Syarat Mendapatkan Modal Koperasi Simpan Pinjam

Saat ini mendapatkan pinjaman modal untuk usaha yang Anda jalankan tidaklah sulit. Banyak koperasi simpan pinjam yang bisa dijadikan tempat untuk mengajukan pinjaman dan syarat yang diberikan juga tidak rumit seperti di bank. Dibawah ini ada beberapa syarat dan prosedur yang harus Anda lalui untuk mendapatkan dana cair dari koperasi.

Cara dan Syarat Mendapatkan Modal dari Koperasi Simpan Pinjam

Menjadi Anggota Koperasi

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika mengajukan pinjaman ke koperasi. Pertama, Anda harus terdaftar menjadi anggota koperasi tersebut. Cara mendaftarkan diri Anda ke koperasi adalah dengan menghubungi costumer service atau datang langsung ke kantor koperasi dan mengisi formulir pendaftaran. Syarat menjadi anggota sangat mudah, Anda merupakan warga negara Indonesia, mendaftarkan diri sebagai perorangan, dan sanggup membayar simpanan pokok serta simpanan wajib sesuai peraturan koperasi. Selanjutnya tinggal menyetujui ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga koperasi. Menjadi anggota koperasi simpan pinjam memudahkan Anda untuk mendapatkan berbagai keuntungannya.

Lakukan Simulasi Pinjaman

Poin kedua ini lebih cocok digunakan oleh Anda yang masih pemula. Sebaiknya Anda mengenali bagaimana cara kerja koperasi sebelum mengajukan pinjaman. Hal ini dikarenakan setiap jenis pinjaman memiliki perhitungan yang berbeda-beda terutama untuk suku bunganya. Misalnya hitungan bunga flat yang nominal perbulannya sama. Atau bunga menurun yang semakin kecil jumlah pinjaman dana maka semakin kecil pula bunga yang dibebankan. Mengetahui cara kerja koperasi akan memudahkan Anda untuk melakukan angsuran pembayaran kedepannya.

Mengajukan Pinjaman

Langkah selanjutnya adalah mengajukan dana pinjaman. Koperasi simpan pinjam lebih mudah memberikan pinjaman jika Anda gunakan untuk mengembangkan sebuah usaha. Meskipun begitu jumlah dana yang diberikan berbeda-beda. Bagi yang pertama kali melakukan pinjaman biasanya dana yang diberikan dalam jumlah kecil. Sedangkan untuk yang sudah berkali-kali mengajukan pinjaman dan memiliki riwayat pembayaran angsuran yang baik maka dana yang diberikan juga besar.

Ajukan pinjaman sesuai dengan kemampuan bayar supaya tak banyak hutang menunpuk

“berapapun banyaknya uang pasti akan habis”

Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi formulir peminjaman yang berisi data diri, alasan dan besar pinjaman, serta persetujuan mengenai ketentuan-ketentuan yang berlaku. Selain itu, ada beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu antara lain foto copy KTP dari pasangan suami istri bagi yang sudah menikah, foto copy KK, slip gaji, rekening listrik, dan Agunan. Isilah seluruh data tersebut dengan benar karena pihak koperasi akan melakukan pengecekan apakah Anda benar-benar layak diberi pinjaman.

Pencairan Dana

Setelah pihak koperasi simpan pinjam menyatakan Anda layak menerima pinjaman, prosedur selanjutnya adalah pencairan dana. Biasanya koperasi hanya memberikan 90% dari jumlah total dana yang Anda ajukan. Setelah Anda mampu melunasi seluruh pinjaman koperasi akan membayarkan sisa 10% dana tersebut

Angsuran

Ketika dana yang diinginkan sudah cair, jangan lupa untuk membayar angsuran dan bunganya setiap bulan. Masing-masing koperasi memiliki besar bunga yang berbeda-beda jadi pastikan Anda sudah mengetahuinya. Sangat disarankan untuk tidak menunggak pembayaran angsuran karena dapat menyebabkan kesulitan pada Anda sendiri saat akan melakukan peminjaman kembali.

Itu tadi adalah syarat yang diperlukan untuk mendapatkan pinjaman modal di koperasi simpan pinjam. Prosedurnya sangat mudah dan banyak memberikan keuntungan bagi anggotanya. Namun perlu diingat pilihlah koperasi yang memiliki track record baik seperti Koperasi PRACICO. Ingin tahu mengenai Koperasi PRACICO? kunjungi situs pracico.com untuk informasi lebih lanjut.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.