Cara Wakaf Paling Mudah

Wakaf, sebagian besar masyarakat pasti sudah tahu apa itu wakaf. Merunut pengertian secara bahasa, kata wakaf /waqf yang berasal dari bahasa arab memiliki arti menahan atau berhenti. Sedangkan menurut hukum islam, wakaf adalah menyerahkan suatu hak atas barang yang tahan lama kepada seseorang (pengelola wakaf) dengan ketentuan akan bermanfaat bagi banyak orang.

Ngomong-ngomong soal wakaf, pasti banyak yang berfikir wakaf itu berupa tanah atau rumah. Ya karena kultur di masyarakat kita sering mewakafkan tanah untuk masjid atau sekolah. Tetapi ternyata wakaf tidak melulu dengan tanah atau rumah. Bisakah kita wakaf dengan uang ?.

Ternyata MUI sudah menetapkan di Fatwa DSN MUI tentang Wakaf Uang, (11/5/2002); wakaf yang dilakukan seseorang, kelompok orang, lembaga atau badan hukum dalam bentuk uang tunai. Nah, bagaimana mengelola uang dengan wakaf ?

Sebelumnya kita harus mengetahui bahwa ternyata wakaf uang itu bisa dilakukan dengan syarat uang tidak berkurang, jadi nilainya tidak semakin kecil. Kemudian dari uang tersebut memiliki manfaat berlipat, misalnya uang untuk membangun sarana tempat ibadah ataupun uang untuk membangun trmpat pendidikan.

Jadi tak perlu nunggu punya tanah luas dahulu kan untuk bisa berwakaf, karena pahala dari wakaf itu mengalir meski si pemberi wakaf telah meninggal. Jadi yuk buruan kita wakaf. Eh tapi jangan salah ya, wakaf ini beda dengan sedekah loh. Kalo sedekah ini tanpa dikelola ya, jadi langsung bermanfaat bagi penerima tetapi jika wakaf, harus ada pengelolanya dan manfaatnya untuk masyarakat bukan pribadi.

Sampai sini paham atau makin bingung ? Pasti banyak yang bertanya, lalu bagaimana memilih badan pengelola wakaf yang benar, lalu adakah solusi bagi yang ingin berwakaf uang tapi besarnya memang tidak memberatkan serta dapat disalurkan tanpa mengurangi manfaat dan hikmah berwakaf.

Dari Fatwa MUI in, mungkin bisa menjawab dan menjadikan solusi berwakaf Anda.

Fatwa MUI tentang Wakaf asuransi

PT Sun Life Financial Indonesia mempersembahkan Asuransi Brilliance Hasanah Maxima sebagai solusi perencanaan keuangan sekaligus membantu mewujudkan niat ibadah wakaf Anda. Asuransi Brilliance Hasanah Maxima merupakan produk asuransi syariah yang menyatukan antara manfaat asuransi dan fasilitas wakaf untuk memaksimalkan potensi kehidupan Anda dan keluarga.

Besar wakaf yang dikeluarkan

Jadi dengan bahasa simplenya, kita dapat ikut asuransi dan sebagian uangnya dapat di wakafkan. Untuk besarnya yang diwakafkan tentu tidak memberatkan dan sesuai dengan kemampuan. Wakaf yang dilakukan adalah secara berkala yaitu rutin.

Berwakaf dengan asuransi Brilliance Hasanah Maxima akan menjadi wakaf pasti, kini dan nanti. Mengapa demikian ? karena dengan asuransi ini wakaf pasti aman dan disalurakan ke badan penerima wakaf yang bonafit, seperti contohnya dompet duafa, yayasan BWI (Badan wakaf Indonesia).

Wakaf, dapat dilakukan sedini mungkin, tanpa menunggu harta terkumpul atau menunggu kaya. Kini Anda dapat berwakaf dengan mudah dan Nanti asuransi ini dapat memberikan manfaat dan membantu berwakaf sebagai investasi akhirat ketika nasabah meninggal dunia.

Bisa dibilang asuransi Brilliance Hasanah Maxima ini adalah asuransi yang mengkover dunia akhirat ya, menjamin dunia dengan manfaat asuransi dan investasinya kemudian menjamin akhirat dengan manfaat wakafnya.

Manfaat lebih dari produk baru sunlife ini adalah sebagai berikut :

manfaat Asuransi Brilliance Hasanah Maxima 

Bapak Norman Nugraha, Chief Sharia Business Sun Life. Juga menjelaskan bahwa “Sun Life percaya bahwa asuransi syariah dengan nilai-nilai keutamaannya menawarkan manfaat yang besar bagi masyarakat luas. Melalui produk ini, kami ingin mengedukasi sekaligus membantu masyarakat agar dapat melaksanakan ibadah wakaf dengan pasti, kini dan nanti.”

Lalu tunggu apa lagi ya, yuk kita segera cover dunia akhirat kita dengan produk asuransi Sun Life ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.