Optimalkan website dan blogmu dengan SEO (Search Engine Optimization)

Bagi para pemilik website maupun blog pastinya sudah tidak asing dengan istilah SEO (Search Engine Optimization). Nah sebenarnya apa sih SEO itu, apa saja yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan website dan blog kita? Disini akan dibahas secara detail tentang SEO dan segala macam kawan-kawannya.

Berdasarkan pengalaman yang saya lakukan selama ini ada 7 hal yang dapat dilakukan untuk optimalkan website dan blog dengan SEO. Sebenarnya SEO itu tidak susah, tetapi yang perlu digaris bawahi SEO juga merupakan ilmu atau teknik yang tidak pasti. Maksudnya hasil dari SEO nanti tergantung keberuntungan.

Karena bisa jadi hal-hal yang saya lakukan ini berhasil, tetapi belum tentu berhasil diterapkan di artikel lain. Tetapi 7 hal ini adalah bagian wajib yang harus dilakukan supaya menghasilkan SEO yang baik untuk sebuah artikel.

Membuat Meta Description semenarik mungkin

Meta description adalah bagian penting dari suatu website dan blog. Meta description berisi tentang penjelasan singkat mengenai isi dari suatu artikel. Meta description adalah yang biasanya dilihat oleh pembaca saat search di search engine. Misalnya dalam tampilan berikut ini.

Sebarkan Keyword pada artikel secara wajar

Banyak ahli SEO yang menyarankan untuk memakai keyword dalam setiap artikel. Hal ini berfungsi agar mempermudah seseorang dalam mencari informasi dengan hanya memanggil kata kuncinya. Namun yang perlu diingat bahwa dalam meletakkan keyword tidak dapat sembarangan. Karena jika keyword terlalu banyak justru menjadi masalah. Mesin pencari akan menganggap artikel kita sebagai spam karena keyword terlalu banyak atau sering disebut keyword stuffing.

Pemilihan keyword dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi keyword planneratau aplikasi keyword everywhere yang gratis dan mudah dipasang pada browser Anda

Berikan keyword pada Heading, Subheading, dan ALT Image

Selain dalam meta description, Anda bisa menyisipkan keyword pada Heading dan Subheading. Ini akan lebih efektif karena dalam struktur website atau blog, Heading dan Subheading akan terbaca terlebih dahulu saat mesin pencari melakukan crawl data. Secara kasat mata pembaca juga akan lebih mudah mengetahui pokok atau inti dari sebuah artikel jika di dalam heading / subheadingnya disisipi kata kunci. Untuk ALT Image juga sebaiknya diberikan keterangan yang sesuai dengan gambar dan dapat disisipi keyword yang masih relevan dengan gambar. Hal ini supaya memperjelas dan memudahkan search engine mengambil data terkait kata kunci tertentu.

Menggunakan Templated yang support SEO dan Mobile responsive

Tampilan website dan blog, pasti tak luput dari perhatian pembaca. Saran untuk kalian yang mempunyai website dan blog, pilihlah template yang memiliki design simple dan bersih. Mayoritas pembaca saat ini lebih suka dengan design yang sederhana dan enak dilihat. Hindari pernak-pernik yang berlebihan yang dapat mengganggu pandangan mata.

Selalu membuat tulisan everlasting

Untuk penulisan artikel website dan blog akan lebih baik jika menulis artikel everlasting atau artikel yang bersifat sepanjang masa. Misalnya artikel tutorial, review dan beberapa tips. Pembaca lebih menyukai artikel yang bermanfaat dari pada artikel yang sifatnya hanya sementara.
Mengapa aspek ini harus dipertimbangkan, karena secara garis besar SEO yang dioptimalkan adalah trafik pengunjung, jadi bagaimana upaya membuat pembaca betah dan bahkan kembali lagi untuk membaca artikel kita itu yang paling penting.

Internal dan Eksternal Link

Dalam pengoptimalan SEO, juga perlu adanya link building. Maksudnya adalah adanya beberapa link untuk memperkuat website dan blog kita. Jenis link yang ada di dalam website atau blog ada 2 yaitu internal dan eksternal link.

Internal link adalah link atau tautan dari dalam website atau blog kita. Digunakan untuk mempermudah pembaca melihat artikel yang relevan. Kemudian EEksternal link adalah tautan dari luar yang kita pasang untuk menunjang trafik blog dan website kita. Misalnya saja, jika kita menulis pengertian dari suatu istilah, kemudian kita tautkan pada link dari Wikipedia. Selain kredibilitas website atau blog kita semakin baik

Shared ke sosmed

Segala macam teknik SEO yang sudah kalian terapkan akan tidak berguna jika step terakhir ini tidak dilakukan. Ibarat orang jualan, sudah packing bagus dan berkualitas tetapi tidak di promosikan ya pasti yang membeli juga sedikit.

Shared artikel di social media merupakan salah satu cara ampuh mendapatkan trafik pengujung yang banyak. Semakin banyak sharing lewat sosmed maka akan memepengaruhi kedudukan dan posisi artikel di page search engine.

7 point diatas yang sering saya lakukan untuk mengoptimalkan website dengan SEO. Tetapi
ada hal yang tidak kalah pentingnya yaitu kualitas hosting dari suatu website dan blog. Untuk
kalian yang menginginkan Hosting Indonesia murah dan mempunyai kualitas
yang bagus, silakan berkenalan dengan qwords.

Salah satu penyedia Cloud Hosting yang mempunyai banyak keunggulan dan potongan harga, pasti layak untuk dimasukan kedalam daftar pilihan perusahaaan hosting yang layak kalian pilih. Dari pengalaman saya berlangganan di Qwords saya tidak pernah mengalami kendala dan hosting selalu sehat dan server tidak pernah down.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.