Beruntung pernah belajar 3 ilmu ini

Teringat jaman dahulu sering ditanya oleh orang tua, kuliahmu itu belajar apa ? dan nanti kamu mau jadi apa setelah kuliah ?
Pertanyaan klasik orang tua yang masih belum mengerti fungsi kuliah untuk anaknya. Namun sekarang saya sudah bisa menjelaskan kepada orang tua saya, hasil dari ilmu yang saya dapat saat kuliah dan untuk apa. Kini mereka bangga karena saya telah mempunyai skill setidaknya untuk meningkatkan kehidupan saya sendiri.

Ilmu yang menurut saya masih melekat dan bermanfaat untuk saya emang banyak sekali. Tetapi ada 3 ilmu yang membuat saya bangga, baagia dan tidak menyesal pernah mempelajarinya. Bahkan sampai saat ini pun masih saya gunakan dan saya berusaha untuk terus mengupgrade kemampuan saya.

baca juga : Potret Pembangunan Telekomunikasi Indonesia masa kini

Pemrograman / coding

Bagi sebagian orang, mungkin sulit menerima pelajaran ini. Namun, saya suka dengan tantangan saat belajar pemrograman. Saat kuliah dulu, mata kuliah pemrograman dasar saya mendapatkan nilai C untuk semester pertama. Namun untuk semester selanjutnya dan sampai sekarang saya justru tertantang untuk terus bisa menakhlukkan masalah di pemrograman/ coding ini.

Pengalaman bekerja disalah satu perusahaan software house juga membuat ilmu saya semakin bertambah. Karena pada dasarnya ilmu coding saya ini adalah murni otodidak dan belajar dari internet.

Coding ini seperti menjadi passion dan hobi saya, buktinya sampai saat ini saya juga masih menggunakannya untuk keperluan hobi dan sekedar utak atik blog. Pernah beberapa kali ingin mengikuti lomba coding, untuk membuat suatu aplikasi mobile ataupun website, namun lagi-lagi gagal karena kurangnya waktu yang saya miliki. Kehidupan sebagai mommy yang bekerja sudah membuat saya kurang istirahat. Mungkin suatu saat nanti, jika anak sudah mulai besar saya bisa fokus lagi untuk membuat aplikasi. Karena saya masih punya mimpi untuk memiliki rumah digital yang dapat menghasilkan karya-karya digita bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari.

baca juga : Belajar Membuat Website Sendiri Sebagai Bekal Kelola Bisnis Rumahan

Networking

Networking dalam arti yang sebenarnya adalah pelajaran jaringan komunikasi baik jaringan telephone ataupun jaringan komputer. Pelajaran ini saya senangi karena ini adalah inti dari kuliah saya. Selain itu karena sekarang ini saya bekerja di salah satu perusahaan telekomunikasi tentunya ilmu jaringan ini selalu saya pakai.

Karena pekerjaan saya adalah megurusi jaringan telephone. Yaitu bagaimana sinyal bisa sampai ke HP dan bagaimana supaya semua orang bisa internetan dan telephone secara nyaman dan tanpa ada gangguan. Sering juga melakukan konfigurasi jaringan komputer di beberapa kesempatan. Jadi bisa lah mamak ini mengatasi masalah wifi atau maslah internet komputer yang tidak konek wifi.
Pernah belajar router dan juniper juga dan ilmu itu memang luar biasa penting juga, karena saat bekerja sebagai engineer saya juga memakai ilmu itu. Selalu dihadapkan dengan problem jaringan dengan perangkat-perangkat itu.

Bahasa

Bahasa adalah jendela dunia, menurut saya dengan belajar bahasa kita dapat mengerti orang lain, mengerti kehidupan di dunia ini. Belajar bahasa tidak pernah ada ruginya dan bahasa juga harus dijadikan sebagai kebiasaan karena akan digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Bahasa indonesi penting, karena kita hidup di Indonesia. Nah, karena saya adalah seorang blogger, belajar bahasa Indonesia yang benar adalah kewajiba yang harus saya lakukan. Karena sebagai penulis, pastilah harus menulis dengan tata bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa.

baca juga Ngopi Cantik Bareng Beautiesquad Tentang Pentingnya Belajar Ejaan yang Benar

Untuk bahasa Inggris, ini sangat perlu dipelajari, karena sebagai bahasa universal. Jika mau keluar negeri, atau berinteraksi dengan orang luar Indonesia pasti menggunakan bahasa inggris. Seperti saya yang bekerja di perusahaan multi nasional, maka saya harus mahir berbahasa inggris. Terlebih lagi karena atasan saya dan team kerja saya adalah dari luar Indonesia. Jadi kita berkomunikasi dengan bahasa inggris.

Sebenarnya semua ilmu adalah bermanfaat, karena derajat seseorang akan naik jika memiliki ilmu. Apalagi jika ilmunya dibagikan ke orang lain supaya bermanfaat.

Nah, kalian paling suka dengan ilmu apa hayoo, jangan lupa komentar untuk share ilmu kalian, siapa tau bisa bermanfaat juga.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *