Aplikasi BKPM Online untuk Urus Ijin Usaha Lebih Mudah

Aplikasi BKPM Online untuk Urus Ijin Usaha Lebih Mudah

Mau urus ijin usaha tapi gak pake drama dan ribet ? sekarang mah bisa banget tu.. tak perlu datang ke kantor BKPM dan tak perlu antri panjang yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Saat ini sudah tersedia Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi berbasis Elektronik (SPIPISE) dari  BKPM Online yang mantab sebagai solusi untuk kenyamanan investor dalam mengurus ijin usahanya. Jadi kini tak ada alasan lagi ya, untuk tak mengurus ijin usaha.

Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi berbasis Elektronik (SPIPISE) kini telah hadir sebagai salah satu trobosan untuk mempermudah dalam pengurusan ijin usaha. Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal BKPM Lestari Indah menjelaskan bahwa kini dengan adanya sistem tersebut diharapkan masyarakat semakin terbantu untuk pengurusan ijin usaha yang cepat dan mudah.

Trobosan ini dilakukan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebagai kebijakan baru yang berfungsi juga sebagai BKPM Online Tracking System. Pada sistem ini tidak hanyamemuat apa yang menjadi tugas BKPM saja, namun SPIPISE juga merupakan sistem yang terintegrasi dengan badan atau lembaga kementrian lainnya.

Fasilitas yang ada pada SPIPISE ini ada perizinan dan non perizinan. Fasilitas perizinan meliputi penerbitan izin prinsip penanaman modal, izin perluasan penanaman modal, izin perubahan penanaman modal, izin penggabungan usaha, izin usaha tetap, izin kantor perwakilan pemodal asing, dan lainnya. Investor yang memiliki hak akses terhadap SPIPISE bisa mengajukan semua izin ini secara online sehingga menghemat biaya dan tenaga.

Nah, sedangkan untuk fasilitas non perizinana, SPIPISE ini dapat melayani pengurusan fasilitas bea masuk mesin, bea masuk barang dan bahan, angka pengenal importir, rencana penggunaan tenaga kerja asing, insentif daerah, dan yang lainnya.

Baca juga :  Inspure : Security Fingerprint Khusus untuk Motor

Manfaat SPIPISE

Ada beberapa manfaat besar untuk para investor dengan adanya SPIPISE ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Akses mudah dan aman, karena dengan sistem yang sudah menggunakan internet dan penyimpanan data yang aman.
  2. Hemat waktu dan lebih fleksibel. Jika kantor BKPM memiliki jam kerja tertentu, maka dengan adanya sistem ini diharapkan mampu melayani para investor setiap hari 7x 24 jam non stop. Jadi lebih hemat waktu dan bisa diakses kapanpun sesuai dengan kebutuhan.
  3. Server yang aman menjadi tempat terbaik untuk manajement dokumen perusahaan . karena semua dokument yang sudah tersimpan di server BKPM ini dapat diatur dan digunakan kembali oleh para investor.
  4. Transparansi karena dengan sistemn yang jelas dan transparan ini, semua proses dapat diketahui dengan jelas oleh para investor.

Baca juga : 5 Aplikasi untuk Instagram Story Lebih Keren

Tutorial Mengajukan Akses SPIPISE

Untuk dapat masuk ke sistem SPIPISE, calon investor  harus mengajukan akses SPIPISE dahulu. Pendaftaran bisa langsung menuju portal online-spipise.bkpm.go.id kemudian melengkapi semua informasi yang diminta, dan identitas perusahaan serta penanggungjawabnya.

Kemudian setelah data terferivikasi, maka user akan mendapatkan username dan pasword untuk masuk akun SPIPISE yang bersangkutan. Setelah investasi berjalan, investor perlu untuk membuat Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM). Pelaporan ini memang tidak dapat dilakukan melalui SPIPISE, melainkan melalui situs Lkpmonline.bkpm.go.id. Namun, situs LKPM dan SPIPISE sudah terintegrasi sehingga username dan password yang digunakan untuk mengakses SPIPISE secara otomatis dapat dipakai untuk masuk ke situs LKPM.

Itulah sekilas informasi tentang SPIPISE, BKPM Online Tracking System yang sangat mmembantu investor dalam mengurus proses investasi di Indonesia. Sistem ini berlaku untuk investasi asing maupun dalam negeri.

Baca juga :  5 Aplikasi untuk Instagram Story Lebih Keren

Untuk yang belum urus ijin usahanya, yuk segera diurus dengan BKPM Online ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.