Menganal Perusahaan Multi Finance

Ketika membicarakan pembangunan negara, pasti sebagian dari Anda sudah berpikir mengenai perusahaan pembiayaan, bukan? Ya, layanan multi finance memang menjadi sektor penting dalam hal mengadakan jasa maupun modal barang yang dibutuhkan dalam membangun suatu pembangunan infrastruktur. Tentu saja perusahaan seperti ini harus masuk ke dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan), karena harus mengikuti ketentuan dan peraturan resmi negara agar bisa beroperasi di Indonesia.

Selain itu, karena menggunakan ketentuan dan peraturan resmi dari OJK, maka sistem kinerjanya semakin aman dan terjamin. Anda yang ingin menggunakannya tentu tidak perlu khawatir lagi dengan perusahaan multi finance tersebut.

Bagi Anda yang masih awam dengan perusahaan multi finance atau perusahaan pembiayaan tersebut, tentu setidaknya perlu tahu kegiatan apa yang biasanya dilakukan oleh mereka pada kliennya. Berikut beberapa di antaranya.

Leasing

Leasing atau dalam artian lainnya yaitu sewa guna usaha adalah kegiatan dalam memberikan pembiayaan yang disediakan dengan bentuk menyediakan modal barang yang ditawarkan dengan 2 cara, yakni operating lease yang merupakan sewa guna usaha yang tidak membutuhkan hak opsi dan finance lease di mana sewa guna usaha yang ditawarkan menggunakan hak opsi.

Keduanya menjadi pilihan yang berdasarkan dari pembayaran berkala yang dilakukan oleh penyewa gunanya. Barang modal yang diberikan merupakan barang aktiva berwujud, seperti tanah bangunan, tanah kepemilikan, dan sebagainya.

Tanah tersebut biasanya memiliki manfaat minimal 1 tahun dan bisa dipakai secara langsung agar bisa menghasilkan atau meningkatkan produksi maupun distribusi barang. Transaksi yang diberlakukannya menggunakan waktu limit tertentu dan berbeda-beda untuk setiap perusahaannya.

Pembiayaan investasi

Pembiayaan investasi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan multi finance yang memberikan pembiayaan dalam bentuk barang modal atau jasa yang dibutuhkan dalam segala usaha atau investasi, ekspansi, relokasi, dan masih banyak lainnya. Nantinya, kegiatan tersebut akan diberikan kepada debitur untuk dipergunakan.

Investasi yang paling tepat adalah yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang

Beberapa cara yang biasanya dilakukan dalam kegiatan multi finance ini adalah sewa pembiayaan, jual dan menyewanya balik, pembiayaan proyek pembangunan yang banyak dicari, pembiayaan infrastruktur yang biasanya digunakan oleh negara, serta pembiayaan yang lainnya yang perlu diberikan persetujuan terlebih dahulu dari pihak OJK. Kalau tidak menerima persetujuan, maka pembiayaan tersebut tidak akan diberikan.

Pembiayaan konsumen

Pembiayaan konsumen merupakan kegiatan pembiayaan yang disediakan oleh perusahaan multi finance untuk memberikan pengadaan barang yang sesuai dengan kebutuhan konsumen yang pembayarannya dilakukan secara angsuran atau juga disebut berkala oleh kliennya.

Konsumen menggunakan pembiayaan ini karena memang ada beberapa keuntungan yang didapatnya, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Pembiayaan ini tidak membutuhkan banyak persyaratan yang merepotkan, sehingga mudah mengajukannya.

Selain itu, tidak butuh jaminan, apalagi tidak akan mengganggu keuangannya milik debitur itu sendiri. Hal tersebut karena dana yang dibutuhkannya lebih kecil dibandingkan layanan yang lainnya. Angsurannya pun juga bisa ditentukan sendiri oleh konsumen, sehingga bisa menyesuaikannya dengan budget mereka.

Anjak piutang

Sebagai salah satu layanan multi finance, anjak piutang merupakan kegiatan yang diberikan oleh perusahaan pembiayaan yang dilakukan dengan membeli piutang usaha, pengalihan, serta mengurus segala piutang usaha yang ada. Bisa juga dilakukan pada tagihan yang memiliki jangka pendek pada perusahaan yang bersangkutan ketika sedang melakukan transaksi di dalam negeri maupun luar negeri.

Adanya anjak piutang ini memberikan manfaat, seperti memperbaiki sistem penagihan, membantu membangun kepercayaan, serta memberikan kesempatan dalam menciptakan usaha sendiri.

Dari beberapa perusahaan multi finance di Indonesia, multiintisarana.com menjadi salah satu perusahaan pembiayaan yang sudah dipercaya puluhan tahun oleh Indonesia, apalagi masuk di dalam OJK. Sudah pasti mereka aman digunakan dan layanan finansialnya pun terjamin berkualitas. Jadi, Anda yang sedang mencari layanan multi finance, tidak ada salahnya menggunakannya.

One comment

  1. Terima kasih informasinya. Salah satu penelitian yang pernah dilakukan teman saya tentang leasing ini, ternyata ada banyak hal yang kurang dipahami oleh para kreditor sehinga debitor, kadang melalui petugas/kolektor, melakukan perbuatan semena-mena, seperti menyita tanpa memperhitungkan tanggungan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.