Suroboyo Bus, Transportasi Keren Kota Surabaya

Suroboyo Bus, Transportasi Keren Kota Surabaya Rek ayo rek, mlaku-mlaku nang Tunjungan Rek ayo rek Numpak Suroboyo bus bebarengan. Cak ayo cak ora usah ragu-ragu Numpak Suroboyo Bus dijamin seneng lan ngguyu Ilustrasi di atas sangat pas untuk menggambarkan pengalaman saya naik Suroboyo Bus. Armada yang canggih dan keren ini benar-benar membuat saya senang saat naik dan saya selalu tersenyum bahagia menikmati kenyamanan Suroboyo Bus. Apa lagi ketika ada suara peringingatan bus yang akan berhenti. Logat suroboyoan bikin saya ngguya-ngguyu.

Pengalaman naik Suroboyo Bus

Menindak lanjuti adanya hasil survey kemacetan dari Castrol Magnatec, bahwa Surabaya menduduki peringkat ke 4 kota termacet didunia, Bu Risma bersama Dinas perhubungan Surabaya memberikan solusi efektif dengan dihadirkannya Suroboyo Bus. Selain untuk menekan kemacetan, kehadiran Bus Suroboyo ini diharapkan mampu menekan pertumbuhan kendaraan yang sangat tinggi setiap tahunnya yaitu penambahan motor baru mencapai 15 persen dan penambahan mobil sebanyak 6 persen, versi data badan pusat statistika. baca juga : Pengalaman Naik Angkot di Kota Surabaya Sebagaimana diketahui, bahwa, semakin banyak motor atau mobil, akan semakin macet, dan polusi udara semakin tinggi. Lebih baik dibiasakan menggunkan Suroboyo Bus dan angkutan umum lainnya yang aman dan nyaman. Pemerintah Kota Surabaya dengan Dinas Perhubungan Kota Surabaya  secara resmi, 7 April 2018 memulai pengoperasian Suroboyo Bus. Keunggulan bus ini diklaim lebih nyaman dibandingkan bus umum biasa karena memiliki kaca yang lebih lebar. Sehingga penumpang bisa menikmati pemandangan kota Surabaya dan pastinya nyaman karena tidak ada bau asap rokok. Ini yang paling saya suka karena bebas bau asap rokok, jadi aman untuk anak. Transportasi massal ini rupanya sangat mendukung ramah lingkungan. Jika ingin naik Suroboyo Bus ini hanya bisa membayar dengan sampah plastik botol. Tak perlu membayar dengan uang sepeser pun. Bagi penumpang yang akan naik harus membawa 5 botol ukuran tanggung, 3 botol besar, 10 gelas air mineral.
sampah botol yang siap di setor di bank sampah. ini milik salah satu penumbang di bus loh.
Sampah plastik dapat dibawa langsung saat akan naik bus, atau dapat ditukarkan di bank sampah, drop box halte Rajawali, dan drop box terminal Purabaya yang telah bekerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau. Lalu, tukarkan sampah dengan kartu setor sampah untuk ditukar dengan tiket. Baru deh penumpang bisa berkeliling Surabaya selama 2 jam keliling secara gratis.enak yo, numpak bus gak bayar, Cuma pake sampah aja loh.
Wajib di catet ya rek, jadwal penukaran sampah di bank sampah adalah setiap senin sampai minggu pukul 007.00-16.00WIB
Nantinya, sampah-sampah plastik yang telah terkumpul akan diolah dengan baik dan benar dan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Kini Bank dampah yang telah bekerja sama adalah Bank Sampah Induk Surabaya, Bintang Mangrove, dan Pitoe. Ini merupakan bentuk komitmen dan langkah tepat dalam menanggulangi sampah plastik di Surabaya.

Fasilitas Suroboyo Bus

Sebagai masyarakat Surabaya saya merasa senang karena perhatian pemerintah dengan diluncurkannya Suroboyo bus ini, karena memang armada bus ini bagus dan sangat menjunjung kenyamanan penumpang. Pas naik kedalam bus saya plonga-plongo lihat design yang bagus dan bersih. Busnya uapikk, gak kalah sama yang diluar negeri iku loh rek. Setelah saya amati, ternyata Lampu lalu lintas secara otomatis akan berubah menjadi hijau jika bus ini melintas. Hal ini karena bus sudah terintegrasi dengan sistem pengatur lalu lintas yang Pusat kontrolnya berada di Terminal Bratang dan Joyoboyo.jadi enak loh naik bus, gak bakal macet dijalan karena bus menjadi prioritas lalu lintas.
Fasilitas Suroboyo Bus
Fasilitas Suroboyo Bus
fasilitas lengkap, ada TV, AC dan CCTV. ini pegangannya juga kuat loh jumlahnya ada 26 pegangan untuk penumpang berdiri
Kecanggihan Bus Suroboyo terlihat jelas karena dilengkapi dengan 12 kamera CCTV pada bagian dalam dan 3 kamera CCTV yang disematkan pada bagian luar. Keberadaan kamera-kamera ini untuk memberikan rasa aman bagi penumpang. Di dalam bus juga ada  APAR, TV, dan martil pemecah kaya untuk savety. Pintu bus juga dilengkapi sensor sehingga jika ada penumpang yang menghalangi, otomatis  pintu tidak akan tertutup dan bus tidak akan berjalan.  Pintunya bisa buka tutup sendiri. Buat yang mau naik Suroboyo Bus, jangan lupa instal aplikasi GoBis untuk mengetahui rute jadwal bus lewat di halte, sampai posisi bus berada. Selain itu dapat pula dilihat jalur bus yang beroperasi. Jadi biar naik bus gak salah jurusan rek.
Halte Suroboyo Bus di depan Ubaya
Halte Suroboyo Bus di depan Ubaya
Naik dari halte depan Ubara
Ketika naik Suroboyo bus ini saya naik dari depan Ubara di JL. Ahmad yani, kemudian saya ikut muter dengan bus sampai satu putaran. Ternyata untuk menempuh jalur rute terminal purabaya ke halte rajawali dan kembali lagi ke purabaya itu sekitar 2 jam. Mulai sekarang muteri kota Surabaya tambah enak dan cepet loh rek.
Untuk saat ini rute Suroboyo Bus adalah rute barat-timur dati Unesa ke ITS dan rute selatan ke utara dari Purabaya ke halte Rajawali.
Ada informasi yang perlu dibaca oleh semua penumpang bus termasuk bapak sopir, yang intinya ada 5 perkara ini:
Fasilitas Suroboyo Bus sudah tertera dikaca dan ini adalah aturan di dalam Suroboyo Bus
Fasilitas Suroboyo Bus sudah tertera dikaca dan ini adalah aturan di dalam Suroboyo Bus
sudah tertera dikaca dan ini adalah aturan di dalam Suroboyo Bus
1. Kecepatan bus maksimal 50km/jam
Supaya bapak sopir gak ugal-ugalan nyopirnya. Dan supaya selalu ingat kalau bapak supir diamanahi nyawa penumpang yang harus diantarkan dengan aman dan selamat sampai tempat tujuan 2. Utamakan bangku bagi penumpang prioritas Nah, ini jika posisi sedang ramai penumpang, prioritas harus dilakukan ya rek, ojo sampek tega membiarkan lansia dan ibu hamil berdiri. Tempat duduk khusus sudah disediakan jadi yang muda yang masih semangat dan kuat harap berdiri ya.
Fasilitas Suroboyo Bus : salah satu bentuk perhatian untuk keamanan dan keselamatan wanita
Fasilitas Suroboyo Bus : salah satu bentuk perhatian untuk keamanan dan keselamatan wanita
salah satu bentuk perhatian untuk keamanan dan keselamatan wanita
3. Dilarang merokok Jelas sekali peraturan ini, karena bus full AC ya jangan sampai ada asap rokok didalamnya.  Buat bapak-bapak dan mas-mas perokok, ditahan dulu ya kalau pas naik bus hargai dulu penumpang lainnya supaya tercipta kondisi udara yang bersih di dalam bus. 4. Dilarang makan dan minum Ternyata di dalam bus dilarang makan dan minum. Simplenya ya untuk menjaga kebersihan bus. Saya setuju banget dengan aturan ini, ya nahan dulu beberapa menit untuk tidak makan dan minum demi kenyamanan bersama. 5. Dilarang memegang lawan jenis atau pelecehan seksual. Buat para wanita jangan khawatir. Karena kita dilindungi banget saat naik bus ini. Di dalam bus dilarang melakukan pelecehan seksual terhadap wanita misalnya pegang anggota tubuh penumpang wanita atau pegang-pegang lainnya. Saya sempat heran ketika bus bisa goyang-goyang, ternyata bus ini emang keren. Karena bus dapat mereng sampai setinggi trotoar. Ini adalah fasilitas untuk penyandang cacat yang duduk di kursi roda, jadi bisa mudah untuk naik bus.
Kursi Pink Suroboyo Bus untuk penumpang wanita dan ibu hamil
Kursi Pink Suroboyo Bus untuk penumpang wanita dan ibu hamil
Kursi Pink untuk penumpang wanita dan ibu hamil
kursi orange Suroboyo Bus untuk penumpang umum
kursi orange Suroboyo Bus untuk penumpang umum
kursi orange untuk penumpang umum
kursi Suroboyo Bus warna merah untuk lansia
kursi Suroboyo Bus warna merah untuk lansia
kursi warna merah untuk lansia
Suroboyo Bus dapat menampung 67 orang ini terdapat sisi uniknya yaitu pada warna kursi penumpang. hal ini dimaksudkan untuk memudahkan khusus perempuan, ibu hamil, lansia, maupun umum. Kursi merah adalah untuk Lansia berjumlah 4kursi, kursi warna pink adalah untuk perempuan dan ibu hamil sebanyak 12 kursi serta warna orange adalah untuk penumpang umum sebanyak 25 kursi. Bus dengan lebar 2,4 meter dan panjang 12 meter juga dilengkapi tombol darurat jika terjadi kebakaran atau kecelakaan. Selain itu terdapat tombol untuk pemberhentian. Kalo penumpang ingin berhenti di halte yang diinginkan tinggal pencet tombol saja.
https://www.instagram.com/p/BnFdgf-lMR1/?taken-by=suroboyobus
terlihat antusias masyarakat Surabaya sangat besar. untuk segala informasi tentang Suroboyo Bus bisa di update lewat Instagramnya yo rek.
Ternyata antusias masyarakan Surabaya begitu besar loh saat adanya bus ini, buktinya saat saya naik Suroboyo bus, banyak yang sudah menggunakan kartu setor sampah. Selain Suroboyo bus dengan warna merah dan ada logo ikan suro dan boyo ini, ternyata ada armada baru yaitu bus tumpuk. Bus tumpuk ini rutenya dari terminal purabaya menuju ke halte Pirngadi. Ketentuan untuk naik bus tumpuk juga sama dengan bus yang warna merah. Suroboyo Bus menjadi alat transportasi masa kini yang aman dan canggih tentunya. Untuk itu sebagai masyarakat Surabaya ayo kita naik bus saja dari pada menambah volume kendaraan dan kemacetan. Selain itu juga tambah aman loh rek, sudah ada bus apik, ayo dinaiki dan dirawat karena fasilitas ini ya untuk masyarakat warga Surabaya.

22 comments

  1. Andaikaaaan dulu pas masih tinggal di Surabaya sudah ada bus ini, sudah pasti saya orang yang paling rajin naik bus ketimbang naik len atau becak hahahaha. Aaaah lagu ituuuu jadi kangen almarhum Bapak …

  2. Model dalam busnya mirip Trans Jakarta yah mbak.. Dan ternyata Suroboyo bus ini mekanisme bayarnya dengan botol plastik, sehingga sekalian pula mengajak masyarakat untuk go green

  3. membawa 5 botol ukuran tanggung, 3 botol besar, 10 gelas air mineral…==> Mbak ini salah satunya aja kan ya? Atau semua?

    Lampu lalu lintas secara otomatis akan berubah menjadi hijau jika bus ini melintas. ==> ini tapi enggak berbahaya bagi arah yang sisi lainnya yang harusnya hijau kan ya? Karena kalau TransJakarta saat lampu merah tetap berhenti

  4. Busnya hampir mirip bus trans Semarang. Tapi lebih oke Suroboyo Bus sih kalo menurutku. Naik bus bayar pakai sampah. Ih, keren ini. Harus dicontoh. Btw, salam kenal ya, Mbak.

  5. Transportasi umum jika diperbaiki fasilitasnya, pasti akan membuat kita sebagai oengguna nya juga mau sering-sering menggunakan nya ya mba. Krn buat kita nyaman. Itu akan membantu juga mengurangi kemacetan

  6. Transportasi umum jika diperbaiki fasilitasnya, pasti akan membuat kita sebagai pengguna nya juga mau sering-sering menggunakan nya ya mba. Krn buat kita nyaman. Itu akan membantu juga mengurangi kemacetan

  7. Pas awal baca kirain ini mirip dengan transjakarta eh ternyata bayarnya pakai sampah botol plastik, menarik banget. Keren inovasinya, selain mengurangi kemacetan juga mengurangi jumlah sampah plastik.

  8. Waah Ubara deket kantor suamiku. Bisa nih kapan-kapan dicoba naik Suroboyo bus sama anak-anak. Kalau kursi roda bisa masuk, stroller bisa masuk juga gak ya? Kayak di luar negeri gitu kan, naik bus tanpa harus ngelipet stroller 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.