5 Fungsi Utama Saluran Cerna Anak yang Sehat

Menjaga kesehatan saluran pencernaan anak memang bukan perkara sepele. Khususnya anak usia dibawah 2 tahun yang saluran pencernaannya masih belum sempurna. Pasti para bunda juga sering merasakan bingungnya ketika anak tiba-tiba sembelit, atau tiba-tiba diare. Tetapi bunda tak perlu khawatir karena semua masalah pencernaan anak semata-mata terjadi karena saluran pencernaannya yang masih berkembang menjadi lebih sempurna.

Kenyamanan percernaan anak dapat diartikan sebagai rasa nyaman anak karena saluran percernaanya berfungsi dengan baik. Nah, jika saluran pencernaan anak sehat, maka akan mendukung 5 fungsi dalam tubuh lainnya yaitu

Penyerapan Makanan

Fungsi utama saluran pencernaan adalah sebagai penyerapan makanan. Bayi memerlukan jumlah kalori yang besar untuk memenuhi pertumbuhan yang sangat cepat pada bulan pertama kehidupannya. Dan ASI (Air Susu Ibu) dengan kandungan lemaknya yang tinggi menjadi pilihan yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan kalori bayi.

Pada usia 4-6 bulan pertama pada anak, sistem saluran percernaan anak akan mengalami perubahan yang pesat untuk pematangan fungsinya sehingga saluran pencernaan anak siap untuk menyerap makanan lebih sempurna.

Jika nutrisi yang bunda berikan adalah nutrisi terbaik, maka nutrisi yang akan diserap juga akan maksimal. Tetapi masalahnya, sudahkah bunda memperhatikan kandungan nutrisi yang dikonsumsi anak kita? Rasanya kog susah ya, jika tiap hari kita menimbang dan memperkirakan berapa nutrisi, dan kandungan gizi dari suatu makanan yang dikonsumsi anak kita. Jadi para bunda sekalian pastinya butuh suatu makanan pendamping yang telah di formulasikan khusus dengan takaran dan kandungan gizi terbaik.

Pertahanan Alami Tubuh

Saluran cerna sehat tidak hanya menjalankan fungsi sebagai pencerna makanan dan menyerap sari makanan. Tetapi juga berfungsi sebagai pertahanan tubuh. Selain mengeliminasi kuman pathogen. Fungsi pertahanan tubuh juga diterapkan melalui respon memori terhadap kuman, seperti pada inveksi dan vaksin.

Lebih dari 40% jaringan saluran cerna dibentuk oleh jaringan limfoid yang dikenal sebagai Got Associated Lymphoid Tissue (GALT). GALT merupakan system kekebalan imun terbesar tubuh anak. Jadi dengan menjaga saluran pencernaan anak makan sama halnya juga menjaga system pertahanan alami tubuh anak.          

Pertumbuhan dan Perkembangan

Kesehatan saluran pencernaan anak pada 1000 hari pertamanya merupakan factor yang berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan fisik anak. Inilah alasan kenapa banyak penyuluhan untuk ibu-ibu supaya memperhatikan saluran pencernaan anak karena jika ada masalah pada perutnya, akan sangat besar pula pengaruh perkembangan fisik dan mental anak. Yang paling terlihat adalah stunting pada anak.

Jadi penting bagi ibu untuk selalu mengetahui perkembangan dan pertumbuhan fisik anaknya. Pertumbuhan anak dipantau dengan bantuan kurva pertumbuhan karena memang ini erat kaitannya dengan sistem pencernaan anak.

Anak yang mempunyai pencernaan yang sehat juga cenderung lebih aktif dan perkembangan emotionalnya terjaga dengan baik. Jadi stimulus perkembangan fisik dan mental anak tidak hanya diberikan secara rutin tetapi juga kesehatan saluran cerna juga harus diperhatikan.

Pengaruh Perkembangan Otak

Keterlibatan saluran cerna terhadap perkembangan otak sangat besar. Karena semua yang terjadi pada saluran cerna anak akan mempengaruhi fungsi otak. Mengapa demikian ? karena terdapat saraf vagus yang berfungsi menjembatani sistem saraf pusat otang dengan sumsum tulang belakang dengan jutaan sel saraf pada saluran cerna.

Selain itu beberapa zat yang dihasilkan oleh bakteri pada saluran cerna seperti asam amino, dan GABA(gamma-aminobutirat)yang menormalisasi gelombang dan glutaman yang berperan dalam fungsi kognisi, pembelajaran dan memori otak.

Mengatur Suasana Hati

Salah satu fungsi saluran cerna anak adalah pengatur suasana hati. Nah, ibu-ibu pasti paham bener kalo ini. Bagaimana tidak, seorang anak yang memiliki gangguan pada pencernaannya missal diare atau sembelit, pasti suasana hati anak akan berubah dan jadi rewel karena memang sedang merasakan perut yang tidak nyaman.

Beberapa hormon yang mempengaruhi suasana hati anak memang dihasilkan dari saluran pencernaan. Misalnya serotomin. Jadi memangsaluran cerna yang sehat akan membuat anak merasa nyaman dan lebih bahagia.

Setelah mengetahui beberapa fungsi dari saluran pencernaan anak yang sehat, kini ibu-ibu harus selalu berupaya untuk menjaga kondisi saluran pencernaan anak. Dalam upaya tersebut, diharapkan para ibu tau bagaimana kadar nutrisi makanan dan susu pendamping yang diberikan kepada anak.

Dalam hal ini, bebelac gold dapat menjadi salah satu opsi buat para bunda dalam memilih nutrisi yang paling baik bagi saluran pencernaan anaknya. Bebelac Gold yang dilengkapi Advansfiber menjadikan Bebelac gold lebih kaya akan serat pangan yang sehat.

Komponen Advansfiber terdiri dari fish oil, Corn starch fos:gos serta 13 vitamin dan 7 mineral. Wow ternyata formula baru Bebalac Gold ini benar-benar membantu menjaga kesehatan saluran cerna anak. Kandungan minyak ikan 0,32%, asam amino (omega 3) dan asam linoleat (omega6) menjadi salah satu fungsi untuk membantu perkembangaan otak si kecil.

Kemudian Bebelac gold juga memiliki tinggi serat pangan yang baik untuk saluran cerna anak. Bebelac Gold terdiri dari FOS:GOS 1:9 dan pati jagung (corn starch ) 1,07%. Dengan konsumsi Bebelac Gold sebanyak 3 kali dalam sehari dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian anak.

Jadi bagaimana bunda?

Sudahkah memilih nutrisi yang tepat untuk saluran pencernaan anak yang sehat.

Ayo jaga kesehatan perut anak dengan bebelac gold.                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.