Apa Jenis Kulit Bayi Anda, Kenali dan Ketahui Cara Merawatnya.

 

Apa jenis kulit bayi Anda, kenali dan ketahui cara merawatnya.Kulit bayi memiliki struktur yang tipis dan lebih rentan. Jadi tak heran jika banyak bunda yang mengeluh masalah kulit anaknya. Karena memang kulit bayi belum sempurna dan lebih sensitif. 

Sering sekali saya ditanya orang, itu Alfan pipinya kenapa ?

Memang saya mengalami bagaimana cemasnya seorang ibu melihat anaknya kurang nyaman dan gatal ketika kulit anaknya bermasalah. Sampai-sampai Alfan mengalami ruam di pipi kanan kirinya yang parah. Kondisi semakin parah ketika hawa di Surabaya sangat panas. Ruamnya makin merah sampai kulitnya mengelupas.

Mengenali Jenis Kulit Bayi

Talkshow Mustela dicara Mother & baby fair Surabaya 2018
Talkshow Mustela dicara Mother & baby fair Surabaya 2018

Jadi ternyata, menurut Dr. Intan Diana Sari yang menjelaskan tentang jenis kulit bayi pada acara Mother and baby fair Surabaya 2018 di Pakuwon mall menyebutkan ada 3 macam jenis kulit yaitu:

Kulit normal

Cirinya-ciri kulit normal adalah lembut, lembap, dan bersih. Kulit normal ini cenderung bias tahan dengan kondisi apapun dan lebih jangan terkena masalah. Namun kulit bayi yang tergolong jenis kulit normal juga harus dirawat karena jika tidak dirawat dengan benar juga akan menimbulkan masalah.

Kulit kering

Untuk ciri-ciri kulit kering, memiliki ciri kulit kasar, bersisik, dan terkadang terkelupas. Kulit kering ini sangat perlu dirawat dan dilembabkan setiap hari karena jika kondisi kulit kering dibiarkan, maka akan membuat kulit semakin terkelupas.

Kulit Atopik

Jenis kulit Atopik ini yang paling riskan dan paling sensitif, karena jenis kulit ini cenderung memiliki ciri-ciri gatal, sangat kering, dan kadang ada bercak merahnya. Nah si Alfan kebetulan memiliki jenis kulit atopic dan jika tidak dirawat serta dijaga kelembapannya suka muncul bercak merah baik di wajah dan di badannya.

Setelah saya konsultasi dengan dokter ahli kulit ternyata memang jenis kulit bayi itu perawatannya berbeda dengan tipe kulit dewasa. Selain itu beda jenis kulit juga beda cream yang diberikan. Misalnya saja anak saya yang memiliki jenis kulit atopik harus diberikan cream dengan ketentuan yang hypoallergenic.

Talkshow Mother & Baby Fair Surabaya 2018
Talkshow Mother & Baby Fair Surabaya 2018

Cara merawat kulit bayi

Cara merawat kulit bayi memang susah-susah gampang ya, tergantung jenis kulitnya. Namun secara global untuk merawat kulit bayi biasanya adalah dengan memandikan bayi dua kali sehari dengan air yang tidak terlalu panas (37,5 derajat celcius). Setelah itu pilihlah sabun non antseptik PH balanced (4,5-5,5), hipoalergenik, dan gunakan emolien/pelembab.

Produk Mustela untuk melembabkan Kulit
Produk Mustela untuk melembabkan Kulit

Untuk kulit bayi yang sensitif, pilih sabun berpelembab, tidak terlalu lama (10-15 menit) mandi rendam maksimal 5 menit, pembilasan harus sangat bersih. Setelah mandi keringkan tubuh bayi dengan handuk lembut tanpa pewangi dengan menepuk-nepuk dan pastikan selalu memakai emolien/pelembab setelah mandi. Biasanya saya juga menghindari pemakaian minyak telon untuk Alfan karena kulitnya sensitif.

Produk Mustela untuk Ruam Popok
Produk Mustela untuk Ruam Popok

Mustela solusi perawatan kulit bayi Anda

Bapak Mohammad Nurhadi selaku Brand Manager dari Mustela menyebutkan bahwa untuk perawatan kulit bayi ini mustela memiliki produk yang sesuai dengan jenis kulit bayi. Mustela Bebe hadir dengan 3 varian cream yang berbeda untuk merawat kulit-kulit bayi tersebut. Tiga varian tersebut diwakilkan denan warna yg berbeda, biru kulit untuk normal, kuning untuk kulit kering, dan tosca untuk kulit atopik. Mustela Bebe mengandung Avocado Perseose dan dilengkapi dengan spf 50 yang aman untuk kulit bayi.

Varian Produk Mustela
Varian Produk Mustela

Avocado Perseose adalah bahan aktif alami yang terdapat di semua produk Mustela yang terbuat dari kandungan ekstrak alpukat yang dapat melembabkan serta aman bagi bayi. Bahan Avocado Perseose memiliki fungsi antara lain :
1. Melindungi dan menguatkan kulit bayi
2. Menjaga kelembaban kulit bayi
3. Menjaga kekayaan sel kulit bayi

Saya sempat takut jika masalah kulit pada Alfan nantinya bias menjadi lebih parah, ternyata menurut dokter kulit mengungkapkan bahwa sel kulit bayi masih dapat tumbuh dengan cepat untuk memperbaiki jaringan yang rusak hingga umur 2 tahun. Jadi wajar saja bila usia 0-2 tahun menjadi usia yang rentan masalah kulit apalagi ruam serta biang keringat.

Selepas 2 tahun biasanya kulit bayi akan menjadi lebih kuat dan tentunya jika perawatan kulit bayi dilakukan secara benar akan mengurangi masalah kulit di usia 2 tahun ke atas. Jadi bagaimana bunda sekalian, apakah sudah tahu jenis kulit si kecil ?

Jadi buat bunda yang ingin beli produk Mustela, tak usah bingung lagi karena kini Mustela Bebe ini tersedia di Mothercare, Guardian, Viva Generic, Century, Watsons, dan Baby Shop terdekat. buat yang jauh dari lokasi toko-toko tersebut bisa beli online aja, di Orami.com dan JDID.

Buat info lengkapnya tentang Mustela kalian bisa check di :
website : www.mustela.co.id
instagram : @mustelaindonesia
facebook :m mustela indonesia

29 comments

  1. Kulit bayi yang sehat bakalan bikin bayi tenang. Mama perlu banget ya menjaga kesehatan kulit bayi ini agar dalam keseharian bayi bisa senang dan enggak rewel. Coba aja kalau mengalami gangguan kulit, tentunya bayi akan gelisah. Kasihan banget kaaann…

  2. Perasaan jaman Alisha kecil aku bener2 minim info, sampe2 pas kulitnya merah2 sensitif aku ya tabur2 bedak teruss aja
    Tapi sekarang info gini-gini mudah didapat & bener2 aku noted buat next anak kedua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.