Kupas Tuntas Reksa Dana Saham dan Reksa Dana Campuran

Mengatur keuangan, seringkali membuat kita pusing. Selain menyiapkan keuangan untuk saat ini, ternyata secara otomatis kita juga terbebani pikiran tentang keuangan masa mendatang. Hal ini terjadi pada semua orang ya.

Bisa diamati kecenderungan seseorang akan selalu memikirkan keadaan keuangannya di masa mendatang. Suatu contoh misalnya, Manda seorang mahasiswi di salah satu kampus. Selama ini dia kerja sebagai freelancer untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Semangatnya bekerja diusia muda membuat Manda mencari kegiatan lainnya seperti memberikan les privat. Manda begitu rajin bekerja karena dia tau bahwa di masa mendatang kebutuhan financialnya cukup banyak yang harus dicukupi. Yaitu untuk wisuda, untuk menikah, dan yang lainnya.

Nah, buat yang sudah berkeluargapun pasti juga sama, akan selalu terpikirkan biaya sekolah anak, biaya kehidupan di masa mendatang. Kemudian bagaimana menyiapkan biaya-biaya tersebut ? Cukupkah dengan menabung saja ?

Sebenarnya tiap orang perlu menyiapkan dana untuk masa sekarang dan masa depannya. Nah solusi untuk persiapan dana masa kini dan jangka pendek itu dapat dilakukan dengan menabung. Serta solusi untuk keuangan masa mendatang adalah dengan Investasi.

Baca juga : Pilih nabung atau investasi.

Investasi sendiri dimaksudkan sebagai upaca menyiapkan masa depan. Tujuan investasi adalah dana harus tumbuh lebih cepat dari inflasi. Sehingga jika saat digunaan akan mengcover semua kebutuhan. Macam-macam investasi sangat banyak sekali namun, kali ini yang akan dibahas adalah investasi dengan reksa dana.

Reksa dana adalah program investasi yang menggabungkan modal dari banyak investor pada beragam instrument serta dikelola secara profesional oleh manager investasi.  Untuk Reksa dana sendiri terdapat banyak jenisnya antara lain Reksa dana pasar modal, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham.

Kupas tuntas Reksa dana Saham

Dalam postingan ini yang akan dibahas secara mendetai adalah reksa dana saham dan reksa dana campuran. Mungkin banyak yang sudah tidak asing dengan istilah saham. Banyak orang yang telah menanam saham secara pribadi di beberapa perusahaan besar dan ternama. Lalu lebih baik investasi saham sendiri atau ikut reksa dana saham ya?

Pastinya ada kurang dan lebihnya, jika investasi saham sendiri pastinya investor harus memiliki modal lebih besar dan selalu memantau pergerakan sahamnya setiap saat. Namun jika mengikuti reksa dana saham, maka kita tidak harus memantau setiap hari karena sudah ada manager investasi yang mengawasi. Keuntungan yang paling besar jika ikut reksa dana saham adalah bisa berinvestasi meskipun tidak punya modal besar. Karena reksa dana saham memiliki unit yang bisa dibeli dengan seharga hanya 10.000,- rupiah saja.

Acara Kopdar Investarian

Reksa Dana Saham memiliki komposisi sebagian besar adalah saham. Dengan jangka panjang selama lebih dari 7 tahun. Kemudian ciri yang paling khas dari reksa dana saham adalah fluktuatif yang cukup tinggi. Resiko yang lebih tinggi akan memiliki potensi keuntungan yang lebih tinggi. Karena prinsip investasi reksa dana ini adalah high risk high return.

Baca Juga : Mari belajar berinvestasi

Mengenal Reksa dana Campuran

Buat yang ingin berinvestasi tetapi masih takut dengan resikonya, boleh mencoba memulai dengan investasi reksa dana campuran. Tentunya resiko tidak setinggi reksa dana saham. Reksa dana campuran memiliki komposisi yang beragam, dengan resiko yang beragam. Dapat menjadi opsi pilihan investasi jangka waktu menengah yaitu 5-7 tahun. Unit reksa dana campuran dapat dibeli dengan harga 100.000,- rupiah.

Reksa dana campuran komposisinya bisa disesuaikan menurut kebutuhan. Misalnya reksa dana pasar uang sebesar 20%, Reksa dana pendapatan tetap sebesar 40% dan Reksa dana saham sebesar 40%. Nah, porsi komposisinya diubah sesuai tujuan. Jika makin pendek jangka waktunya makin besar porsi reksa dana  pasar uangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.