Amankan Website Sebelum Diblokir Google dengan SSL

Selama beberapa tahun terakhir ini, Google mencoba meningkatkan keamanan website di internet dengan sistem enskripsi HTTPS. Mulai tahun lalu, Google sudah menandai situs yang berawalan HTTP ditandai sebagai “not secure” atau tidak aman. Ini merupakan salah satu upaya Google untuk mengadvokasikan HTTPS. Mulai bulan Juli 2018 kemaren, bersamaan dengan dirilisnya Chrome 68, Chrome akan menandai semua situs HTTPS sebagai “not secure”. Anda bisa mendapatkan HTTPS pada situs Anda dengan menginstal dan mengaktifkan SSL.

contoh site yang belum menggunakan HTTPS

Nah, ternyata website saya juga belum pakai HTTPS nih, karena di akses di google crome masih ada keteranagan Not Secure. jadi harus segera di ubah ke HTTPS

by ike

Apa itu HTTPS?

Sebelum kita membahas lebih lanjut, mungkin ada dari kalian yang tidak mengetahui apa itu HTTPS. HTTPS merupakan versi aman dari HyperText Transfer Protocol atau HTTP. Huruf ‘S’ pada HTTPS merupakan singkatan dari ‘secure’. HTTPS untuk memastikan bahwa komunikasi antara pengguna browser dan server website berjalan dengan aman. Biasanya, untuk mengetahui apakah sebuah situs sudah menjadi HTTPS yaitu melalui address bar berwarna hijau atau lambang gembok yang terlihat pada browser. Itu menunjukkan bahwa koneksi antara browser dan server website berjalan dengan aman.

Mengapa perlu HTTPS?

Awalnya, HTTPS dipakai oleh berbagai website e-commerce atau siapa pun yang menerima pembayaran online untuk memastikan bahwa detail pembayaran rahasia yang sensitif dapat dikirim dengan aman untuk mencegah mereka dicuri oleh pembobol atau hacker.

Namun, dengan meningkatkan keamanan online telah menjadi sangat penting dalam beberapa tahun terakhir dan Google terus menekankan akan pentingnya HTTPS untuk situs. Bahkan Google mengumumkan bahwa HTTPS akan menjadi salah satu faktor dalam algoritma ranking mereka. Ini membuat banyak situs langsung beralih ke HTTPS.

Oleh karena itu HTTPS sangat disarankan dipakai untuk bisnis apa pun yang berfokus untuk meyakinkan user ke situs web anda, mengamankan situs web, mencapai ranking teratas di halaman hasil pencarian serta menjaga bisnis online mereka di masa depan.

Google mewajibkan semua situs berubah ke HTTPS

Google menyarankan semua website untuk menggunakan ke HTTPS

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sudah banyak situs yang beralih ke HTTPS supaya situs mereka aman bagi semua orang. Google menganalisa bahwa tahun lalu progress yang berjalan sudah baik :
● Lebih dari 68% traffic Google Chrome di OS Android dan Windows sudah terlindungi
● Lebih dari 78% traffic Google Chrome di OS Chrome dan Mac sudah terlindungi
● 81 dari 100 websites paling populer sudah menggunakan HTTPS

Google mengatakan bahwa Chrome sendiri memang didesain supaya pengaturan HTTPS dapat dilakukan dengan mudah. Mereka menyediakan fitur audit mixed content untuk membantu developers melakukan migrasi website ke HTTPS pada versi Node CLI terbaru dari Lighthouse, sebuah tool otomatis untuk memperbaiki halaman website.

Audit baru yang berada di Lighthouse membantu developers untuk menemukan mana yang loading memakai HTTPS dan mana yang sudah siap untuk dialihkan ke HTTPS dengan mengubah referensi sub resource ke versi HTTPS-nya.

contoh situs yang sudah support HTTPS

Interface baru Chrome akan membantu user dapat mengerti bahwa semua website HTTP tidaklah aman. Ini dilakukan supaya website-website segera beralih ke HTTPS. Sekaran HTTPS juga lebih mudah dan lebih murah untuk dipakai. Dengan HTTPS, Anda dapat meningkatkan performance website dan berbagai fitur powerful yang mungkin tidak tersedia untuk HTTP. Untuk para developer, Google sudah menyediakan panduan setup HTTPS untuk Anda sekalian.

http vs https

Cara mendapatkan SSL certificate

Untuk mendapatkan https di awal website Anda, Anda memerlukan sertifikat SSL. Untungnya, SSL sangat mudah dan simple untuk di set-up. Jika kalian mencoba untuk mengakses website dengan https sebelum menginstal sertifikat SSLnya, Kalian hanya akan melihat error di layar browser Anda.

Untuk memakai sertifikat SSL, Anda memerlukan sebuah hosting dengan dedicated IP Address. Kebanyakan perusahan webhosting terbaikbiasanya meletakkan situs Anda di shared IP dimana beberapa situs menggunakan satu lokasi IP Address yang sama. Dengan dedicated IP Address, Anda bisa memastikan bahwa traffic yang menuju ke IP Address tersebut hanya akan masuk ke website Anda.

Kemudian, Anda perlu membuktikan bahwa situs Anda adalah milik Anda. Cara melakukannya dengan membuat sebuah sertifikat SSL. Sertifikat ini merupakan sebuah paragraph yang berisi angka dan huruf yang hanya diketahui oleh situs Anda.

Ketika user mengunjungi situs Anda melalui HTTPS, password tersebut akan dicek dan jika sesuai, mereka secara otomatis akan memverifikasi keamanan website Anda. Mereka juga akan mengenskripsi apapun yang masuk dan keluar dari website tersebut. Untuk mengaktifkan dan menginstalasi SSL, Anda dapat meminta bantuan dari perusahaan hosting seperti IDwebhostcom untuk melakukannya. Jika sudah terpasang, berarti website Anda sudah dapat diakses melalui HTTPS.

SSL Gratis dari IDwebhost

Dengan membeli paket hosting tahunan di IDwebhost, anda otomatis akan mendapatkan ssl gratis. Dan tentunya SSL gratis ini merupakan tipe SSL dengan tingkat kepercayaan yang lebih rendah jika dibanding dengan SSL berbayar.

Untuk fitur SSL, IDwebhost juga memiliki RapidSSL Standard. Apa artinya? Semua cloud VPS IDwebhost sudah diamankan sesuai dengan standard terbaik dari SSL Labs pada semua produk sertifikat SSL. Anda bisa mendapatkan SSL free untuk setiap pembelian paket hosting tahunan. Jadi, seperti yang dapat Anda lihat, keamanan situs Anda akan sangat terjaga jika Anda memakai hosting dari IDwebhost. Kami memastikan bahwa situs Anda akan selalu aman.

Lalu bagaimana cara untuk mendapatkannya? Setelah Anda membeli paket hosting dari IDwebhost, Anda bisa menghubungi customer support yang online untuk membantu Anda dalam menginstal dan mengaktifkan SSL website Anda.

Inti dari HTTPS

Kesimpulan

Di artikel ini, IDwebhost sudah membahas semua tentang HTTPS dan SSL. Mulai dari pengertian HTTPS, manfaat HTTPS untuk website anda, bagaimana cara untuk mendapatkan sertifikat SSL, dan cara mendapatkan SSL gratis dari IDwebhost . Seperti yang disebutkan di atas, HTTPS memiliki pengaruh yang besar dan tidak hanya untuk keamanan website saja, tetapi juga untuk SEO website Anda yang berpengaruh pada rating website anda di hasil halaman mesin pencari.

Jika Anda masih mempunyai pendapat atau pertanyaan tentang SSL, tinggalkan komentar Anda di kolom komentar ya! IDwebhost akan berkelanjutan untuk membagikan berbagai macam konten edukatif yang menarik yang bisa membantu bisnis online anda supaya lebih maju dan berkembang dengan cepat. Maka dari itu silahkan anda subcribe dengan memasukkan email anda ya! Semoga bermanfaat.

Best regard.

Ike Yuliastuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.