Mau Travelling Ke Banyuwangi, 5 Pantai ini Layak Jadi Destinasi Utama

Banyuwangi adalah kota yang memiliki banyak destinasi wisata. Selain budaya dan tradisinya yang menarik untuk dikunjungi, letak banyuwangi yang strategis dan dikelilingi oleh banyak laut membuat wajah kota ini semakin indah dengan wisata lautnya.

Travelling ke Banyuwangi merupakan salah satu dari tujuan saya, karena saya begitu terpesona dengan keindahan laut banyuwangi. Berikut ini akan saya shared 4 pantai yang ada di Banyuwangi dengan keindahannya masing-masing.

Pantai Pulau Merah

Pantai di sebelah selatan kota banyuwangi ini merupakan salah satu pantai bagus dan ramai dikunjungi wisatawan. Keunikan dari pantai ini adalah pantai yang cenderung berwarna agak merah ketika senja tiba. Hal itu terjadi karena pantulan mega merah dari sinar matahari saat sore hari.

Asal usul nama pantai pulau merah ini adalah karena terdapat sebuah bukit kecil yang memiliki tinggi sekitar 200m dan tersusun dari tanah berwarna merah yang berlokasi di dekat pantai. Harga tiket masuk ke pantai pulau merah cukup murah hanya dengan Rp. 8000 rupiah.

Rute untuk menuju pantai pulau merah ini adalah dengan menempuh sekitar 60km dari pusat kota Banyuwangi, Melewati Srono kemudian Kesilir dan kemudian masuk kawasan pantai pulau merah. Bagi wisata yang belum pernah ke tempat ini, tenang saja karena akses ke pantai pulau merah sudah sangat mudah dan sudah banyak petunjuk jalannya.

Pantai Teluk Hijau / Green Bay

Pantai Teluk Hijau ini lokasinya berada di area Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk menuju ke pantai ini di perlukan kurang lebih 2 jam perjalanan dari pusat kota Banyuwangi dengan jarak sekitar 90 km. Akses menuju pantai Teluk Hijau dapat dijangkau dengan akses darat dan juga naik perahu boot dari pantai Rajagwesi.

Sebelum mengenal serum pemutih badan
Pemandangan di Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau relative aman untuk berenang karena ombaknya tidak terlalu berbahaya. Pantai Teluk Hijau memiliki pasir yang tertutupi oleh batu yang menambah keunikan dari pantai Teluk Hijau. Pengalaman menuju Pantai Teluk Hijau tidak akan terlupakan. Selama perjalanan menuju Pantai Teluk Hijau, kalian akan disuguhi dengan berbagai pemandangan yang indah dan melewati beberapa aliran sungai yang alami. Deburan ombak selalu terdengar dari kejauhan saat melewati hutan kecil. Suaranya membuat kalian ingin segera tiba di Teluk Hijau Banyuwangi.

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung Banyuwangi atau yang sering di sebut pantai G-land, adalah pantai dengan kualitas keindahan taraf internasional. Asal mula nama G-land adalah karena lokasi pantai yang berada pada teluk Grajagan yang diawali huruf “G”. Ada juga bebrapa orang yang mengatakan bahwa nama tersebut didapatkan dari bentuk ombak Pantai ini yang seperti membentuk huruf G. Ada juga yang mengatakan bahwa nama G-Land berasal dari turis mancanegara yang menyebut ombak di Pantai ini “Great” karena ombaknya besar.

Berkunjung ke pantai G-land ini akan membuat kalian ingin menikmati sensasi serunya berselancar. Saat datang ke pantai ini, banyak sekali turis mancanegara sedang berselancar. Dan setiap tahunnya memang sering diadakan kompetisi selancar yang banyak diikuti oleh banyak turis internasional.

Untuk menuju pantai G-land ini memang harus ekstra, karena lokasi pantai G-land ini harus melewati Taman Nasional Alas Purwo, maka untuk masuk ke Pantai ini Anda akan dikenakan biaya tiket masuk dua kali. Tetapi harga tiketnya masih murah yaitu sebesar Rp. 5000,- rupiah.

Pulau Menjangan

Perbatasan dengan selat bali, membuat kota Banyuwangi juga mempunyai banyak pulau kecil yang menawan untuk diintip keindahannya. Diantaranya ada sebuah pulau didekat kawasan kepulauan bali, tetapi hanya bisa diakses dari Banyuwangi namanya adalah Pulau Menjangan.

Snorkling di Pulau Menjangan

Salah satu andalan wisata pulau menjangan adalah snorklingnya, selain itu di pulau menjangan terdapat rumah ibadah agama Hindu yang unik sekali budayanya. Untuk menuju ke Pulau Menjangan perlu naik perahu menyebrang selat bali menuju ke deretan pulai bali barat. Meskipun harus mengeluarkan effort yang besar, tetapi akan sebanding dengan keindahan yang di dapatkan.

Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan juga termasuk salah satu destinasi yang wajib dikunjungi jika sudah berada di Banyuwangi. Pulau Tabuhan ini masuk dalam jajaran pulau yang terletak di selat Bali. Untuk menuju pulau Tabuhan dapat ditempuh dengan akses naik perahu.

Pesona pulau Tabuhan sangat memukau untuk para wisatawan yang menyukai privat beach. Karena pulau tabuhan ini merupakan pulau kecil yang dapat dikelilingi dengan jalan kaki saja, maka jika sedang berada di pulau Tabuhan serasa pulau milik sendiri.

Nikmati Pulau tabuhan, serasa pulau pribadi

Nah, ternyata banyak sekali destinasi wisata di kota Banyuwangi, jika berkunjung ke kota ini sediakan waktu yang cukup agar kunjungan dan wisata Anda tidak sia-sia. Lalu bagaimana kondisi penginapan atau hotel di kota Banyuwangi ?

Selama pengalaman saya travelling ke Banyuwangi, banyak sekali hotel yang bagus namun harganya relative lebih murah. Apalagi setiap kali travelling saya selalu menggunakan aplikasi pegi-pegi untuk booking hotel maupun tiket kereta api. Selain lebih praktis, dengan menggunakan aplikasi pegi-pegi ini Anda berkesempatan mendapatkan poin dan potongan harga yang banyak. Untuk aplikasi pegi-pegi versi terbaru, dapat diinstal di HP dan lebih mudah untuk transaksinya. Sebelum pergi travelling ke suatu kota tujuan wisata, biasanya saya searching dulu promo hotel murah di pegi-pegi dan kemudian booking hotel sesuai tanggal. Dengan pegi-pegi kini urusan travelling jadi begitu mudah dan praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.