Rahasia design kece di blog dengan 5 Aplikasi di Android ini

Saat ini para penggiat media online sepertinya sedang berlomba-lomba untuk membuat konten kreatif. Kebutuhan visual dan audio untuk sebuah informasi kini mulai tinggi. Tak heran sekarang ini media online yang paling banyak menarik perhatian adalah yang mampu memuaskan pandangan mata si pembaca.

Jujur saya juga lebih tertarik membaca blog dengan didukung gambar atau infografis yang keren dan kece. Dari pada blog yang monoton isinya hanya tulisan saja.  Secara naluri keindahan itu akan membuat pembaca nyaman dan merasa senang.

Apalagi jika suatu informasi dikemas secara apik dalam infografis yang keren, pasti banyak pengunjung yang betah.

Tapi, kendalanya bikin infografis, gambar pendukung atau bahkan header blog yang keren itu juga susah. Butuh kepiawaian dalam design grafis. Nah kalo saya sih nyerah dan angkat tangan aja karena emang basicnya bukan orang design. Kadang buat judul blog post aja bisa lama banget hanya buat utak atik designnya.

baca juga : 5 Aplikasi untuk Instagram Story Lebih Keren

Buat teman-teman yang punya problem sama seperti saya, sini saya bisikin ada 5 aplikasi kece buat design di HP Android loh. Tak perlu belajar basic design jug hasilnya akan bagus. Dan aplikasi ini bisa banget loh untuk kalangan umum, bukan hanya para blogger atau media saja, semua orang bisa pake dan pasti gratis.

  1. Snapseed

Aplikasi edit foto ini adalah andalan untuk saya. Yang paling saya suka dari aplikasi ini adalah ada fitur Healing yaitu fitur untung menghilangkan objek yang tak diinginkan.

snapseed di play store

Jika foto selfiemu tidak nampak indah karena ada noda bekas jerawat, aplikasi ini langsung bisa membersihkan noda bekas jerawatmu tanpa effort yang besar hahaha.

Selain itu, ada tools Selective untuk editing bagian yang lebih detil. Tools ini bisa digunakan untuk Brightness, contrast, saturation, dan structure  foto yang lebih detail.

  1. WordSwag

Aplikasi editing text yang bisa untuk nulis quote dan judul blog post ini bisa jadi opsi pilihan. Di aplikasi ini menawarkan kemudahan membuat tulisan dengan berbagai font yang bagus dan kece. Selain tulisan, aplikasi ini juga dapat disisipi gambar background.

WordSwag di Play store

Berikut ini hasil editing dengan WordSwag:

Judul Blog Post ini dibuat dengan WordSwag

Andalan dari aplikasi ini adlah kita dapat mengambil gambar langsung dari pixabay sehingga dapat memilih bacground yang bagus sesuai keinginan kita dengan resolusi yang tinggi.aplikasi ini berbayar, namun jika Anda menginginkan yang free bisa menggunakan aplikasi text swag. Hampir sama namun bedanya di jenis font yang tersedia.

  1. Blend Collage

Mau menggabungkan foto, tapi bingung templatednya apa ? aplikasi Blend Collage ini bisa jadi senjata andalan. Gabungin foto lebih dari satu tambah text juga bisa. Ibarat gambar berlayer-layer bisa jadi satu disini. Prinsip apliakasi hampir sama dengan photoshop namun ini lebih simple.

Blend Collage di play store

Berikut ini hasil editing dengan Blend Collage:

yang ini dibuat dengan Blend Collage yang menggabungkan beberapa foto
  1. Designer

Designer ini adalah aplikasi andalan saya untuk membuat judul blog post. Fitur di aplikasi ini banyak sekali, kayaknya harus dikupas tuntas di tulisan berikutnya. Kemudahan yang diberikan dan templated yang tersedia membuat pengguna terbuai.

Designer di play store

Ada juga templated logo, card, header sosial media, templated infografis yang kece abis pokoknya.  Aplikasinya ada yang free dan ada juga yang berbayar. Selama ini saya masih pakai yang free sih. Itu aja udah cukup membantu kebutuhan design saya.

  1. Canva

Canva adalah aplikasi design berbasis online yang hampir sama dengan Designer. Canva bisa diakses di laptop, dan adaversi androidnya juga.

Poster, inforafis, flyer, card sampai media kit semuanya ada templatednya di canva ini. Tidak ada bedanya canva versi web dan versi di android. Untuk login canva, Anda menggunakan akun. Jadi canva yang dikases di web sama dengan akun yang di android.

Canva di play store

Semua hasil design di canva ini dapat disimpan dan digunakan kembali saat dibutuhkan untuk di edit.

Saya sangat terbantu dengan aplikasi diatas. Meski kelihatannya seperti membuat design dengan cara instan, namun hasiknya juga tidak kalah keren dengan editing para master.  Untuk yang buta banget masalah design saya rasa aplikasi diatas sangat membantu.

Postingan selanjutnya sepertinya perlu untuk dibahas detail per aplikasi dan cara editingnya. tunggu postingan selanjutnya ya…

Semua aplikasi di atas saya download dan pergunakan di HP android karena saya merasa lebih cepat mendesign sesuatu di HP. Untuk hasil gambarnya tak kalah dengan aplikasi yang di jalankandi laprop atau komputer. Selain menghemat resolusi, aplikasi berbasi android ini efektif digunakan dimana saja jadi ketika sedang mood desin langsung deh buat tanpa harus nyalain laptop.

Kalau kalian lebih suka design dengan HP atau dengan Laptop hayo ?

Apakah ada rekomendasi aplikasi design lain yang lebih kece dan user friendly untuk dicoba, jangan sungkan-sungkan tinggalkan komentarnya ya.