Pentingnya Website untuk Usaha Online

Pernah dengar tentang digital marketing? Untuk para penggiat usaha, sepertinya saat ini sangat penting mengetahui bagaimana digital marketing itu. Sebagaimana kita semua mengetahui bahwa dunia internet dan digital memang lagi buming banget sekarang. Sudah banyak sekali E-commers dimana-mana. Jadi untuk yang punya usaha online, sebaiknya kalian memanfaatkan digital marketing baik lewat website ataupun social media.

Salah satu tools media promosi di digital marketing adalah website, kali ini kita akan kupas tuntas mengenai website dan bagaimana caranya promosi dengan website.

Website sebagai tempat promosi

 Website adalah halaman di internet yang berisikan informasi. Kini website tidak hanya sebagai tempat update berita, tetapi makin kesini makin banyak layanan iklan yang berada di website. Ini menunjukkan bahwa website bisa dijadikan sebagai peluang tempat promosi.

Nah, untuk promosi di website sendiri akan tergantung dari trafik web. Maksudnya trafik adalah lalu lintas pembaca halaman itu sendiri. Untuk melihat bagaimana demografi pembaca serta banyaknya trafik suatu website bisa dicek dengan google analityc. Sehingga target dari promosi lebih bisa terarah dan efisien.

Keuntungan promosi dengan website

Memasang iklan atau promosi melalui website/blog pastinya mempunyai keuntungan tersendiri. Sebagai salah satu tools digital marketing, ternyata prospek iklan dan promosi di website juga lumayan bagus dan menjanjikan.

Berikut ini beberapa keuntungan promosi pada website :

  1. Biaya murah

Salah satu keuntungan paling terasa saat melakukan promosi dengan website adalah masalah biaya. Secara kasat mata saja semua orang sudah mengetahui bahwa promosi dengan website akan jauh lebih murah bila dibandingkan menggunakan media promosi lain.

Contohnya jika promosi menggunakan media poster atau brosure. Pasti ada biaya cetak poster serta ada tenaga untuk memasang poster. Tetapi jika promosi dengan website, pasti biaya yang diperlukan hanya biaya perawatan dan hosting dari web itu sendiri.

Nilai plusnya juga bahwa artikel yang ada di website juga dapat langsung di shared melalui social media dan tentunya tidak dipungut biaya apapun. Bisa dibayangkan ya, berapa kira-kira perbedaan biaya promosi fisik dengan promosi di internet melalui website.

  • Konten lebih fkeksible

Saat melakukan promosi dengan menggunakan website pastinya ada informasi atau gambar yang ditampilkan yang sering disebut content (materi promosi). Nah untuk digital marketing ini bentuk kontennya bebas sesuai dengan kebutuhan. Selain itu konten bersifat lebih fleksible.

Beberapa unsur yang harus ada pada konten media promosi dengan website adalah kreativitas, keindahan dan hal-hal yang menarik pembaca. Isinya sangat bebas dan tentunya tidak dibatasi apapun.

  • Promosi lebih terarah dan jangkauannya luas

Sebagaimana kita tahu bahwa culture masyarakat saat ini sudah berubah, mayoritas sudah akrab dengan internet dan website. Selain itu ada juga potensi iklan di social media. Jadi promosi menggunakan website bisa lebih efisien dan sampai ke pembaca dengan baik. Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan promosi menggunakan brosure misalnya.

Kemungkinan brosure itu dibaca oleh pembaca akan sangat sedikit sekali. Jika kalian jalan-jalan di mall misalnya kemudian diberikan brosure, pasti mayoritas respon pembaca adalah membuangnya. Ini berbeda jika brosure itu berbentuk digital dan diupload pada website. Kemungkinan orang akan membaca akan lebih besar.

Salah satu keuntungan lain saat melakukan promosi dengan website adalah jangkauan promosi bisa luas dan jauh. Misalnya untuk menjangkau Negara luar, bisa dilakukan promosi dengan menggunakan artikel dengan bahasa asing. Kemudian jika menggunakan website pastinya promosi lebih terarah.

Apa saja yang harus ditampilkan pada website usaha Anda

Saat melakukan promosi di website tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Diantaranya bagaimana membuat promosi menjadi menarik di website. Hal itu dapat dilakukan dengan cara mem buat konten semenarik mungkin.

Adapun yang harus ditampilkan pada website saat promosi adalah sebagai berikut :

  1. Detail Barang / jasa

Jika ingin mempromosikan barang/jasa melalui website, maka detail barang harus menjadi point penting yang ditampilkan pada informasi tersebut. Meskipun promosi yang dilakukan di website bisa dengan dua cara yitu soft selling dan hard selling, namun para pembaca akan lebih tertarik dengan gaya story telling dan review untuk promosi.

  • Harga

Setelah detail produk/barang jelas pasti pembaca akan mencari informasi mengenai harga. Pembaca juga akan lebih tertarik jika ada informasi diskon dengan jelas. Untuk penjualan online bisa ditambahkan juga panduan bagaimana cara transaksinya.

  • Tempat usaha

Informasi detail tentang tempat usaha sangat penting. Apabila usaha ysng dilskuksn merupakan online shop, maka akan lebih baik diinformasikan laman web / link usahanya supaya pembaca akan mudah mengaksesnya.

Nah, dari informasi di atas, apakah kalian semua sudah yakin untuk melakukan promosi dengan menggunakan website ? jika iya, jangan tunda lagi, langsung saja beli hosting website yang berkualitas. Pengalaman saya saat memilih hosting Indonesia saya selalu memperharikan dimana server berada, kecepatan serta kaasitasnya karena akan sangat membantu saya meraih trafik terbaik untuk website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.