Tips Atasi Iritasi Mata dengan mudah dan cepat

Rutinitas pekerjaan sehari-hari yang selalu di depan laptop membuat saya harus ekstra dalam menjaga kesehatan mata. Tak menutup kemungkinan bahwa terkadang aktivitas keseharian saya membuat mata menjadi lelah dan kering. Sebagai seorang guru IT dan seorang blogger pastinya laptop menjadi salah satu barang wajib yang paling dekat dengan saya.

Dalam satu hari Saya bias menghabiskan banyak waktu bersama laptop dan Handphone untuk melakukan semua tugas-tugas saya. Sedangkan saya harus selalu stand by saat client minta tulisan bahkan revisi artikel yang telah saya buat.

Disamping itu, kewajiban seorang guru di jaman millennia ini adalah selalu membuat media pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan tekhnologi yang ada. Ya jadinya makin banyak waktu saya melihat laptop.

Nah, penyakit mata lelah pasti menghampiri saya karena harus fokus pada laptop dalam waktu yang lama. Sering merasa mata perih dan panas ketika sudah terlalu lama melihat laptop. Untuk itu saya ada sedikit tips menjaga kesehatan mata untuk kalian yang sering bekerja dengan laptop atau Handphone.

Usahakan istirahan 5-10 menit ketika mata sudah mulai lelah

Jika kalian sudah merasa lelah, sempatkan istirahat dengan cara memejamkan mata 5-10 menit. Mengistirahatkan mata sangat penting karena mata yang lelah akan memicu adanya iritasi ataupun gangguan pada mata lainnya.

Lihat zona hijau

Saya biasanya melakukan refreshing pada mata dengan cara melihat zona hijau. Misalnya melihat pemandangan sekitar, melihat rerumputan atau pepohonan. Bahkan jika tidak ada pohon sekalipun, Anda dapat memasang pot bunga kecil di area meja kerja supaya dapat digunakan untuk refreshing mata.

Gunakan Insto dry eyes

Mata lelah dan mata kering merupakan salah satu faktor penyebab iritasi mata. Untuk menjaga kondisi mata dan kelembapannya maka biasanya saya menggunakan Insto Dry Eyes. Mengapa menggunakan Insto ? Karena dengan satu tetes Insto dry eyes dapat membantu melembabkan mata.

Saya selalu membawa Insto dry eyes ini kemanapun, karena untuk antisipasi saat terjadi masalah mata misalnya mata kering atau perih terkena debu. Kemasan yang kecil sangat praktis untuk dibawa kemana saja.

Mengatur kecerahan layar laptop

Menggunakan laptop atau computer dengan pencahayaan yang tepat akan lebih menjaga mata Anda. Atur kecerahan layar Anda sesuai dengan kenyamanan mata. Akan lebih baik jika menggunakan computer atau laptop dengan layar yang tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap pula.

Atur jarak pandang Anda

Posisi jarak mata dengan gadget juga mempengaruhi kesehatan mata. Atur jarak pandang Anda supaya fokus mata selalu terjaga. Gunakan laptop dengan posisi dan jarak pandang yang benar. Dengan posisi duduk yang sempurna akan membuat mata tidak cepat lelah.

Hindari menggunakan gadget dengan posisi tidur dan telentang. Memang terkadang kita lalai dan asyik menggunakan HP sebelum tidur sambil rebahan, tetapi sebenarnya efek radiasi cahayanya tidak baik untuk kesehatan mata kita.

Diantara kelima tips menjaga kesehatan mata di atas, yang paling penting untuk diperhatikan adalah jangan memaksa mata bekerja lebih keras. Mungkin sesekali tidak terasa, tetapi apabila dilakukan secara terus menerus akan berakibat fatal pada kesehatan mata Anda.

Apalagi memaksa mata untuk begadang dan terus menerus melihat laptop atau gadget. Mata Anda juga butuh istirahat untuk bekerja lebih baik esok. Ayo jaga mata kita supaya tetap dapat optimal melihat keindahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.