuk seorang blogger. Bagi kalian yang ingin belajar langsung dengan teh Langit bisa banget belajar di Wisatakata.id

 

Kesimpulan

Kesimpulan dari NGOPCAN kali ini adalah kita bisa memulai belajar tata Bahasa dari ejaan dan gaya bertutur. Ejaan bisa merujuk pada KBBI dan PUEBI. Sedangkan gaya bertutur menunjukkan cara blogger menyampaikan topik. Hal ini penting penting untuk kredibilitas blogger, page rank, SEO. Ejaan dan gaya bertutur juga memudahkan pembaca agar nyaman membaca tulisan kita. Selain itu, brand tidak akan meng-hire blogger yang tulisannya berantakan. Tata Bahasa juga berperan penting untuk kita jika mengikuti lomba blog.