Membuat desain website keren

Perkembangan Teknologi Digital saat ini semakin membuat banyak perusahaan maupun individu berbondong-bondong melakukan promosi lewat media online khususnya website dan blog. Namun fenomena banyaknya laman di situs internet pun semakin membuat pembaca pandai untuk memilih situs yang ingin dibaca. Bahkan banyak pembaca yang memilih web dari tampilan desain websitenya saja.

Nah, bagaimana cara membuat pembaca betah untuk stay dan selalu kembali untuk berkunjung ke website yang kita kelola ?

Salah satunya dengan cara menarik perhatian pengunjung dengan desain website keren.

Eh sebelum kita bahas mengenai desain web secara detail, saya akan memberikan sedikit insight tentang dasar-dasar website.

Website adalah kumpulan dari halaman – halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di dalam Internet. Semuanya pasti udah pada tahu kan ya, karena sekarang ini banyak informasi yang kita dapat dari website.

Kemudian untuk membangun suatu website ada beberapa hal yang diperlukan yaitu domain, hosting, halaman web, dan informasi yang akan disampaikan. Kali ini yang akan kita bahas adalah tentang desain template website. Dengan tujuan untuk menarik pembaca tentunya.

Pondasi desain Website Keren itu seperti apa ?

Seberapa penting sebuah website harus memperhatikan desainnya. Karena untuk menarik pengunjung masalah desain web/ template web ini menjadi penting. Ibarat orang jualan ya kemasan bungkus itu menentukan ketertarikan pembeli.

Terdapat 5 hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat desain website yaitu :

  1. Perhatikan speed website

Suka sebel gak sih saat buka website terus tidak muncul-mulcul infonya, loadingnya lama banget, udah gitu tidak bisa muncul jika kuota internet lagi tipis. Butuh kuota yang banyak untuk load satu halaman saja. Saya sering jengkel ketika menjumpai website seperti itu. Kalau kalian bagaimana ?

Kecepatan loading website / blog itu ternyata mempengaruhi pengunjung yang datang, dan biasanya website / blog dengan desain serta gambar yang banyak akan memiliki speed yang lambat. Jangan sampai deh pengunjung kabur duluan hanya karena loading web kita.

Maka usahakan membuat desain web/blog yang tidak menjadikan speed web menurun.

  1. Mobile responsive desain

Karena kebutuhan akses web dari mobile phone semakin tinggi. Maka desain yang akan dibuat untuk sebuah web juga harus responsive.

Maksudnya responsive desain ini adalah desain dengan ukuran / layout yang dapat secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran devicenya. Jika web dilihat dari laptop maka ukurannya mengikuti ukuran layar laptop. sedangkan jika dilihat dari handpone maka ukuran web juga menyesuaikan besarnya layar handphone. Males kan jika melihat web yang ukuran dan tulisannya jadi kecil-kecil banget saat dilihat di HP dan harus scroll-scroll zoom untuk membacanya.

Untuk cek suatu website menggunakan responsive desain atau tidak dapat di cek di sini http://responsivedesignchecker.com/ Responsive desain ini selain nyaman dengan mata pengunjung juga disukai oleh google. Website dengan responsive desain akan lebih mudah untuk di optimasi SEOnya.

cek responsive desain pada website
  1. Video Background

Konten visual pada artikel juga memiliki pengaruh besar. Selain gambar ternyata video juga mampu membuat pengunjung makin betah berada pada website kita. Tak ada salahnya jika menambahkan slide bar berisi video background yang sesuai tema.

Selain video background. Trend desain web akhir-akhir ini juga banyak menggunakan animasi yang unik. Tentunya ini harus disesuaikan dengan tema dan pastinya tidak mengurangi speed website/blog.

  1. Chatbots,

Interaksi dengan pengunjung, lagi-lagi itu yang diharapkan penyedia website. Dalam rangka meningkatkan interaksi dengan pengunjungnya, maka saat ini banyak website yang diberikan fitur chatbots. Ini berfungsi sebagai layanan custumer service dan tentunya agar pengunjung betah berada di website tersebut.

Nah, bagaimana caranya membuat kayanan chatbots ini, nantikan tutorial selanjutnya ya.

  1. Desain Layout Elegan

Jaman sekarang masih pakai desain alay dengan bling-bling dan bintang-bintang bertebaran di sana sini. Duuhhh sepertinya hentikan kebiasaan itu. Biarkan bintangnya di atas langit saja. Cukup desain web dengan tema elegan dan keren sehingga pengunjung tidak terganggu saat mengunjungi websitemu.

desain elegan sedang menjadi trend saat ini

Banyak sekali template dan contoh desain website yang elegan, simple tetapi keren. Tetapi jika kalian mau mendesain website / blog kalian sendiri justru lebih bagus. Menjadi suatu kebanggaan tersendiri pastinya jika dapat membuat desain web sendiri.

Setelah mengetahui 5 hal yang wajib diperhatikan dalam membuat desain web atau blog, sekarang yuk kita mulai belajar untuk membuat desain web sendiri.

Kenapa ? oh ada yang bilang desain itu sulit,

Hmmmm masa sih, mungkin kalian belum terbiasa saja.

Bagi kalian yang belum bisa ahli untuk membuat desain web dengan melakukan pemrograman web, tenang saja karena sekarang ini udah banyak banget alternative untuk membut desain web keren dan cepat. Nah salah satunya adalah membuat desai web dengan website builder.

Sudah kenal belum dengan website builder? Belum ya?

Baiklah, kita akan kenalan dan bahas macam-macam website builder dan tutorial membuat website dengan lebih detail, tetapi di next article ya! Stay tuned !

 

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.