Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis Anda 

Saat bertemu dengan orang baru atau kenalan baru, pertanyaan apakah yang terbesit dalam benak Anda ?

Yup benar sekali, Siapa Namamu ?

Begitu pentingnya sebuah nama, karena nama adalah yang diingat pertama oleh orang disekitar kita.

Kemudian, bagaimana cara seseorang mengingat Anda di internet ? Pastinya dengan nama juga. Hanya saja nama di internet sering disebut dengan Nama Domain.

Apakah Nama Domain itu ?

Nama Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

Contoh Nama Domain itu misalnya bukalapak.com, Kemudian nama domain juga terkadang dibuat untuk url sebuah situs. Selain itu nama domain juga sering dibuat untuk branding dari suatu usaha/bisnis.

Nama domain adalah Branding

Membangun branding untuk bisnis adalah suatu keharusan, karena jika orang sudah mengenal branding dari bisnis kita, maka secara otomatis seseorang akan terus mengingat bisnis kita. Suatu contoh misalnya jika kita ingin membeli sabun cuci atau deterjen, pasti orang akan lebih mengenal RINSO dari pada merek lainnya. Kemudian jika ingin membeli pasta gigi, apapun mereknya pasti orang akan lebih familiar dengan PEPSODENT dari pada merk lain.

Sama seperti hal diatas, nama domain yang kamu pilih, seharusnya mencerminkan branding dari bisnis Anda. Bayangkan seseorang akan mengenal bisnis Anda di internet dengan nama domain saja. Akan sangat disayangkan jika bisnis yang dimiliki sudah sangat bagus tetapi tidak mempunyai makna ataupun branding yang membekas diingatan konsumen saat berselancar di internet.

Berikut ini ada beberapa strategi dan tips dalam memilih nama domain untuk bisnis Anda.

Tentukan tema / ide nama domain Anda

Sebelum memilih nama domain yang sesuai dengan bisnis Anda, lebih baik tentukan dulu tema dari bisnis yang akan dibangun. Biasanya setelah menentukan tema, maka akan banyak sekali ide daftar nama domain yang muncul untuk dieksekusi. Sangat disarankan untuk memilih nama domain sesuai tema.

Misalnya, tema bisnis Anda adalah tentang travelling, akan lebih mengena jika nama domainnya jalanyuk.com daripada ayojalan-jalan.com

Mudah dihafal dan ditulis

Dalam menentukan pilihan nama domain, tentunya aspek kemudahan untuk dihafal dan diingat menjadi poin penting. Karena jika nama domain mudah diingat dan mudah ditulis, makan konsumen juga akan selalu ingat.

Nama domain harus mudah ditulis, ini bertujuan agar konsumen dapat menulis dengan cepat nama domain Anda di internet. Hindari penggunaan symbol dan angka yang membuat domain lebih susah ditulis.

Cek di Name Checker

Saat sudah memilih ide nama domain yang akan digunakan. Alangkah lebih baiknya jika Anda mengecek nama domain terlebih dahulu pada Name chacker untuk menghindari duplikasi ataupun plagiat. Ini dilakukan untuk sama-sama menjaga agar nama domain yang akan dipakai tidak digunakan oleh pihak lain.

Dulu saya pernah “kecolongan” ketika sudah memilih domain untuk situs celotehbunda, ternyata sudah dipakai salah satu nama di akun Instagram. Rasanya sedih karena nantinya jika akan branding di internet pasti terduplikat dengan akun lain.

Untuk mengantisipasi duplikat nama domain, sebaiknya cek terlebih dahulu disitus berikut :

Name Chacker (https://www.namecheckr.com/)

Ini adalah hasil penulusuran dari nama domain Jalanyuk.com di situs Name checker

Make it simple

Hindari membuat nama domain yang terlalu panjang dan berbelit-belit. Buatlah nama domain sesederhana mungkin dan jangan sampai menggunakan kata-kata alay atau tidak baku misalnya poenyaku.com. Selain susah ditulis dan diingat, kata tidak baku dan terlalu sulit dibaca membuat brand tidak long lasting / tidak bertahan lama alias tidak mengena ke konsumen.

Mengandung keyword lebih baik

Kata kunci atau keyword merupakan faktor penting untuk SEO. Apabila melakukan bisnis di dunia internet, para konsumen yang berselancar di mesin pencari pasti akan melihat website dengan kualitas SEO yang baik dan melihat web di halaman awal. Sangat baik jika dalam nama domain terdapat keyword yang akan ditargetkan brandingnya.

Jangan menggunakan domain gratisan

Tentunya perusahaan atau bisnis Anda ingin dipandang professional oleh konsumen, agar lebih menyakinkan sangat disarankan dan diwajibkan untuk menggunakan nama domain berbayar. Jangan sekali-kali menggunakan domain gratisan tetapi berharap menjadi professional.

Banyak orang akan menilai rendah pada bisnis kita, jika nama domain saja tidak mampu menggunakan domain berbayar. Jangan khawatir menentukan dimana harus beli domain, QWORDS hadir menjawab masalah Anda. Di QWORDS sendiri saat ini sedang berlaku banyak promo domain .COM dengan harga yang terjangkau.

Domain Privacy dengan Perlindungan WHOIS?

WHOIS merupakan informasi pemilik domain. Diantaranya informasi lengkap mengenai nama pemilik/alamat/nomor kontak dan lainnya.  Lalu apa pentingnya ada perlindungan/privasi domain ?

Domain Privacy ini berfungsi untuk melindungi informasi yang Anda anggap penting dan tidak ingin diketahui oleh khalayak umum. Perlindungan ini dapat diaktifkan di tempat Anda beli domain.

Nah, itulah tadi beberapa tips untuk memilih nama domain bisnis Anda. Tetapi sebaik-baiknya nama domain yang dipilih, akan lebih baik jika segera ditentukan dan segera direalisasikan menjadi situs yang professional dengan domain berbayar.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.